Sabtu, 09 Agustus 2014

EINSTEIN & RELATIVITAS



Denmas Priyadi Blog Selasa, 10 Agustus 2014

JUDUL BUKU                          :  “EINSTEIN & RELATIVITAS”
JUDUL ASLI                            :  THE BIG IDEA
PENULIS                                 :  Paul Strathern
ALIH BAHASA                        :  Fransisca Petrajani, S. Psi.
EDITOR                                   :  -       Rahmat Rikard, S. Fils.
-          Eko Widijanto, S. Si.
DESAINER SAMPUL              :  Farid Sabilach R.
PENERBIT                               :  ERLANGGA JAKARTA 2003



Suatu uraian yang cemerlang tentang teori relativitas dan tinjauan yang sangat menarik mengenai tokoh yang mengubah abad dua puluh.                                                                
E=mc2
Sebuah rumus baru telah menggemparkan dunia dan sekaligus mengubah kosmos dengan ditemukannya teorirelativitas. Berkat rumus ini, Einstein telah mengubah pandangan manusia tentang dunia, dan semestapun berubah selamanya.

Banyak orang mengenal Einstein sebagai seorang jenius, namun berapa banyak orang yang memahami teorinya dan implikasi praktisnya? Buku  Einstein & Relativitas ini menyajikan riwayat hidup ringkas dan karya Einstein dan memberikan penjelasan yang mudah dipahami tentang teori relativitas.

Beberapa gagasan yang terangkum dalam buku ini adalah:
• Cahaya adalah partikel sekaligus gelombang;
• Bagaimana Einstein membuktikan keberadaan molekul;
• Mengapa tidak ada waktu nyata;
• Bagaimana kecerdasan Einstein mengantarkannya pad mimpi buruk, yaitu bom atom.

Buku yang ditulis secara jenaka, menarik, dan mudah dipahami ini diperuntukkan untuk khalayak (pelajar sekolah menengah, mahasiswa, dan masyarakat umum) yang ingin mengenal Einstein secara lebih dekat.
Einstein memang seorang jenius, namun dalam banyak hal lain, sama dengan kita; seorang pria normal yang memiliki “naluri” untuk mencintai perempuan, sekaligus mengalami kesedihan, harapan, kekecewaan. Lebih dari itu, buku ini membantu siapa saja yang ingin memahami sebuah penemuan abad dua puluh yang sangat menentukan dunia modern. Ringkas namun padat.

Seri “Ide Besar” adalah rangkaian buku ilmiah populer yang mengasyikkan. Buku ini juga ditujukan untuk para ilmuwan dan non ilmuwan. Ilmu pengetaguan menjadi hal yang mengasyikkan untuk dibahas ketika penemuan besar terjadi. Momen yang merekam kemajuan ilmu pengetahuan dibahas secara men dalam rangkaian buku ini. Di samping itu, kehidupan para ilmuwan sebagai tokoh utama juga menjadi sorotan, intrik-intrik di balik kehidupan para ilmuwan tentu bisa dipisahkan dari sejarah ilmu pengetahuan itu sendiri.  Pembahasan yang mendalam mengenai kehidupan pribadi para tokohpenemu merupakan kekuatan buku ini dan membuat seri ini berbeda dari seri pengetahuan lainnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar