IDENTIFIKASI / KAJIAN
STANDAR KOMPETENSI
(SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD) SEMESTER 1
1
|
Mengapresiasi karya seni
musik
|
1.1 Mengidentifikasi
fungsi dan latar belakang musik tradisional dalam konteks budaya masyarakat
setempat
|
TM ke: 1,2,3
•Menjelaskan
pengertian musik tradisi
•Menjelaskan berdasarkan fungsi, aliran,sumber bunyi,dan
proses penciptaan jenis-jenis musik tradisi Nusantara
|
• Diskusi
kelompok melalui presentasi power point
•Menyanyikan
lagu-lagu tradisi Nusantara
|
• Membuat
laporan tertulis (karya tulis) tentang musik tradisi
Nusantara
|
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
||
Tatap Muka
|
Penugasan
Terstruktur
|
Penugasan
Tidak Terstruktur
|
|||
1
|
Mengapresiasi karya
seni musik
|
1.2. Mengungkapkan pengalaman musikal dari hasil pengamatan terhadap
pertunjukan musik tradisional setempat
|
Ke : 4, 5, 6 :
•MenjelaskanFungsi musik Nusantara sebagai sarana;
upacara,hibu-ran, ekspresi, komunikasi, pengiring tari, sarana ekonomi
•Mendeskrip-sikan nilai-nilai yang terkandung dalam musik
tradisi dan modern
•Unsur estetika dan etika musik
|
• Diskusi
kelompok melalui presentasi power point
•Membuat
rangkuman materi pembelajaran
•Menyanyikan lagu-lagu Nusantara
|
• Membuat
laporan tertulis (karya tulis) tentang musik tradisi dan musik modern
• Membuat aransemen salah satu lagu daerah dan modern Nusantara
|
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
||
Tatap Muka
|
Penugasan
Terstruktur
|
Penugasan
Tidak Terstruktur
|
|||
1
|
Mengapresiasi karya
seni musik
|
1.3. Menunjukkan nilai-nilai
musikal dari hasil pengalaman
musikal yang
didapatkan
melalui pertunjukan musik tradisional
setempat.
|
Ke : 7, 8, 9 :
•MenjelaskanFungsi musik Nusantara sebagai sarana;
upacara,hibu-ran, ekspresi, komunikasi, pengiring tari, sarana ekonomi
•Mendeskrip-sikan nilai-nilai yang terkandung dalam musik
tradisi dan modern
•Unsur estetika dan etika musik
|
• Tanya jawab
musik modern Nusantara
• Diskusi
kelompok musik modern Nusantara
•Menyanyikan
lagu-lagumodern Nusantaral
|
• Membuat
karya tulis sejarah perkembang-an musik modern Nusantara
• Membuat kliping lagu-lagu modern Nusantara
|
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
||
Tatap Muka
|
Penugasan
Terstruktur
|
Penugasan
Tidak Terstruktur
|
|||
2
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
|
2.1. Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir lagu dengan beragam
teknik, media, dan materi musik/lagu tradisional daerah setempat.
|
Ke: 1O, 11,
12
•Mendeskripsikan
langkah dalam proses berkarya musik
•Menjelaskan langkah-langkah menyusun
aransemen
|
•Membuat
rangkuman materi pembelajaran di perpustakaan
•Menyanyikan lagu-lagu hasil ciptaan dan aransemen
sendiri
|
•
Kunjungan ke sanggar music tradisi
• Membuat
laporan tertulis hasil kunjungan ke sanggar
• Membuat aransemen lagu hasil karya cipta mandiri
|
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
||
Tatap Muka
|
Penugasan
Terstruktur
|
Penugasan
Tidak Terstruktur
|
|||
2
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
|
2.2. Menampilkan
lagu yang telah diaransir.
|
Tatap muka ke:
13, 14, 15, 16
a.Menjelaskan pengertian dan
tujuan pergelaran musik sebagai media:
• aktualisasi diri
• Pengembangan bakat
• Apresiasi
b.
Membuat Persiapan:
•Menyiapkan lagu
•Menyajikan pergelaran musik kelas
|
• Diskusi
kelompok melalui presentasi power point
•Menyanyikan lagu-lagu daerah
Jakarta,Jawa, Sumatra,dll
|
Tugas rumah :
• Menulis
salah satu lagu daerah dengan tangga nada: 1kres G=Do
• Menulis
lagu daerah ke dalam notasi balok
•
Mengulang di rumah untuk berlatih lagu hasil aranse-men sendiri
|
Mengetahui, Jakarta, 15 Juli 2013
Kepala SMA
Negeri 42 Guru mata
pelajaran
Drs. H. Luthfi,
MM Drs. Slamet Priyadi
Nip.
