Jumat, 06 September 2013

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) Seni Musik Semester 1 Kls XI IPA, IPS TP 2013-2014 (lanjutan)



3
MUSIK ANGKLUNG
Instrumen musik angklung


Salah satu musik tradisi Nusantara yang sudah sangat populer di kalangan masyarakat baik nasional maupun internasional adalah musik angklung. Terutama angklung Jawa Barat. Di daerah Banyuwangi,Jawa timur dikenal juga musik angklung Banyuwangi yang  instrumen musiknya berupa sepasang angklung pembawa gending-gending, degung, 2 slentem, 4 saron, 2 peking, 1 kendang, 1 gong besar, dan 1 seruling. Musik angklung Banyuwangi biasanya digunakan sebagai sarana hiburan dimainkan saat-saat upacara pernikahan, acara khitanan. Instrumen musik angklung terbuat dari bambu, memiliki tangga nada diatonis (mayor dan minor). Di Jawa Barat musik angklung dipakai untuk mengiringi upacara adat setelah panen.
4
MUSIK GAMELAN
Seperangkat Instrumen Musik Gamelan
Musik Gamelan tardapat hampir di seluruh Nusantara. Di daerah Jawa di kenal, Gamelan Jawa tengah, Jawa Timur, Sunda/Jawa Barat, Bali. Tangga nada yang dimainkan dalam Musik gamelan umumnya bernada slendro dan pelog. Musik tradisi Gamelan termasuk musik yang terlengkap. Seperangkat instrumen musik gamelan terdiri atas  bermacam-macam bentuk. Begitu pula cara memainkannya, ada yang ditabuh (gendang) dipukul (kenong, sharon, gong, kecrek, digesek (rebab), ditiup (seruling), dan lain sebagainya. Bahan pembuat instrumen gamelan juga bervariasi. Ada yang terbuat dari kulit, kayu, dan logam.   



5
Musik Keroncong
 Instrumen musik keroncong
Musik keroncong berkembang menyebar hampir di seluruh peloksok Nusantara, Jawa tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Jakarta, Maluku sekitar abad 15-16. Ada pendapat yang menyatakan musik keroncong berkait erat dengan Portugis. Hal ini diperkuat dengan adanya fakta, musik keroncong sudah berkembang di daerah Cilincing, Jakarta Utara. Tepatnya di Kampung Tugu yang pada waktu itu dimainkan oleh orang-orang Portugis. Sampai sekarang keturunan orang-orang Portugis itu pun masih memainkan musik keroncong dengan irama tersendiri yang menjadi ciri utama keroncong Tugu. Tiga elemen penting dalam musik keroncong yang hingga kini masih dipertahankan dalam musik keroncong, yaitu:
1)   Instrumen musik keroncong yang digunakan meliputi; keroncong, biola, okulele, banyo, gitar, rebana, kempul, dan cello
2)   Lagu-lagu (repertoar) yang sampai sekarang masih dimainkan dan menjadi pakem dalam musik keroncong adalah Kaparinyo, Moresko,dan Stambul Betawi
3)   Kostum untuk para pemain adalah baju putih model koko terbuat dari sutra. Celana batik dengan tutup kepala berbentuk baret, dan syal yang dililitkan pada leher. Sedangkan para penyanyi wanita menggunakan kebaya.

                          Jika kita amati dan menyimaknya lebih mendalam, ternyata musik tradisi memiliki ciri khas, dan keunikan tersendiri. Ciri dan keunikan yang terdapat pada musik tradisi antara lain sebagai berikut:

a)    Dipelajari Secara Lisan
Keberadaan musik tradisi atau musik daerah pada umumnya diwariskan dan berkembang secara turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya. Baik musik atau lirik lagu dipelajari hanya secara lisan. Orang yang dianggap mahir dan terampil memainkan musik atau lagu-lagu daerah didaerah tempatnya tinggal mengajarkan keterampilan bermain musiknya itu kepada para pengikutnya, putra putrinya, dan orang-orang yang memang hobi bermain musik dan menyanyikan lagu-lagu daerahnya.

b)   Tidak Ditulis Dalam Bentuk Notasi
   Partitur musik atau lagu bukan merupakan hal yang penting, karena proses pembelajaran disamphanya dengan cara lisan. Sebab itu lumrah saja jika musik daerah tidak mempunyai partitur notasi tertentu. Meskipun demikian ada juga di beberapa daerah seperti di Jawa, dan Bali musiknya memiliki notasi.

