Jika kita amati dan menyimaknya lebih
mendalam, ternyata musik tradisi memiliki ciri khas, dan keunikan tersendiri. Ciri
dan keunikan yang terdapat pada musik tradisi antara
lain sebagai berikut:
a)
Dipelajari Secara Lisan
Keberadaan musik tradisi atau musik daerah pada umumnya
diwariskan dan berkembang secara turun temurun dari satu generasi ke generasi
berikutnya. Baik musik atau lirik lagu dipelajari hanya secara lisan. Orang yang dianggap
mahir dan terampil memainkan musik atau lagu-lagu daerah didaerah tempatnya tinggal mengajarkan
keterampilan bermain musiknya itu kepada para pengikutnya, putra putrinya, dan
orang-orang yang memang hobi bermain musik dan menyanyikan
lagu-lagu daerahnya.
b)
Tidak Ditulis Dalam Bentuk
Notasi
Partitur musik atau lagu bukan merupakan hal yang penting, karena proses
pembelajaran disamphanya dengan cara lisan. Sebab itu lumrah saja jika
musik daerah
tidak mempunyai partitur notasi tertentu. Meskipun demikian ada juga di
beberapa daerah seperti di Jawa, dan Bali musiknya memiliki notasi.
c) Musisinya Tidak Memiliki Spesialisasi
Para pemain music daerah pada umumnya
terampil memainkan semua jenis instrument musik yang ada, dan mengajarkannya kepada muridnya
secara spontan, langsung dengan peragaan dan demonstrasi saat pertunjukan music
diadakan (nyantrik)
d)
Bentuk Ekspresi
Sebagai bentuk ekspresi masyarakat,
musik tradisi
banyak dimainkan dalam kegiatan masyarakat biasa sehingga musiknya lebih
simple, santai, penuh dengan dinamika kejenakaan. Musik tradisi akan lebih
serius dimainkan jika dalam rangka mengisi kegiatan keistanaan raja-raja.
e)
Bagian Budaya Masyarakat
Musik tradisi merupakan bagian dari budaya masyarakat
setempat, ia merupakan cermin dari adat tradisi masyarakatnya baik pakaian,
rumah, adat istiadat dan lain-lain. Oleh karena itu kita juga bisa mempelajari
dan mengenali adat suatu daerah dengan mengapresiasi musiknya. Sebagai contoh,
music gamelan Jawa dengan lantunan irama music yang mendayu-dayu, halus nan
lembut, ini sepertinya mencerminkan sifat orang Jawa pada umumnya yang
mengutamakan tutur kata halus, sabar dan suka memendam perasaan.
a.
Lagu-Lagu
Tradisi Nusantara
a) Lagu Daerah Jakarta:
1.
Kicir Kicir
Kicir kicir ini lagunya
Lagu lama ya tuan dari Jakarta
Saya menyanyi ya tuan memang sengaja
Untuk menghibur, menghibur hati nan
duka
Burung dara burung merpati
Terbang cepat ya Tuan tiada tara
Pa bila kita ya Tuan suka menyanyi
Badanlah sehat ya Tuan hati gembira
Buah mangga enak rasanya
Si manalagi ya Tuan paling ternama
Siapa saja ya Tuan rajin bekerja
Pasti menjadi, menjadi warga berguna
2.
Sirih Kuning
Kalau tidak nona karena
bulan sayang
Tidaklah bintang ya nona,
tidaklah bintang ya nona
Meninggi hari...
Kalau tidak nona karena tuan
sayang
Tidaklah kami ya nona
Tidaklah kami ya nona sampai
kemari
Reff:
Sirih kuning nona batangnya hijau nona
Yang putih kuning, ya nona
Yang putih kuning, ya nona
Memang sejodo
1.
Lenggang Kangkung
Lenggang lenggang kangkung kangkung di kebon
k’lapa
Lenggang lenggang kangkung Kangkung
di kebon k’lapa
Nasib sungguh beruntung punya
kekasih suka tertawa
Nasib sungguh beruntung punya kekasih
suka tertawa
Lenggang lenggang kangkung kangkung
dari semarang
Lenggang lenggang kangkung kangkung
dari semarang
Nasib tidak beruntung punya
kekasih direbut orang
Nasib tidak beruntung punya
kekasih direbut orang
2.
Ondel Ondel
Nyok Kite nonton ondel-ondel, nyok!
Nyok Kite ngarak ondel-ondel, nyok!
