RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA Negeri 42 Jakarta
Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA (Musik)
Kelas/Semester : XI MIA/IIS/Satu(Ganjil)
Materi
Pokok : Kritik Musik
Alokasi Waktu : 5 Jam pelajaran (225 menit)
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B.
K o
m p e t e n s i D a s a r
1.1. Menunjukkan
sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap karya seni musik sebagai bentuk rasa syukur terhadap
Anugerah Tuhan.
2.1. Menunjukkan
sikap kerja sama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas
berkesenian.
2.2. Menunjukkan
sikap santun, jujur, cinta damai dalam
mengapresiasi seni dan pembuatnya.
2.3. Menunjukkan
sikap responsi dan pro aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama, serta menghargai
karya seni dan pembuatnya.
3.4. Menganalisis hasil pergelaran musik berdasarkan konsep, teknik. prosedur, dan tokoh pada kritik musik sesuai konteks budaya
4.4 Membuat tulisan tentang
karya-karya musik dan penciptanya
C.
I n
d i k a t o r
Pertemuan 8 (KD 3.4. Aspek kognitif) :
• Menjelaskan pengertian kritik musik
•
Menjelaskan fungsi kritik musik
• Menjelaskan tujuan kritik musik
• menjelaskan pentingnya kritik musik
Pertemuan 9 dan 10 (KD 4.4. Aspek psikomotorik/keterampilan) :
• Membuat kliping artikel kritik musik tulisan
tokoh-tokoh musik dari majalah, surat kabar, dll.
•
Menulis kritik musik dari sajian musik saat pembelajaran musik
di kelas
D.
T u
j u a n P e m b e l a j a r a n
Melalui proses mencari
informasi, menanya, dan berdiskusi siswa dapat:
• Menjelaskan tentang pengertian kritik musik
• Menjelaskan fungsi kritik musik
• Mengidentifikasi tujuan dan manfaat
kritik musik
Melalui proses mencoba,
mengasosiasi, dan mengomunikasikan siswa mampu
• Mencoba menganalisis dan mengkritisi
gelar musik kelas
• Menilai dan membuat tulisan kritik musik
E.
M a
t e r i P e m b e l a j a r a n
Fakta
•
Kritik pergelaran musik kelas
Konsep
• Mengkritisi pergelaran musik
kelas
a.
Pengertian
musik
Musik adalah ungkapan gagasan, ide atau ungkapan perasaan jiwa
manusia yang estetis dan bermakna yang diwujudkan melalui media “nada”
(suara) baik musik vocal maupun musik instrumental yang ditata dengan
prinsip-prinsip tertentu. Matius Ali ( 2006 : 5 ). Musik adalah pernyataan isi hati
manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan melodi dan
ritme serta mempunyai unsur harmoni atau keselarasan yang indah. Hadi
Sunarko (1987: 7)
b.
penulisan
notasi musik
Sistem penulisan musik dikenal
ada penulisan notasi angka yang satuannya berupa angka, sistem penulisan notasi balok yang satuannya berupa gambar, dan notasi huruf yang
satuannya berupa huruf. Melalui notasi inilah kita bisa mengenal,lebih jauh
sebuah karya musik dengan membaca, menulis dan menyanyikan sebuah lagu.
Bahkan lebih dari itu kita bisa menuliskan kembali lagu-lagu ciptaan orang
lain maupun lagu ciptaan kita sendiri. Jelasnya, “notasi” merupakan perwujudan dari sebuah “lagu”,
sedangkan “not” merupakan perwujudan dari “nada”.
M.
Soeharto ( 2000 : 11 )
c.
Simbol-simbol
musik
1) Simbol-simbol
yang berkait dengan lambang nada
a) Angka
b) Titik
c) Garis miring silang nada
2) Simbol-simbol yang berkait dengan lambang irama
a) Garis
mendatar di atas not
b) Garis tegak penentu birama
c) Garis
lengkung
2) Simbol-simbol
khusus
a)
Tanda birama
b)
Tanda
ulang
c)
Tanda
penutup (coda)
d)
Tanda
dinamika
e)
Tanda
fermata
f)
Tempo
Prinsip
• Siswa memonstrasikan lagu karya sendiri yang
telah diaransir
• siswa memperhatikan teknik vokal dalam
sajian karya musiknya
Prosedural
• Siswa
membentuk kelompok musik (setiap kelompok terdiri dari 8 orang, boleh
kelompok sejenis, laki-laki saja atau
perempuan saja. Bisa juga kelompok campuran yang terdiri dari laki-laki dan perempuan)
• setiap
kelompok menyajikan karya musiknya berdasarkan teknik vokal dan tekstur
harmoni
• masing-masing
kelompok musik saling mengkeritisi karya musik yang disajikan di depan kelas
• setiap kelompok membuat tulisan kritik
musik terkait karya musik yang telah digelar.
