Selasa, 08 Juli 2014

RPP Seni Musik Kurikulum 2013 Kls. XI Semester 1 TP 2014-2015

Denmas Priyadi Blog - Selasa, 08 Juli 2014 - 16:56 Wib
 
Salah satu kelompok mencoba memainkan hasil lagu yang telah diaransir

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                      :    SMA Negeri 42 Jakarta
Mata Pelajaran         :    Seni Budaya (Musik)
Kelas/Semester          :    XI MIA/IIS/Satu(Ganjil)         
Materi Pokok            :    Membuat Aransemen Sederhana
Alokasi Waktu          :    4 X 2 Jp

I.                    KOMPETENSI INTI (KI)

1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.  Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


II.                  KOMPETENSI DASAR

1.1.         Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap karya seni  musik sebagai bentuk rasa syukur terhadap Anugerah Tuhan.
2.1.         Menunjukkan sikap kerja sama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian.
2.2.         Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiasi seni dan pembuatnya.
2.3.       Menunjukkan sikap responsi dan pro aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama, serta menghargai karya seni dan pembuatnya.
3.1.         Menganalisis konsep, teknik dan prosedur dalam proses berkarya musik.
4.1.         Mengubah musik secara sederhana dengan partiturnya.

III.                INDIKATOR

·         Memahami konsep musik
·         Menjelaskan pengertian aransemen
·         Menjelaskan teknik membuat aransemen musik
·         Mengidentifikasi prosedur dalam membuat aransemen musik
·         Membuat aransemen musik vokal sederhana beserta partiturnya
·         Menampilkan musik vokal hasil aransemen sendiri

IV.               TUJUAN PEMBELAJARAN

1.       Melalui proses mencari informasi, menanya, dan berdiskusi siswa dapat:
           Memahami tentang konsep musik
          Memahami teknik membuat aransemen musik
           Memahami prosedur dalam proses membuat aransemen musik

2.       Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan siswa :
    Mampu membuat aransemen musik dan lagu karya sendiri
          Menampilkan gubahan lagu  sendiri yang telah diaransir

V.         MATERI PEMBELAJARAN


 F a k t a
            Mengapresiasi konsep dan teknik berkarya musik
      Berkarya musik membuat aransemen musik secara sederhana

        K o n s e p
  •    Gagasan kreativitas membuat aransemen musik
       -  Tema atau judul
       -  Nada, irama, melodi, harmoni
       -  Simbol-simbol musik
       -  Partitur/notasi musik
       -  Aransemen musik

       P r i n s i p
 • Dalam menentukan lagu yang akan digubah dibuat aransemennya mengacu pada kemampuan siswa.
 •   pemakaian instrumen musik disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa dan sarana yang ada di sekolah.

P r o s e d u r a l
         Siswa membentuk kelompok musik (setiap kelompok terdiri dari 8 orang, boleh kelompok          sejenis laki-laki saja atau perempuan saja. Bisa juga kelompok campuran yang terdiri dari        laki-laki maupun  perempuan)
         Mendemonstrasikan gubahan lagu berdasarkan teknik vokal dan tekstur harmoni
         Siswa membuat laporan tertulis tentang tampilan musik yang telah digelar.  
                 
VI.       METODE PEMBELAJARAN

·         Diskusi kelompok
·         Presentasi
·         Penugasan
·         Demonstrasi
·         PAKEM
·         Pendekatan Saintifik

VII.          BAHAN/ALAT/MEDIA PEMBELAJARAN   

·         Buku “Seni Budaya SMA”, Kemendikbud RI 2014
·         Buku  “Belajar Notasi Balok”, M. Suharto
·         Instrumen musik, gitar, piano, tape recorder, video, internet, HP, komputer, dan lain-lain