c)    Musisinya Tidak Memiliki Spesialisasi 
Para pemain music daerah pada umumnya terampil memainkan semua jenis instrument musik yang ada, dan mengajarkannya kepada muridnya secara spontan, langsung dengan peragaan dan demonstrasi saat pertunjukan music diadakan (nyantrik)

d)   Bentuk Ekspresi
Sebagai bentuk ekspresi masyarakat, musik tradisi banyak dimainkan dalam kegiatan masyarakat biasa sehingga musiknya lebih simple, santai, penuh dengan dinamika kejenakaan. Musik tradisi akan lebih serius dimainkan jika dalam rangka mengisi kegiatan keistanaan raja-raja.

e)    Bagian Budaya Masyarakat
Musik tradisi merupakan bagian dari budaya masyarakat setempat, ia merupakan cermin dari adat tradisi masyarakatnya baik pakaian, rumah, adat istiadat dan lain-lain. Oleh karena itu kita juga bisa mempelajari dan mengenali adat suatu daerah dengan mengapresiasi musiknya. Sebagai contoh, music gamelan Jawa dengan lantunan irama music yang mendayu-dayu, halus nan lembut, ini sepertinya mencerminkan sifat orang Jawa pada umumnya yang mengutamakan tutur kata halus, sabar dan suka memendam perasaan.

a.       Lagu-Lagu Tradisi Nusantara

a)    Lagu Daerah Jakarta:
  
1.  Kicir Kicir

Kicir kicir ini lagunya
Lagu lama ya tuan dari Jakarta
Saya menyanyi ya tuan memang sengaja
Untuk menghibur, menghibur hati nan duka

Burung dara burung merpati
Terbang cepat ya Tuan tiada tara
Pa bila kita ya Tuan suka menyanyi
Badanlah sehat ya Tuan hati gembira

Buah mangga enak rasanya
Si manalagi ya Tuan paling ternama
Siapa saja ya Tuan rajin bekerja
Pasti menjadi, menjadi warga berguna

2.     Sirih Kuning

Kalau tidak nona karena bulan sayang
Tidaklah bintang ya nona, tidaklah bintang ya nona
Meninggi hari...
Kalau tidak nona karena tuan sayang
Tidaklah kami ya nona
Tidaklah kami ya nona sampai kemari

Reff:

Sirih  kuning nona batangnya hijau nona
Yang putih kuning, ya nona
Yang putih kuning, ya nona
Memang sejodo

1.     Lenggang Kangkung

Lenggang lenggang kangkung kangkung di kebon k’lapa
                   Lenggang lenggang kangkung Kangkung di kebon k’lapa
                 Nasib sungguh beruntung punya kekasih suka tertawa
                Nasib sungguh beruntung punya kekasih suka tertawa

                   Lenggang lenggang kangkung kangkung dari semarang
                  Lenggang lenggang kangkung kangkung dari semarang
                  Nasib tidak beruntung punya kekasih direbut orang
                  Nasib tidak beruntung punya kekasih direbut orang

2.     Ondel Ondel

Nyok Kite nonton ondel-ondel, nyok!
Nyok Kite ngarak ondel-ondel, nyok!
Ondel-ondel ade anaknye
Anaknye nandak gel, igelam

Mak, bapak ondel-ondel ngibing
Ngarak penganten disunatin
Nyang nonton rame kegirangan
Ikut ngarak ring, iringan

Reff:

Pak, pak gendang dung pak, pak
Gendang nyaring ditepak
Nyang ngiringin Nandak
Pade surak-surak
Tangan iseng jailin pale anak-anak ondel-ondel
Taroin puntungan rambut kebakaran

Anak ondel-ondel jejingkrakkan
Palenye nyale bekobaran
Nyang nonton pade kebingungan
Disiramin aer comberan 

3.     Jali Jali

Ini dia si Jali-jali
Lagunya enak lagunya enak merdu sekali
Cape sedikit tidak peduli sayang
Asalkan tuan, asalkan tuan senang di hati

Paling enak si mangga udang hei sayang disayang
Pohonnya tinggi, pohonnya tinggi buahnya jarang
Palinglah enak si orang bujang sayang
Kemana pergi, kemana pergi tiada yang m’larang
Jalilah jali dari Cikini sayang
Jalilah jali dari Cikini jalilah jali sampai di sini


b)        Lagu daerah Jawa Barat :