1959041441990091001 Nip.
195712091987031006
IDENTIFIKASI / KAJIAN
STANDAR KOMPETENSI
(SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD) SEMESTER 2
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
||
Tatap Muka
|
Penugasan
Terstruktur
|
Penugasan
Tidak Terstruktur
|
|||
1
|
Mengapresiasi karya
seni musik
|
1.1 Mengidentifikasi
fungsi dan latar belakang musik non tradisional dalam konteks budaya masyarakat
setempat
|
Ke : 1, 2, 3
•Menjelaskan
sejarah singkat
musik modern
Nusantara
•Menjelaskan
jenis-jenis musik modern Nusantara
•Menyanyikan lagu-lagu modern Nusantara
|
• Tanya jawab
musik modern Nusantara
• Diskusi
kelompok musik modern Nusantara
•Menyanyikan lagu-lagu modern Nusantara
|
Tugas
rumah
• Membuat
karya tulis sejarah perkembang-an musik modern Nusantara
• Membuat kliping lagu-lagu modern Nusantara
|
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
||
Tatap Muka
|
Penugasan
Terstruktur
|
Penugasan
Tidak Terstruktur
|
|||
1
|
Mengapresiasi karya
seni musik
|
1.2. Mengungkapkan pengalaman musikal dari hasil pengamatan terhadap
pertunjukan musik non tradisional setempat
|
Ke
: 4, 5, 6
•Menjelaskan Fungsi musik modern Nusantara sebagai sarana;
upacara, hiburan, ekspresi, komunikasi, pengiring tari, sarana ekonomi
•Mendeskrip-sikan
nilai-nilai yang terkandung dalam musik modern Nusantara
|
•Diskusi
kelompok melalui presentasi power point
•Membuat
rangkuman materi pembelajaran di perpustakaan
•Menyanyikan lagu-lagu hasil ciptaan dan aransemen
sendiri
|
Tugas
rumah
•Membuat
laporan tertulis (karya tulis) musik modern
Nusantara
•Membuat aransemen salah satu lagu modern Nusantara
|
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
||
Tatap Muka
|
Penugasan
Terstruktur
|
Penugasan
Tidak Terstruktur
|
|||
1
|
Mengapresiasi karya
seni musik
|
1.3. Menunjukkan nilai-nilai
musikal dari hasil pengalaman
musikal yang
didapatkan
melalui pertunjukan musik non tradisional setempat.
|
Ke
: 8, 9, 10
•Menjelaskan Fungsi musik modern Nusantara sebagai sarana;
upacara, hiburan, ekspresi, komunikasi, pengiring tari, sarana ekonomi
•Menunjukkan nilai-nilai musik modern Nusantara
•Mengapresiasi karya musik dan
lagu modern Nusantara
|
•Diskusi kelompok melalui presentasi
power point
•Tugas mengkaji unsur-unsur musik di Perpustakaan
•Menyanyikan lagu-lagu modern Nusantara
|
Tugas
rumah
•Membuat
laporan tertulis (karya tulis) tentang musik modern Nusantara
•Kunjungan
ke sanggar-sanggar seni musik
|
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
||
Tatap Muka
|
Penugasan
Terstruktur
|
Penugasan
Tidak Terstruktur
|
|||
2
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
|
2.1.Mengembangkan gagasan kreatif serta
mengaransir lagu dengan beragam teknik, media, dan materi musik/lagu non tradisional
daerah setempat.
|
Ke
: 11, 12, 13
•Menampilkan
karya musik modern
•Menulis, membaca dan menyanyikan lagu hasil karya cipta
sendiri
•Menyanyikan
lagu-lagu modern Nusantara
|
•Membuat aransemen lagu hasil karya cipta mandiri
•Menyanyikan lagu-lagu hasil ciptaan dan aransemen
sendiri
|
Tugas
rumah
•Kunjungan
ke sanggar musik
•Membuat
laporan tertulis hasil kunjungan ke sanggar
•Membuat aransemen lagu hasil karya cipta mandiri
|
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
||
Tatap Muka
|
Penugasan
Terstruktur
|
Penugasan
Tidak Terstruktur
|
|||
2
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
|
2.2. Menampilkan
lagu yang telah diaransir.
|
Tatap muka ke:
13, 14, 15, 16
a.
Membuat Persiapan:
•Menyiapkan lagu-lagu yang akan ditampilkan
b. Menyajikan pergelaran musik
•Menampilkan musik / lagu tradisi dan modern
|
• Diskusi
kelompok melalui presentasi power point
•Menyanyikan lagu-lagu daerah dan populer daerah Jakarta,Jawa, Sumatra,dll
|
Tugas rumah :
• Menulis
salah satu lagu daerah dengan tangga nada: 1kres G=Do
• Menulis
lagu daerah ke dalam notasi balok
•
Mengulang di rumah untuk berlatih lagu hasil aransemen sendiri
|
Mengetahui Jakarta, 15 Juli 2013
Kepala SMA
Negeri 42 Guru mata
pelajaran
Drs. H. Luthfi,
MM Drs. Slamet Priyadi
Nip. 1959041441990091001 Nip.
195712091987031006
Tidak ada komentar:
Posting Komentar