Denmas Priyadi Blog - Selasa, 08 Juli 2014 - 16:56 Wib
............................................................................................................................................................
5. Tes Praktik
Salah satu kelompok mencoba memainkan hasil lagu yang telah diaransir |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA
Negeri 42 Jakarta
Mata
Pelajaran : Seni Budaya (Musik)
Kelas/Semester : XI MIA/IIS/Satu(Ganjil)
Materi Pokok : Membuat Aransemen Sederhana
Alokasi
Waktu : 4 X 2 Jp
I.
KOMPETENSI
INTI (KI)
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
4. Mengolah,
menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
|
II.
KOMPETENSI
DASAR
|
1.1. Menunjukkan
sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap karya seni musik sebagai bentuk rasa syukur terhadap
Anugerah Tuhan.
2.1. Menunjukkan
sikap kerja sama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas
berkesenian.
2.2. Menunjukkan
sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiasi seni dan pembuatnya.
2.3. Menunjukkan
sikap responsi dan pro aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama, serta
menghargai karya seni dan pembuatnya.
3.1. Menganalisis
konsep, teknik dan prosedur dalam proses berkarya musik.
4.1. Mengubah musik secara sederhana dengan partiturnya.
|
III.
INDIKATOR
|
·
Memahami konsep musik
·
Menjelaskan pengertian aransemen
·
Menjelaskan teknik membuat aransemen musik
·
Mengidentifikasi prosedur dalam membuat
aransemen musik
·
Membuat aransemen musik vokal sederhana
beserta partiturnya
·
Menampilkan musik vokal hasil aransemen
sendiri
|
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
|
1.
Melalui proses mencari informasi, menanya, dan
berdiskusi siswa dapat:
• Memahami tentang konsep musik
• Memahami teknik membuat aransemen musik
• Memahami prosedur dalam proses membuat
aransemen musik
2.
Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan
mengomunikasikan siswa :
•
Mampu membuat aransemen musik
dan lagu karya sendiri
•
Menampilkan gubahan lagu sendiri yang telah diaransir
|
V.
MATERI
PEMBELAJARAN
|
F a k t a
•
Mengapresiasi konsep dan teknik berkarya musik
•
Berkarya musik membuat aransemen musik secara sederhana
K o n s e p
• Gagasan kreativitas membuat aransemen
musik
-
Tema atau judul
-
Nada, irama, melodi, harmoni
-
Simbol-simbol musik
-
Partitur/notasi musik
-
Aransemen musik
P r
i n s i p
• Dalam menentukan lagu yang akan
digubah dibuat aransemennya mengacu pada kemampuan siswa.
•
pemakaian instrumen musik
disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa dan sarana yang ada di sekolah.
P r o s e d u r a l
• Siswa membentuk kelompok musik (setiap
kelompok terdiri dari 8 orang, boleh kelompok sejenis laki-laki saja atau perempuan
saja. Bisa juga kelompok campuran yang terdiri dari laki-laki maupun perempuan)
• Mendemonstrasikan gubahan lagu berdasarkan
teknik vokal dan tekstur harmoni
• Siswa membuat laporan
tertulis tentang tampilan musik yang telah digelar.
|
VI. METODE PEMBELAJARAN
|
·
Diskusi kelompok
·
Presentasi
·
Penugasan
·
Demonstrasi
·
PAKEM
·
Pendekatan Saintifik
|
VII. BAHAN/ALAT/MEDIA
PEMBELAJARAN
|
·
Buku “Seni Budaya SMA”, Kemendikbud RI 2014
·
Buku
“Belajar Notasi Balok”, M. Suharto
·
Instrumen musik, gitar, piano, tape recorder,
video, internet, HP, komputer, dan lain-lain
|
VII.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
AWAL ( 15 menit )
|
Pertemuan 1, 2, 3, 4
A. Pendahuluan
a.
Apersepsi
1)
Mengucap salam, berdoa, absensi kehadiran siswa.
2)
Menginformasikan kepada siswa visi dan misi sekolah, “Unggul dalam prestasi
IPTEK dan IMTAQ yang berwawasan lingkungan serta
menjunjung tinggi nilai-nilai budaya bangsa.”