F. M e t o d e P e m b e l a j a r a n
• Diskusi
kelompok
• Pembelajaran
saintifik
• Demonstrasi
dan penugasan
G. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
• Instrumen
musik (gitar, piano)
• Tape Recorder, CD, Hand Phone, video
• Contoh-contoh
tulisan kritik musik
• Buku Seni Budaya Kemedikbud RI 2014
H. L a n g k a h – L a n g k a h K e g i a t a n / S k e n a r i o P e m b e l a j a r a n
Setelah menjelaskan semua indikator, tujuan pembelajaran, dan hasil akhir dari pembelajaran
ini, siswa diharapkan aktif mengikuti mencari
informasi tentang kritik seni musik dengan melihat mengamati dan mengkaji
video rekaman tentang kritik musik, menyimak, aktif berdiskusi tentang kritik
musik secara kelompok.
Melalui kegiatan
tugas praktik, siswa mampu menyajikan karya kusiknya dengan instrumen musik
yang ada, mengkritisi setiap sajian kelompok penampil, membuat tulisan dalam
bentuk kritik, mempresentasikan hasil tulisan kritiknya di depan kelas dalam
suasana yang aktif, efektif, kreatif dan menyenangkan dengan mengedepankan sikap kebersamaan, tertib,
jujur, dan penuh
tanggung jawab.
Selama proses pembelajaran, dilakuan penilaian proses pada
aktivitas di kelas dan hasil tugas mandiri dan kelompok.
R i n c i a n K e g i a t a n :
Pertemuan ke : 8, 9, 10
1. Awal/Pendahuluan ( 15 menit )
a. Apersepsi
Mengucap salam, berdoa, absensi kehadiran siswa.
Menginformasikan kepada siswa
visi dan misi sekolah, “Unggul dalam
prestasi IPTEK dan IMTAQ yang berwawasan lingkungan serta menjunjung tinggi
nilai-nilai budaya bangsa.”
Menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” sebagai bentuk rasa
syukur ke hadirat Tuhan atas rahmat kemerdekaan bangsa Indonesia.
Menanyakan kepada siswa tentang
pokok bahasan yang akan diberikan, apakah mereka sudah mendengar dan mengenal
dan mengetahui sebelumnya.
Menyampaikan pokok bahasan dan
materi pembelajaran sebagaimana yang tertera pada KD dan Indikator RPP yang dibuat.
b. Orientasi
• Menunjukkan contoh-contoh berupa video rekaman
kritik musik oleh tokoh-tokoh musik dari internet, koleksi rekaman proses pembelajaran
seni musik.
• Memberikan
pemahaman tentang fungsi kritik dan manfaat mempelajari musik.
c.
Motivasi
• Memberikan
contoh-contoh komposisi musik dengan partiturnya baik musik instrumental, maupun musik vokal.
• Menginformasikan tentang fungsi kritik musik
dan manfaat berkarya musik.
d.
Pemberian
Acuan :
•
pembentukan kelompok diskusi
• garis
besar materi tentang kritik musik
• mengkritisi tampilan musik
e.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, dan
berdiskusi siswa dapat:
•
Memahami tentang kritik musik
•
Memahami teknik dalam kritik musik
•
Memahami prosedur dalam kritik musik
f.
Mengkomunikasikan
Melalui proses mencoba,
mengasosiasi, dan mengkomunikasikan
siswa :
• Mampu mengkritisi sajian
musik dan mempresentasikannya di depan kelas
•
Mampu menulis tentang kritik sajian musik
2.
Kegiatan Inti ( 60 menit )
a. Mengamati
- Siswa menyimak pendapat dari beberapa
sumber tentang pengertian kritik musik
- Siswa menyimak tentang konsep, teknik,
fungsi, dan prosedur kritik musik
- Guru menilai keterampilan siswa dalam
berkarya dan bermain musik
- Siswa mengamati
contoh-contoh yang disampaikan guru terkait materi yang disampaikan.
b. Menanya
- Siswa mendikusikan dengan teman kelompoknya
mengenai sajian musik dan lagu yang ditampilkan kelompok lain.
- Siswa bertanya pada guru
mengenai konsep, teknik, fungsi kritik musik.