VII.              LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

KEGIATAN AWAL  ( 15 menit )
 Pertemuan  1, 2, 3, 4

A.  Pendahuluan

      a.   Apersepsi
      1) Mengucap salam, berdoa, absensi kehadiran siswa.
2) Menginformasikan kepada siswa visi dan misi sekolah, “Unggul dalam prestasi IPTEK dan        IMTAQ yang berwawasan lingkungan serta menjunjung tinggi nilai-nilai budaya bangsa.”
3) Menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” sebagai bentuk rasa syukur ke hadirat Tuhan atas rahmat kemerdekaan bangsa Indonesi
4) Menanyakan kepada siswa tentang pokok bahasan yang akan diberikan, apakah mereka sudah mendengar dan mengenal dan mengetahui sebelumnya.
5) Menyampaikan pokok bahasan dan materi pembelajaran sebagaimana yang tertera pada         KD dan Indikator  RPP yang dibuat.

           b.      Orientasi
    - Menunjukkan contoh-contoh berupa video dari internet, koleksi rekaman pembelajaran seni   musik.
     - Memberikan motivasi tentang fungsi dan manfaat berkarya musik.

          c.       Motivasi
- Memberikan contoh gubahan aransemen musik  instrumental dan  musik vokal.
            - Menginformasikan tentang manfaat mempelajari musik terutama berkarya musik.

          d.      Pemberian Acuan       
-  Garis besar materi tentang berkarya musik
            - Pembentukan kelompok diskusi

          e.       Menyampaikan tujuan pembelajaran
-Melalui proses mencari informasi, menanya, dan berdiskusi siswa dapat:
            -Memahami tentang konsep musik
            -Memahami teknik berkarya seni musik
            -Memahami prosedur dalam proses berkarya seni musik
            -Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan siswa :
            -Mampu membuat aransemen musik/lagu karya sendiri
            -Mendemonstrasikan lagu ciptaan sendiri yang telah diaransir 
   
B.   KEGIATAN INTI  ( 60 MENIT )

a.      Mengamati
      Siswa menyimak pendapat dari beberapa sumber tentang pengertian
        “Berkarya musik”
      Siswa menyimak tentang konsep, teknik, fungsi musik dan prosedur
         berkarya seni musik
      Guru menilai keterampilan siswa dalam berkarya dan bermain musik
      Siswa mengamati contoh-contoh yang disampaikan guru terkait
materi yang disampaikan.

b.      Menanya
              Siswa mendikusikan dengan teman kelompoknya mengenai contoh karya
aransemen dan lagu hasil ciptaannya.
              Siswa mendiskusikan dengan teman kelompoknya mengenai konsep,
teknik, fungsi musik
              Guru bertanya dan memin tanggapan siswa tentang video/rekaman
lagu yang ditampilkan
              Guru bertanya tentang pendapat dari berbagai sumber tentang
pengertian “Aransemen dan berkarya seni musik”
              Guru bertanya tentang fungsi aransemen dan berkarya seni musik

c.       Mencoba
              Siswa membaca notasi aransemen lagu yang dibuatnya
              Siswa menyimak syair atau lirik lagu yang diciptakannya

Mengasosiasi
              Siswa dibagi dalam kelompok 5 kelompok, masing-masing terdiri atas
8 orang
              Siswa dalam kelompok diminta mendiskusikan pendapat para ahli
pengertian aransemen dalam berkarya seni musik
              Setiap kelompok masing-masing menampilkan karyanya di depan kelas
              Setiap kelompok diminta mendiskusikan tampilannya dan membuat
laporannya secara tertulis

d.      Mengomunikasikan
              Guru menilai sikap siswa dalam kerja kelompok dan membimbing
/menilai keterampilan berkarya, menganalisis berdasar kaidah
     teori secara referensional.
              Menyimpulkan data, serta menilai kemampuan siswa memahami
pengertian aransemen, konsep, teknik dan fungsi berkarya seni musik.
              Menstimulus siswa untuk bersama menyimpulkan konsep, teknik
membuat aransemen dan lagu, fungsi dan manfaat mempelajari musik.
              Memberikan tugas untuk berlatih dengan rajin dan semangat karena
 dengan memiliki keterampilan yang memadai dalam bermusik
bisa kedatangan keuntungan secara Financial
              Melaksanakan postes sesuai indikator yang telah ditentukan