Ondel-ondel ade anaknye
Anaknye nandak gel, igelam
Mak, bapak ondel-ondel ngibing
Ngarak penganten disunatin
Nyang nonton rame kegirangan
Ikut ngarak ring, iringan
Reff:
Pak, pak gendang dung pak, pak
Gendang nyaring ditepak
Nyang ngiringin Nandak
Pade surak-surak
Tangan iseng jailin pale anak-anak ondel-ondel
Taroin puntungan rambut kebakaran
Anak ondel-ondel jejingkrakkan
Palenye nyale bekobaran
Nyang nonton pade kebingungan
Disiramin aer comberan
3.
Jali Jali
Ini dia si Jali-jali
Lagunya enak lagunya enak merdu sekali
Cape sedikit tidak peduli sayang
Asalkan tuan, asalkan tuan senang di hati
Paling enak si mangga udang hei sayang disayang
Pohonnya tinggi, pohonnya tinggi buahnya jarang
Palinglah enak si orang bujang sayang
Kemana pergi, kemana pergi tiada yang m’larang
Jalilah jali dari Cikini sayang
Jalilah jali dari Cikini jalilah jali sampai di
sini
b)
Lagu daerah
Jawa Barat :
1.
Bubuy Bulan
Bubuy bulan bubuy bulan sangray bentang
Panon poe panon poe disasate
Unggal bulan unggal bulan abdi teang
Unggal poe unggal poe abdi hade
Situ Ciburuy laukna hese dipancing
Nyeredet hate ningali ngaplak cai’na
Duh, eta saha nu ngalangkung unggal enjing
Nyeredet hate ningali sorot socana
2.
Cing Cangkeling
Kleung dengdek buah kopi rarang geuyan
Keun anu dewek ulah pati diheureuyan
Cing cangkeling manuk cingkleung cindeten
Plos ka kolong bapak satar buleneng
Reff:
Pat lapat pat lapat katingalan masih
tebih keneh pisan
Layarna bodas jeung celak kasurung
ka ombak-ombak
3.
Panon Hideung
Panon
hideung pipi koneng
Irung mancung
putri Bandung
Putri
saha dimana bumina
Abdi
reseup ka anjeun
Siang
wengi ka impi-impi
Hate
abdi sara redih
Teu
emut dahar teu lembu minum
Emut ka nu geulis panon hideung
4.
Es Lilin
Es lilin mah euceu kalapa muda
Dibantunmah euceu ka Majalaya
Hapunteun mah euceu abdi hapunteun
Bilih aya kalelepatan
5.
Manuk Dadali
Sat ngapung luhur jauh di awang-awang
Meberkeun janjangna bangun taya karingrang
Kukuna ranggaos reujeung pamatukna ngeluk
Ngapak mega bari hiberna natarik Nyuruwuk
Saha anu bisa nyusul kana tandangna
Gandang jeung partetang taya bandingannana
Dipika gimir dipika serab ku sasana
Taya karempan kasieun leber wawanenna
Reff:
Manuk dadali manuk panggagahna
Perlambang sakti Indonesia jaya
Manuk dadali pangkakon carana
Resep ngahiji rukun sakabehna
Hirup sauyunan tara pahiri-hiri
Silih pikanyaah teu inggis bela pati
Manuk dadali ngandung siloka sinatria
Keur sakumna Bangsa di Nagara Indonesia
b. Lagu daerah Jawa Tengah:
1.
Ilir Ilir
Lir Ilir, lir Ilir tandure wus sumilir
Tak ijo royo-royo tak sengguh temanten anyar
Cah angon, cah angon penekna blimbing kuwi
Lunyu-lunyu yo penekna kanggo mbasuh dodotiro
Dhodhotiro dohdhotiro kumitir bedhahing pinggir
Dondomana j’ruma
tana kanggo seba mengko sore
Mumpung padhang rembulane
Mumpung jembar kalangane
Sun suraka surak hiyo!
2.
Gambang Suling
Gambang suling ngumandang swarane
Tulat tulit kepenak unine
Unine mung nrenyukake barang lan kentrung
Ketipung suling sigra kendangane
3.
Suwe Ora Jamu
Suwe ora jamu jamu godhong telo
Suwe ‘ra ketemu k’temu pisan gawe gelo
4.
Cublak Cublak Suweng
Cublak cublak suweng suwenge ting gelenter
Mambu ketundhung gudel
Pak gempong lerak lere
Sapa ngguyu
ndelik ake
Sir sir pong dele gosong
Sir sir pong dele gosong
5.