- Guru menjawab pertanyaan yang disampaikan
siswa dan meminta tanggapan siswa
tentang musik yang ditampilkan oleh kelompok lain.
- Guru
bertanya tentang pendapat dari berbagai sumber tentang pengertian kritik
musik
c. Mencoba
Siswa membaca notasi aransemen lagu yang dibuatnya
Siswa menyimak syair atau lirik lagu yang diciptakannya
d.
Mengasosiasi
Siswa dibagi dalam kelompok 5
kelompok, masing-masing terdiri atas 8 orang
Siswa dalam kelompok diminta mendiskusikan pendapat para ahli tentang
kritik musik
Setiap kelompok masing-masing menampilkan karyanya di depan kelas
Setiap kelompok diminta mendiskusikan dan mengkritisi sajian musik
yang telah ditampilkan dan membuat tulisan kritik musik
e.
Mengkomunikasikan
Guru menilai sikap siswa dalam kerja kelompok dan membimbing
siswa dalam membuat tulisan kritik musik yang mengacu pada kaidah teori
berdasarkan referensi.
Menyimpulkan data, serta menilai kemampuan siswa memahami pengertian evaluasi, aransemen, konsep, teknik, fungsi, dan
manfaat kritik dan berkarya musik.
3. Penutup (15 menit)
-
Menstimulus siswa untuk bersama menyimpulkan konsep, teknik membuat
gubahan lagu/ciptaan lagu, fungsi dan manfaat mempelajari musik.
-
Memberikan
tugas untuk berlatih dengan rajin dan semangat karena dengan memiliki keterampilan yang memadai dalam bermusik bisa
mendatangkan keuntungan secara Financial
- Melaksanakan postes sesuai indikator yang telah ditentukan.
I.
Penilaian
• Mekanisme
dan prosedur
Penilaian dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan
melalui observasi kerja kelompok,
kinerja presentasi, dan laporan tertulis. Sedangkan penilaian hasil dilakukan
melalui tes tertulis.
• Aspek
dan Instrumen penilaian
-
Instrumen observasi menggunakan lembar
pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas dalam kelompok, tanggungjawab,
dan kerjasama.
-
Instrumen kinerja presentasi menggunakan
lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas peran serta, kualitas visual
presentasi, dan isi presentasi.
-
Instrumen
laporan praktik menggunakan rubrik penilaian dengan fokus utama pada
kualitas visual, sistematika sajian data, kejujuran, dan jawaban pertanyaan.
-
instrumen
tes menggunakan tes tertulis uraian dan/atau pilihan ganda
• Contoh
Instrumen (Terlampir)
Jakarta, 14 Juli 2014
Mengetahui Kepala SMAN 42 Jakarta Guru Mata Pelajaran
Seni Budaya
Drs.H.Luthfi, MM Drs. Slamet Priyadi
NIP. 195904141990091001 NIP. 195712091987031006
Lampiran:
1. Instrumen Penilaian Lembar Observasi dan
kinerja presentasi
LEMBAR PENGAMATAN
OBSERVASI DAN KINERJA PRESENTASI
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Musik)
Kelas/Program : XI MIA/IIS
Kompetensi : KD 3.2 Dan
4.2
Keterangan pengisian skor
4. Sangat
tinggi
3. Tinggi
2. Cukup
tinggi
1. Kurang
2. Tanda ceklist pada kolom Benar atau Salah
3. Contoh Tes Uraian
Jawablah petanyaan berikut ini!
1.
Jelaskan
pengertian musik menurut Matius Ali
dan Hadi Sunarko
2.
Jelaskan
berikut contoh-contohnyanya!
a.
Simbol-simbol
musik yang berkait dengan nada
b.
Simbol-simbol
musik yang berkait dengan irama
c.
Simbol-simbol
khusus
3.
Sebutkan
langkah-langkah mencipta lagu/musik!
4.
Tulislah
melodi lagu sebanyak 8 bar (birama) 4/4 buatanmu sendiri!
5.
Bacalah
melodi lagu tersebut secara solmisasi
4. Lembar Instrumen Penilaian Praktik
5. Lembar Instrumen Penilaian Pribadi
PENILAIAN PRIBADI
Nama : fransisca
Kelas : XI MIA
Semester : Ganjil
Waktu Penilaian : 5 Jam Pelajaran
6. Lembar Instrumen Penilaian Antar Teman
PENILAIAN ANTAR TEMAN
Nama :
Kelas :
Semester :
Waktu Penilaian :
|
terima kasih rpp nya
BalasHapusoia untuk seni tari seni teater seni tari dimana rppnya??
http://masterwinkom.blogspot.com