1.     Bubuy Bulan

Bubuy bulan bubuy bulan sangray bentang
Panon poe panon poe  disasate
Unggal bulan unggal bulan abdi teang
Unggal poe unggal poe abdi hade

Situ Ciburuy laukna hese dipancing
Nyeredet hate ningali ngaplak cai’na
Duh, eta saha nu ngalangkung unggal enjing
Nyeredet hate ningali sorot socana

2.     Cing Cangkeling

Kleung dengdek buah kopi rarang geuyan
Keun anu dewek ulah pati diheureuyan
Cing cangkeling manuk cingkleung cindeten
Plos ka kolong bapak satar buleneng

Reff:

Pat lapat pat lapat katingalan masih tebih keneh pisan
Layarna bodas jeung celak kasurung ka ombak-ombak

3.     Panon Hideung

Panon hideung pipi koneng
Irung mancung putri Bandung
Putri saha dimana bumina
Abdi reseup  ka anjeun

Siang wengi ka impi-impi
Hate abdi sara redih
Teu emut dahar teu lembu minum
Emut  ka nu geulis panon hideung

4.     Es Lilin

Es lilin mah euceu kalapa muda
Dibantunmah euceu ka Majalaya
Hapunteun mah euceu abdi hapunteun
Bilih aya kalelepatan

5.     Manuk Dadali

Sat ngapung luhur jauh di awang-awang
Meberkeun janjangna bangun taya karingrang
Kukuna ranggaos reujeung pamatukna ngeluk
Ngapak mega bari hiberna natarik Nyuruwuk

Saha anu bisa nyusul kana tandangna
Gandang jeung partetang taya bandingannana
Dipika gimir dipika serab ku sasana
Taya karempan kasieun leber wawanenna

Reff:

Manuk dadali manuk panggagahna
Perlambang sakti Indonesia jaya
Manuk dadali pangkakon carana
Resep ngahiji rukun sakabehna

Hirup sauyunan tara pahiri-hiri
Silih pikanyaah teu inggis bela pati
Manuk dadali ngandung siloka sinatria
Keur sakumna Bangsa di Nagara Indonesia

 
b.      Lagu daerah Jawa Tengah:

1.     Ilir Ilir

Lir Ilir, lir Ilir tandure wus sumilir
Tak ijo royo-royo tak sengguh temanten anyar
Cah angon, cah angon penekna blimbing kuwi
Lunyu-lunyu yo penekna kanggo mbasuh dodotiro

Dhodhotiro dohdhotiro kumitir bedhahing pinggir
Dondomana  j’ruma tana kanggo seba mengko sore
Mumpung padhang rembulane
Mumpung jembar kalangane
Sun suraka surak hiyo!
  
2.     Gambang Suling

Gambang suling ngumandang swarane
Tulat tulit kepenak unine
Unine mung nrenyukake barang lan kentrung
Ketipung suling sigra kendangane


3.     Suwe Ora Jamu

Suwe ora jamu jamu godhong telo
Suwe ‘ra ketemu k’temu pisan gawe gelo

4.     Cublak Cublak Suweng

Cublak cublak suweng suwenge ting gelenter
Mambu ketundhung gudel
Pak gempong lerak lere
Sapa  ngguyu ndelik ake
Sir sir pong dele gosong
Sir sir pong dele gosong


5.     Dhondong Apa Salak

Dhondong apa salak dhuku cilik-cilik
Ngandhong apa mbecak m’laku timik timik
Dhondong apa salak dhuku cilik-cilik
Ngandhong apa becak m’laku timik timik

Reff:

Atik ndherek ibu tindak menyang pasar
Ora pareng rewel, ora pareng nakal
Ibu mengko mesti mundhut oleh-oleh
Kacang karo roti Atik diparingi

Dhondong apa salak dhuku cilik-cilik
Gendong apa pudhak aja ngithik-ngithik
Dhondong apa salak dhuku cilik-cilik
Gendhong apa pundhak aja ngithik-ngithik


c.       Lagu-lagu Keroncong:


1.     Keroncong Sapu Lidi

Sapu lidi daun kelapa
Jiwa manis siapa yang punya
A a a a a....i ya tuan ambil sebiji
Ambil sebiji non
 jiwa manis jatuhlah di lumpur

sapu lidi di atas lemari
yang baik budi non
jiwa manis itu yang ku cari  

  
2.     Bengawan Solo

Bengawan Solo riwayatmu ini
Sedari dulu jadi perhatian insani
Musim kemarau ta’ brapa airmu
Di musim hujan air meluap sampai jauh