Dhondong Apa Salak
Dhondong
apa salak dhuku cilik-cilik
Ngandhong
apa mbecak m’laku timik timik
Dhondong
apa salak dhuku cilik-cilik
Ngandhong
apa becak m’laku timik timik
Reff:
Atik ndherek
ibu tindak menyang pasar
Ora pareng
rewel, ora pareng nakal
Ibu mengko
mesti mundhut oleh-oleh
Kacang
karo roti Atik diparingi
Dhondong
apa salak dhuku cilik-cilik
Gendong
apa pudhak aja ngithik-ngithik
Dhondong
apa salak dhuku cilik-cilik
Gendhong
apa pundhak aja ngithik-ngithik
c. Lagu-lagu Keroncong:
1.
Keroncong Sapu Lidi
Sapu lidi daun kelapa
Jiwa manis siapa yang punya
A a a a a....i ya tuan ambil sebiji
Ambil sebiji non
jiwa manis
jatuhlah di lumpur
sapu lidi di atas lemari
yang baik budi non
jiwa manis itu yang ku cari
2.
Bengawan Solo
Bengawan Solo riwayatmu ini
Sedari dulu jadi perhatian insani
Musim kemarau ta’ brapa airmu
Di musim hujan air meluap sampai jauh
Reff:
Mata airmu dari Solo
Berkurung gunung seribu
Air mengalir sampai jauh
Akhirnya ke laut
Itu perahu riwayatnya dulu
Kaum pedagang s’lalu naik itu perahu
3.
Yen Ing Tawang Ana Lintang
Yen ing tawang ana lintang cah ayu
Aku ngenteni tekamu
Marang mega ing angkasa, Nimas
Sun takokne pawartamu
Janji-janji aku eling, cak ayu
Sumedot rasaning ati
Lintang-lintang ngiwi-iwi, Nimas
Tresnaku sundul wiyati
Reff:
Dhek semana janjimu disekseni
Mega Kartika kering rasa trema asih
Yen Ing tawang ana lintang, cah ayu
Rungokna tangising ati
Binarung swaraning ratri, Nimas
Ngenteni wulan ndadari
4.
Elaborasi :
Dalam elaborasi ini saya memberikan tugas tidak terstruktur kepada siswa
untuk menyusun karya tulis dengan tema tentang bagaimana menyikapi seni tradisi
Nusantara yang semakin kurang diminati sebagian besar kawula remaja perkotaan?
Sedangkan tugas terstruktur adalah berlatih bernyanyi lagu daerah Jakarta ”Sirih
Kuning” dan ”Ane Bangge SMA Negeri 42”
dengan harmoni suara sopran, alto, tenor, dan bass.
* SIRIH
KUNING *
Kalau tidak nona karena
bulan sayang
Tidaklah bintang ya nona,
tidaklah bintang ya nona meninggi hari...
Kalau tidak nona karena tuan
sayang tidaklah kami ya nona
Tidaklah kami ya nona sampai
kemari
REF:
Sirih kuning nona batangnya hijau nona
Yang putih kuning, ya nona
Yang putih kuning, ya nona
Memang sejodo
Ane Bangge SMAN 42
Sungguh ane jadi bangge
Sekolah di empat due
Bersih sehat lingkungannye
Segudang prestasinye
Sungguh ane jadi bangge
Sekolah di empat due
Gurunye baik semue
Memang kagak ade duenye
5.
Konfirmasi :
Untuk mengetahui sampai sejauh mana materi
pembelajaran diserap siswa, maka penulis memberikan sejumlah pertanyaan untuk
dijawab atau didiskusikan baik secara kelompok maupun komunikasi dua arah
antara siswa dan guru sebagai fasilitator dan nara sumber dalam pembelajaran.
Adapun materi pertanyaan untuk didiskusikan adalah sebagai berikut:
a. Apakah seni itu?
b. Apakah seni tradisi?
c. Apa yang kamu ketahui tentang fungsi sosial seni
tradisi?
d. Bagaimana pengaruh seni terhadap kehidupan
sosial budaya masyaraakat setempat?
e. Sebutkan 3 contoh pengaruh seni terhadap
ritual keagamaan?
A. PENUTUP (10 menit)
Kesimpulan :
• Musik
adalah salah satu bentuk ekspresi perasan jiwa melalui media nada dengan
harmoni, melodi, dan irama.
• Musik tradisi adalah musik yang lahir dan berkembang di suatu daerah tertentu dan diwariskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya.
•
Ciri umum musik tradisi adalah ide musik disampaikan oleh komponis tidak
melalui tulisan atau partitur tetatapi secara lisan, diwariskan turun-temurun
dari generasi ke generasi secara lisan, syair lagunya berbahasa daerah. Lain
daripada itu irama dan alunan melodi musiknya menunjukkan khas kedaerahan. Alat
musik musik yang digunakan pada umumnya didapat dari alam sekitar daerah
tersebut. Suling, calung, angklung terbuat dari bambu banyak terdapat di
sekitar Jawa Barat.