3)
Menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” sebagai bentuk rasa syukur ke
hadirat Tuhan atas rahmat kemerdekaan bangsa Indonesi
4) Menanyakan kepada siswa tentang pokok
bahasan yang akan diberikan, apakah mereka sudah mendengar dan mengenal dan
mengetahui sebelumnya.
5)
Menyampaikan pokok bahasan dan materi pembelajaran sebagaimana yang tertera
pada KD dan Indikator RPP yang dibuat.
b.
Orientasi
- Menunjukkan
contoh-contoh berupa video dari internet, koleksi rekaman pembelajaran seni
musik.
- Memberikan
motivasi tentang fungsi dan manfaat berkarya musik.
c.
Motivasi
-
Memberikan contoh gubahan aransemen musik
instrumental dan musik vokal.
- Menginformasikan tentang manfaat
mempelajari musik terutama berkarya musik.
d. Pemberian Acuan
-
Garis besar materi tentang berkarya
musik
- Pembentukan kelompok diskusi
e.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
-Melalui
proses mencari informasi, menanya, dan berdiskusi siswa dapat:
-Memahami
tentang konsep musik
-Memahami
teknik berkarya seni musik
-Memahami prosedur
dalam proses berkarya seni musik
-Melalui proses mencoba, mengasosiasi,
dan mengomunikasikan siswa :
-Mampu membuat aransemen musik/lagu karya sendiri
-Mendemonstrasikan lagu ciptaan
sendiri yang telah diaransir
|
B. KEGIATAN INTI ( 60 MENIT )
|
a.
Mengamati
• Siswa menyimak pendapat dari beberapa
sumber tentang pengertian
“Berkarya musik”
• Siswa menyimak tentang konsep, teknik,
fungsi musik dan prosedur
berkarya seni musik
• Guru menilai keterampilan siswa dalam
berkarya dan bermain musik
• Siswa mengamati contoh-contoh yang
disampaikan guru terkait
materi yang disampaikan.
b.
Menanya
• Siswa
mendikusikan dengan teman kelompoknya mengenai contoh karya
aransemen dan lagu hasil
ciptaannya.
• Siswa
mendiskusikan dengan teman kelompoknya mengenai konsep,
teknik, fungsi musik
• Guru
bertanya dan memin tanggapan siswa tentang video/rekaman
lagu yang ditampilkan
• Guru
bertanya tentang pendapat dari berbagai sumber tentang
pengertian “Aransemen dan
berkarya seni musik”
• Guru
bertanya tentang fungsi aransemen dan berkarya seni musik
c.
Mencoba
• Siswa
membaca notasi aransemen lagu yang dibuatnya
• Siswa
menyimak syair atau lirik lagu yang diciptakannya
Mengasosiasi
• Siswa
dibagi dalam kelompok 5 kelompok, masing-masing terdiri atas
8 orang
• Siswa
dalam kelompok diminta mendiskusikan pendapat para ahli
pengertian aransemen dalam
berkarya seni musik
• Setiap
kelompok masing-masing menampilkan karyanya di depan kelas
• Setiap
kelompok diminta mendiskusikan tampilannya dan membuat
laporannya secara tertulis
d.
Mengomunikasikan
• Guru
menilai sikap siswa dalam kerja kelompok dan membimbing
/menilai keterampilan berkarya,
menganalisis berdasar kaidah
teori secara referensional.
• Menyimpulkan
data, serta menilai kemampuan siswa memahami
pengertian aransemen, konsep,
teknik dan fungsi berkarya seni musik.
• Menstimulus
siswa untuk bersama menyimpulkan konsep, teknik
membuat aransemen dan lagu,
fungsi dan manfaat mempelajari musik.
• Memberikan
tugas untuk berlatih dengan rajin dan semangat karena
dengan memiliki keterampilan yang memadai
dalam bermusik
bisa kedatangan keuntungan secara
Financial
• Melaksanakan
postes sesuai indikator yang telah ditentukan
|
C. PENUTUP ( 15 MENIT )
|
a.