Reff:

Mata airmu dari Solo
Berkurung gunung seribu
Air mengalir sampai jauh
Akhirnya ke laut

Itu perahu riwayatnya dulu
Kaum pedagang s’lalu naik itu perahu


3.     Yen Ing Tawang Ana Lintang

Yen ing tawang ana lintang cah ayu
Aku ngenteni tekamu
Marang mega ing angkasa, Nimas
Sun takokne pawartamu

Janji-janji aku eling, cak ayu
Sumedot rasaning ati
Lintang-lintang ngiwi-iwi, Nimas
Tresnaku sundul wiyati

Reff:

Dhek semana janjimu disekseni
Mega Kartika kering rasa trema asih

Yen Ing tawang ana lintang, cah ayu
Rungokna tangising ati
Binarung swaraning ratri, Nimas
Ngenteni wulan ndadari 

4.        Elaborasi :

               Dalam elaborasi ini saya memberikan tugas tidak terstruktur kepada siswa untuk menyusun karya tulis dengan tema tentang bagaimana menyikapi seni tradisi Nusantara yang semakin kurang diminati sebagian besar kawula remaja perkotaan? Sedangkan tugas terstruktur adalah berlatih bernyanyi lagu daerah Jakarta ”Sirih Kuning” dan ”Ane Bangge SMA Negeri 42”  dengan harmoni suara sopran, alto, tenor, dan bass.

* SIRIH KUNING *

Kalau tidak nona karena bulan sayang
Tidaklah bintang ya nona, tidaklah bintang ya nona meninggi hari...
Kalau tidak nona karena tuan sayang tidaklah kami ya nona
Tidaklah kami ya nona sampai kemari
REF:
Sirih  kuning nona batangnya hijau nona
Yang putih kuning, ya nona
Yang putih kuning, ya nona
Memang sejodo

Ane Bangge SMAN 42

Sungguh ane jadi bangge
Sekolah di empat due
Bersih sehat lingkungannye
Segudang prestasinye

Sungguh ane jadi bangge
Sekolah di empat due
Gurunye baik semue
Memang kagak ade duenye

5.        Konfirmasi :

Untuk mengetahui sampai sejauh mana materi pembelajaran diserap siswa, maka penulis memberikan sejumlah pertanyaan untuk dijawab atau didiskusikan baik secara kelompok maupun komunikasi dua arah antara siswa dan guru sebagai fasilitator dan nara sumber dalam pembelajaran. Adapun materi pertanyaan untuk didiskusikan adalah sebagai berikut:

a.   Apakah seni itu?
b.   Apakah seni tradisi?
c.   Apa yang kamu ketahui tentang fungsi sosial seni tradisi?
d.  Bagaimana pengaruh seni terhadap kehidupan sosial budaya masyaraakat setempat?
e.    Sebutkan 3 contoh pengaruh seni terhadap ritual keagamaan?

              A. PENUTUP  (10 menit)
Kesimpulan :
 Musik adalah salah satu bentuk ekspresi perasan jiwa melalui media nada dengan harmoni, melodi, dan irama.
• Musik tradisi adalah musik yang lahir dan berkembang di suatu daerah  tertentu dan diwariskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya.
  Ciri umum musik tradisi adalah ide musik disampaikan oleh komponis tidak melalui tulisan atau partitur tetatapi secara lisan, diwariskan turun-temurun dari generasi ke generasi secara lisan, syair lagunya berbahasa daerah. Lain daripada itu irama dan alunan melodi musiknya menunjukkan khas kedaerahan. Alat musik musik yang digunakan pada umumnya didapat dari alam sekitar daerah tersebut. Suling, calung, angklung terbuat dari bambu banyak terdapat di sekitar Jawa Barat.
• Fungsi musik tradisi dalam masyarakat, secara umum sebagai sarana upacara budaya setempat, hiburan, ekspresi diri, komunikasi, ekonomi dan pengiring tarian.
  Secara umum, nilai-nilai yang terkandung dalam musik tradisi adalah nilai budaya daerah, nilai sakral, nilai estetis, nilai komersial, dan nilat adat tradisi yang sudah turun-temurun.
                                
 
        XI. PENILAIAN HASIL BELAJAR 
              Penilaian belajar dilakukan mencakup tiga aspek yaitu:

A. Aspek kognitif (Pengetahuan dan Pemahaman konsep).
            Bentuk Soal Essay:

            Jelaskan berikut contohnya!