• Fungsi musik tradisi dalam masyarakat,
secara umum sebagai sarana upacara budaya setempat, hiburan, ekspresi diri,
komunikasi, ekonomi dan pengiring tarian.
•
Secara umum, nilai-nilai yang terkandung dalam musik tradisi adalah
nilai budaya daerah, nilai sakral, nilai estetis, nilai komersial, dan nilat
adat tradisi yang sudah turun-temurun.
XI. PENILAIAN HASIL BELAJAR
Penilaian belajar
dilakukan mencakup tiga aspek yaitu:
A. Aspek kognitif (Pengetahuan dan Pemahaman konsep).
Bentuk Soal Essay:
Jelaskan berikut contohnya!
1.
Apa
yang dimaksud dengan seni musik?
3.
Sebutkan
dan jelaskan berikut contohnya, fungsi musik tradisi!
4.
Jelaskan
menurut pendapatmu tentang keberadaan musik tradisi di era sekarang ini!
5.
Jelaskan
berikut contoh-contohnya penikmatan musik secara langsung dan tidak langsung!
B. Aspek Psikomotrik (keterampilan praktik).
S o a l :
Baca dan nyanyikanlah notasi angka lagu daerah Jakarta ”Sirih Kuning” berikut ini baik dengan solmisasi maupun dengan lirik lagunya. Nyanyikan secara kelompok, tiap kelompok 8 orang, 4 wanita, dan 4 orang laki-laki. Perhatikan unsur: Harmoni, Ekspresi, Artikulasi, Improvisasi, Performance .
K r i t e r i a P e n i I a i a n
No: |
Aspek Kognitif |
Skor |
Bentuk soal : E s s a y / U r a i a n |
5 |
|
N
I
L
A
I
|
Jumlah Nilai yang didapat
Jumlah skor (5)
|
5 |
No: |
Aspek Psikomotorik |
Skor |
1
2
3
4
5
|
Praktik / Unsur music yang dinilai:
Harmoni
Ekspresi
Artikulasi
Improvisai
Performance
|
1
1
1
1
1
|
N
I
L
A
I
|
Jumlah Nilai yang didapat
Jumlah skor (5)
|
5 |
No: |
Aspek Afektif |
Skor |
Tugas mandiri tidak terstruktur:
Membuat
power point tentang perkembangan music tradisi daerah Jakarta.
Aspek yang dinilai:
• Ketepatan waktu dalam menyelesaikan
tugas membuat power point
• Keserasian antara judul dan isi
tulisan dalam power point yang dibuat
|
2
3
|
|
N
I
L
A
I
|
Jumlah Nilai yang didapat
__________________ x 100
Jumlah skor (50)
|
5
|
SIRIH KUNING
C
= Do
4/4 Riang Lagu Jakarta
. . .
. . __ .
5 / 3
5 1 .
2 / 3 .
. 2 1
/ 7 6 5
. 5
/ 1 . 0
Ka- lau
tidak no - na kare -
na bulan sa - yang
___ ___
__ ___
___ __
5 / 6
5 4 3
4 . 3
/ 2 2
0 5 /
6 5 4
3 4 .
3 / 2
2 0
Ti -
dak-lah bintang ya, nona ti -
dak- lah bintang ya, nona
.
. . . .
2 1 /
7 6 5 . /
5 . 0
5 / 3
5 1 .
2 / 3
. 0
Meninggi hari……… Ka- lau tidak no - na
.
. __
. __ __
2 1 /
7 6 5
. 5 /
1 . 0
5 / 6
5 4 3
4 . 3
/ 2 2
0
Kare - na
tuan sayang Ti -
dak- lah kami ya - nona
___ ___
__ .
. . .
. .
5 /
6 5 4 3 4
. 3 /
2 2 0
2 1 /
2 3 1 .
/ 1 . 0
Ti - dak - lah kami ya,
nona datang kemari……………
.
. . __ . .
. __ .
3
/ 2 1
6 . 6
/ 1 .
0 2 1
/ 7 6
5 . 5 / 1
. 0
Si - rih kuning no -
na batangnya hijau
nona
___ ___
__ ___ ___
__
5
/ 6 5
4 3 4
. 3 /
2 2 0
5 / 6
5 4 3
4 . 3
/ 2 2 0
Yang pu- tih kuning ya,
nona yang pu- tih kuning ya,
nona
2 1
/ 2 3 1 .
/ 1 .