Konfirmasi
- Menstimulus
siswa untuk bersama menyimpulkan konsep, teknik membuat aransemen dan lagu, fungsi dan manfaat mempelajari
musik.
- Memberikan tugas untuk berlatih dengan rajin
dan semangat karena dengan memiliki keterampilan yang memadai dalam bermusik
yang bisa kedatangan keuntungan secara financial.
- Melaksanakan postes sesuai
indikator yang telah ditentukan.
b.
Evaluasi
/ Penilaian
-
Mekanisme dan prosedur
Penilaian dilakukan dari proses dan
hasil. Penilaian proses dilakukan
melalui observasi kerja kelompok,
kinerja presentasi, dan laporan tertulis.
Sedangkan penilaian hasil dilakukan
melalui tes tertulis.
-
Aspek dan Instrumen penilaian.
Instrumen observasi menggunakan lembar
pengamatan dengan fokus
utama pada aktivitas dalam kelompok,
tanggungjawab, dan kerjasama.
Instrumen kinerja presentasi
menggunakan lembar pengamatan dengan
fokus utama pada aktivitas peran serta,
kualitas visual presentasi, dan isi presentasi.
-
Instrumen laporan praktik menggunakan rubrik
penilaian dengan fokus
-
Format intrumen penilaian terlampir.
|
Jakarta, 14 Juli 2014
Mengetahui
Kepala SMAN 42 Jakarta Guru Mata Pelajaran
Mengetahui
Kepala SMAN 42 Jakarta Guru Mata Pelajaran
Drs. H. LUTHFI, MM Drs. Slamet Priyadi
Nip. 195904141990091001 NIP. 195712091987031006
Catatan Kepala Sekolah
...........................................................................................................................................................
LAMPIRAN
1.
Lembar Observasi dan kinerja presentasi
LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI
DAN KINERJA PRESENTASI
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Musik)
Kelas/Program : XI MIA/IIS
Kompetensi : Kd 3.1 Dan 4.1
No
|
Nama Siswa
|
Observasi
|
Kinerja Presentasi
|
Jml
Skor
|
Nilai
|
||||
Akt
|
tgjwb
|
Kerjsm
|
Prnsrt
|
Visual
|
Isi
|
||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
||||
1.
|
4
|
4
|
3
|
4
|
3
|
3
|
21
|
||
2.
|
|||||||||
3.
|
|||||||||
4.
|
|||||||||
5.
|
Keterangan pengisian skor
4.
Sangat tinggi
3.
Tinggi
2.
Cukup tinggi
1.
Kurang
2.
Tanda ceklist
pada kolom Benar atau Salah
No
|
Pernyataan
|
Benar
|
Salah
|
1.
|
Musik adalah karya imaginasi yang menggunakan media nada
|
||
2.
|
Musik yang hanya menggunakan media
suara adalah acapela
|
||
3.
|
Aransemen berarti membuat karya baru
berdasarkan imajinasinya
|
||
4.
|
Aransemen yang baik adalah aransemen
yang dapat dimainkan oleh orang yang akan memainkannya
|
3.
Tes Uraian
Jawablah
petanyaan berikut ini!
a. Jelaskan pengertian
musik
b. Jelaskan
pengertian aransemen musik populer dan berikan contohnya!!
c.
Bagaimana cara
membuat aransemen yang baik?
Alat:
a.
Alat musik
(gitar, kibor, dll)
b.
Tape recorder
c.
CD/VCD
d.
Teknik aransemen
vokal
e.
Iringan
gitar/kibor
5. Tes Praktik
No
|
Nama Siswa
|
Skor Nilai ( 1 – 4 )
|
Nilai
|
|||
Penguasaan Materi
|
Ketepatan Bunyi
|
Ketepatan Irama
|
Ekspresi
|
|||
Sumber/Referensi
Buku Pegangan Kurikulum 2013
Buku teknik aransemen
terima kasih rpp nya
BalasHapusoia untuk seni tari seni teater seni tari dimana rppnya??
http://masterwinkom.blogspot.com