1.         Apa yang dimaksud dengan seni musik?
2.         Apakah seni musik tradisi?
3.         Sebutkan dan jelaskan berikut contohnya, fungsi musik tradisi!
4.         Jelaskan menurut pendapatmu tentang keberadaan musik tradisi di era sekarang ini!
5.         Jelaskan berikut contoh-contohnya penikmatan musik secara langsung dan tidak langsung!

B. Aspek Psikomotrik (keterampilan praktik).

            S o a l :

      Baca dan nyanyikanlah notasi angka lagu daerah Jakarta ”Sirih Kuning” berikut ini  baik dengan solmisasi maupun dengan lirik lagunya. Nyanyikan secara kelompok, tiap kelompok 8 orang, 4 wanita, dan 4 orang laki-laki. Perhatikan  unsur: Harmoni, Ekspresi, Artikulasi, Improvisasi, Performance .

K r i t e r i a  P e n i I a i a n

No:

Aspek Kognitif

Skor

 

Bentuk soal : E s s a y / U r a i a n


5


N

I
L
A
I

Jumlah Nilai yang didapat

 x 100
Jumlah skor (5)

 

5

No:

Aspek Psikomotorik

Skor


1

2
3
4
5

Praktik  / Unsur music yang dinilai:

Harmoni
Ekspresi
Artikulasi
Improvisai
Performance

 

1

1
1
1
1

N

I
L
A
I

Jumlah Nilai yang didapat

        x 100
Jumlah skor (5)

5

No:

Aspek Afektif

Skor

 

Tugas mandiri tidak terstruktur:

Membuat power point tentang perkembangan music tradisi daerah Jakarta.
Aspek yang dinilai:
• Ketepatan waktu dalam menyelesaikan tugas membuat power point
• Keserasian antara judul dan isi tulisan dalam power point yang dibuat

 





2

3

N

I
L
A
I

Jumlah Nilai yang didapat

   __________________      x 100
Jumlah skor (50)

 

 

5

SIRIH KUNING


          C = Do
          4/4 Riang                                                                         Lagu Jakarta
                          .        .       .         .    .              __              .                 
  5  /  3  5  1  .  2  /  3 .  .  2  1  /  7  6  5 .  5  /  1 .  0
 Ka- lau  tidak    no - na         kare -  na  bulan  sa - yang
                       ___   ___         __                             ___    ___        __           
           5  /  6  5  4  3  4  .  3  /  2  2  0  5  /  6  5  4  3  4  .  3  /  2  2  0
 Ti -    dak-lah bintang ya,   nona       ti -    dak- lah bintang ya,  nona
                                           .    .                                                           .       .       .
2  1  /  7  6  5  .  /  5  .  0  5  /  3  5  1  .  2  /  3  .  0       
            Meninggi  hari………           Ka- lau tidak    no - na
                            .    .                     __       .                         __       __
            2  1  /  7  6  5  .  5  /  1  .  0  5  /  6  5  4  3  4  .  3  /  2  2  0 
            Kare -  na  tuan      sayang         Ti -    dak- lah kami   ya -  nona      
                      ___   ___         __                     .    .       .    .   .          .          
5  /  6  5  4  3  4  .  3  /  2  2  0  2  1  /  2  3  1 .  /  10                                                                                                                                                                                    
             Ti -  dak - lah kami   ya,    nona      datang    kemari……………     
             .        .    .        __        .           .    .                     __      .                                                         
           3  /  2  1  6  .  6  /  1  .  0  2  1  /  7  6  5  .  5 / 1  .  0  
             Si - rih kuning  no -  na         batangnya  hijau    nona 
                      ___   ___        __                              ___    ___        __
           5  /  6  5  4  3  4  .  3  /  2  2  0  5  /  6  5  4  3  4  .  3  /  2  2  0                       
             Yang pu- tih kuning  ya,   nona     yang    pu- tih kuning   ya,  nona
                                    
                               2  1  /  2  3  1  .  /  1  .  0  //
                                  Memang sejo-do………………

       
       C.  Aspek Afektif (sikap). Penilaian afektif dilakukan dalam bentuk tugas-tugas seperti membuat         karya tulis, kliping, membuat power point untuk presentasi diskusi, kajian pustaka di perpustakaan.
  