0 //
Memang sejo-do………………
C. Aspek
Afektif (sikap). Penilaian afektif dilakukan dalam bentuk tugas-tugas
seperti membuat karya tulis, kliping, membuat power point untuk presentasi
diskusi, kajian pustaka di perpustakaan.
Penilaian karakter bangsa
Dalam rangka memupuk dan menumbuhkembangkan cinta
tanah air dan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya bangsa tugas yang diberikan
kepada siswa adalah:
•
mengadakan observasi kunjungan ke sangar-sanggar seni tradisi
• menyusun
kliping gambar tokoh-tokoh, artikel seni tradisi Nusantara
Berikut
adalah format tugas kunjungan observasi ke sanggar seni musik tradisi daerah
setempat:
Format Kunjungan Observasi
I. Asal
Daerah
1.
Kota / Desa : ........................................................................................................
2.
Kabupaten :
........................................................................................................
3.
Provinsi :
........................................................................................................
II. Nama Musik
Daerah
1.
Nama musik daerah :
.......................................................................................................
2.
Pertunjukan musik ini berfungsi sebagai :
.......................................................................
...........................................................................................................................................
3.
Dilaksanakan pada jam ............................ sampai dengan jam
........................................
4.
Tempat pertunjukan di
......................................................................................................
5.
Pemain musik :
•
Berjumlah ................................ orang
•
Pemain musiknya terdiri dari pria / wanita / pria saja / wanita saja.
•
Setiap pemain musik memainkan satu / dua / tiga alat musik
•
Pemain musik memakai pakaian
.................................................................................
•
Pemain musik memakai tata rias wajah
.......................................................................
6.
Penyanyi lagu daerah
•
Penyanyinya berjumlah ....................................... orang
•
Penyanyi pria berjumlah ...................................... orang
•
Penyanyi wanita berjumlah .................................. orang
•
Penyanyinya memakai pakaian .....................................
•
Penyanyinya menyanyi sambil ...................................... (
duduk / berdiri / menari )
III. Alat Musik Daerah
1.
Alat Musiknya berjumlah ...................................................................................................
•
Nama alat musik ................................... dimainkan dengan
cara ...................................
( dipukul / digesek /ditiup )
•
Nama alat musik ................................... dimainkan dengan
cara ...................................
( dipukul / digesek /ditiup )
•
Nama alat musik ................................... dimainkan dengan
cara ...................................
( dipukul / digesek /ditiup )
•
Nama alat musik ................................... dimainkan dengan
cara ..................................
( dipukul / digesek /ditiup )
•
Nama alat musik ................................... dimainkan dengan
cara ..................................
( dipukul / digesek /ditiup )
terbuat dari bahan
..............................................................
• Nama
alat musik ................................... dimainkan dengan cara
....................................
( dipukul / digesek /ditiup )
terbuat dari bahan
..............................................................
• Nama
alat musik ................................... dimainkan dengan cara
....................................
( dipukul / digesek /ditiup )
terbuat dari bahan
..............................................................
•
Nama alat musik ................................... dimainkan dengan
cara ....................................
( dipukul / digesek /ditiup )
terbuat dari bahan
..............................................................
IV. Lagu Daerah
•
Lagu daerah yang dinyanyikan berjudul .............................................................................
•
Lagu yang dinyanyikan menggunakan bahasa
....................................................................
•
Lagu daerah yang dinyanyikan dimainkan selama
..............................................................
V.
Apresiasi terhadap musik tradisional
•
Fungsi musik daerah ini ......................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
•
Keunikan dari ertunjukan musik daerah ini adalah
............................................................
.............................................................................................................................................
•
Tanggapan saya terhadap musik tradisional ini
..................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
( Nama kota/desa
setempat, tgl / bulan / tahun )
Catatan :
Dapat
dilampirkan:
1. Foto situasi pertunjukan musik daerah
2. Foto alat musik yang digunakan beserta
namanya
3. Foto penari latar ( kalau ada )
4. Foto penyanyi ( kalau ada )
XI. SUMBER BELAJAR
• M.Soeharto.2000,Belajar Notasi Balog,Jakarta:Gramedia
Pustaka.
• Matius Ali.2006, Seni Musik SMA 2. Jakarta: Erlangga.
• Hartaris Andiyaningtyas.2006,Seni Musik SMA. Jakarta: Erlangga.
MENGETAHUI
JAKARTA, 15 JULI 2013
KEPALA SMA Negeri 42 GURU MATA PELAJARAN
Drs.
H. Luthfi, MM Drs Slamet Priyadi
Nip. 195904141990091001 Nip. 195712091987031006
Tidak ada komentar:
Posting Komentar