C.   PENUTUP ( 15 MENIT )
             a.      Konfirmasi
-  Menstimulus siswa untuk bersama menyimpulkan konsep, teknik membuat aransemen   dan lagu, fungsi dan manfaat mempelajari musik.
       -  Memberikan tugas untuk berlatih dengan rajin dan semangat karena dengan memiliki                 keterampilan yang memadai dalam bermusik yang bisa kedatangan keuntungan secara financial.
            -  Melaksanakan postes sesuai indikator yang telah ditentukan.

             b.      Evaluasi / Penilaian
-          Mekanisme dan prosedur
       Penilaian dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan
       melalui observasi kerja kelompok, kinerja presentasi, dan laporan tertulis.
       Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes tertulis.
-          Aspek dan Instrumen penilaian.
       Instrumen observasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus
       utama pada aktivitas dalam kelompok, tanggungjawab, dan kerjasama.
       Instrumen kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan dengan
      fokus utama pada aktivitas peran serta, kualitas visual presentasi, dan isi presentasi.
-          Instrumen laporan praktik menggunakan rubrik penilaian dengan fokus
-          Format intrumen penilaian terlampir.



                                                                     Jakarta, 14 Juli 2014 
 Mengetahui 
Kepala SMAN 42 Jakarta                               Guru Mata Pelajaran 






Drs. H. LUTHFI, MM                                  Drs. Slamet Priyadi                                  
Nip. 195904141990091001                                         NIP. 195712091987031006

Catatan Kepala Sekolah
............................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................


LAMPIRAN
1.    Lembar Observasi dan kinerja presentasi




LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI
DAN KINERJA PRESENTASI

Mata Pelajaran                 :  Seni Budaya (Musik)
Kelas/Program                  :  XI MIA/IIS
Kompetensi                       :  Kd 3.1 Dan 4.1

No
Nama Siswa
Observasi
Kinerja Presentasi
Jml
Skor
Nilai
Akt
tgjwb
Kerjsm
Prnsrt
Visual
Isi
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1.        

4
4
3
4
3
3
21

2.        









3.        









4.        









5.        












Keterangan pengisian skor
4.  Sangat tinggi
3.  Tinggi
2.  Cukup tinggi
1.  Kurang


2.    Tanda ceklist pada kolom Benar atau Salah

No
Pernyataan
Benar
Salah
1.        
Musik adalah karya imaginasi yang menggunakan media nada


2.        
Musik yang hanya menggunakan media suara adalah acapela


3.        
Aransemen berarti membuat karya baru berdasarkan imajinasinya


4.        
Aransemen yang baik adalah aransemen yang dapat dimainkan oleh orang yang akan memainkannya



3.    Tes Uraian

Jawablah petanyaan berikut ini!
a.       Jelaskan pengertian musik
b.      Jelaskan pengertian aransemen musik populer dan berikan contohnya!!
c.        Bagaimana cara membuat aransemen yang baik?




Alat:
a.    Alat musik (gitar, kibor, dll)
b.    Tape recorder
c.     CD/VCD
d.    Teknik aransemen vokal
e.    Iringan gitar/kibor



5.    Tes Praktik

No
Nama Siswa
Skor Nilai ( 1 – 4 )
Nilai


Penguasaan Materi
Ketepatan Bunyi
Ketepatan Irama
Ekspresi

















Sumber/Referensi
Buku Pegangan Kurikulum 2013
Buku teknik aransemen

 

1 komentar:

  1. terima kasih rpp nya
    oia untuk seni tari seni teater seni tari dimana rppnya??
    http://masterwinkom.blogspot.com

    BalasHapus