 Penilaian karakter bangsa

Dalam rangka memupuk dan menumbuhkembangkan cinta tanah air dan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya bangsa tugas yang diberikan kepada siswa adalah:
   mengadakan observasi kunjungan ke sangar-sanggar seni tradisi
   menyusun kliping gambar tokoh-tokoh, artikel seni tradisi Nusantara
    Berikut adalah format tugas kunjungan observasi ke sanggar seni musik tradisi daerah setempat:

Format Kunjungan Observasi

I.    Asal Daerah
       1.    Kota / Desa               :  ........................................................................................................    
       2.    Kabupaten                 :  ........................................................................................................
       3.    Provinsi                     :  ........................................................................................................

II.   Nama Musik Daerah    
       1.    Nama musik daerah  :  .......................................................................................................
       2.    Pertunjukan musik ini berfungsi sebagai :  .......................................................................
              ...........................................................................................................................................
       3.    Dilaksanakan pada jam ............................ sampai dengan jam ........................................
       4.    Tempat pertunjukan di ......................................................................................................
       5.    Pemain musik :
                Berjumlah ................................ orang
                Pemain musiknya terdiri dari pria / wanita / pria saja / wanita saja.
                Setiap pemain musik memainkan satu / dua / tiga alat musik
                Pemain musik memakai pakaian  .................................................................................
                Pemain musik memakai tata rias wajah .......................................................................  
       6.    Penyanyi lagu daerah
                Penyanyinya berjumlah ....................................... orang
                Penyanyi pria berjumlah ...................................... orang
                Penyanyi wanita berjumlah .................................. orang
                Penyanyinya memakai pakaian .....................................
                Penyanyinya menyanyi sambil ...................................... ( duduk / berdiri / menari )

III. Alat Musik Daerah
       1.    Alat Musiknya berjumlah ...................................................................................................
                Nama alat musik ................................... dimainkan dengan cara ...................................
                 ( dipukul / digesek /ditiup )
                Nama alat musik ................................... dimainkan dengan cara ...................................
                 ( dipukul / digesek /ditiup )
                Nama alat musik ................................... dimainkan dengan cara ...................................
                 ( dipukul / digesek /ditiup )
                Nama alat musik ................................... dimainkan dengan cara ..................................
                 ( dipukul / digesek /ditiup )
                Nama alat musik ................................... dimainkan dengan cara ..................................
                 ( dipukul / digesek /ditiup ) terbuat dari bahan ..............................................................
              Nama alat musik ................................... dimainkan dengan cara ....................................
                 ( dipukul / digesek /ditiup ) terbuat dari bahan ..............................................................
              Nama alat musik ................................... dimainkan dengan cara ....................................
                 ( dipukul / digesek /ditiup ) terbuat dari bahan ..............................................................
              Nama alat musik ................................... dimainkan dengan cara ....................................
                 ( dipukul / digesek /ditiup ) terbuat dari bahan ..............................................................

IV.  Lagu Daerah
          Lagu daerah yang dinyanyikan berjudul .............................................................................
          Lagu yang dinyanyikan menggunakan bahasa ....................................................................
          Lagu daerah yang dinyanyikan dimainkan selama ..............................................................

V.   Apresiasi terhadap musik tradisional 
         Fungsi musik daerah ini ......................................................................................................
           .............................................................................................................................................
           .............................................................................................................................................
          
         Keunikan dari ertunjukan musik daerah ini adalah ............................................................
          .............................................................................................................................................         
        Tanggapan saya terhadap musik tradisional ini ..................................................................
         ..............................................................................................................................................
         ..............................................................................................................................................
                                                                           ( Nama kota/desa setempat, tgl / bulan / tahun )
Catatan :
Dapat dilampirkan:
1.  Foto situasi pertunjukan musik daerah
2.  Foto alat musik yang digunakan beserta namanya
3.  Foto penari latar ( kalau ada )
4.  Foto penyanyi ( kalau ada )                          

XI.  SUMBER BELAJAR
          M.Soeharto.2000,Belajar Notasi Balog,Jakarta:Gramedia Pustaka.
          Matius Ali.2006, Seni Musik SMA 2. Jakarta: Erlangga.
          Hartaris Andiyaningtyas.2006,Seni Musik SMA. Jakarta: Erlangga.   


             


               MENGETAHUI                                                       JAKARTA, 15 JULI 2013
               KEPALA SMA Negeri 42                                       GURU MATA PELAJARAN




               Drs. H. Luthfi, MM                                                    Drs Slamet Priyadi                       
               Nip. 195904141990091001                                      Nip. 195712091987031006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar