RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA Negeri 42 Jakarta
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA (RUPA)
Kelas/Semester : XII MIPA / Satu(Ganjil)
Materi Pokok :
Menggambar Proyeksi
Alokasi
Waktu : 4 X 2 = 8 JP
A.
K o m p e t e n s i I n t i
( KI ) :
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
- Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
- Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
K o m p e t e n s i D a s a r
1.1.
Menunjukkan sikap penghayatan dan
pengamalan serta bangga terhadap karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur
terhadap Anugerah Tuhan.
2.1.
Menunjukkan sikap kerja sama,
bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian.
2.2.
Menunjukkan sikap santun, jujur,
cinta damai dalam mengapresiasi seni dan pembuatnya.
2.3.
Menunjukkan sikap responsi dan pro
aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama, serta menghargai karya seni dan
pembuatnya.
3.1. Mengevaluasi bahan, media dan teknik
yang digunakan dalam berkarya seni rupa.
4.1. Berkreasi karya seni rupa dua
dimensi
C.
Indikator Pembelajaran KD 3.1 :
a.
Apresiasi karya seni rupa dua dimensi (Menggambar
proyeksi) :
•
mengidentifikasi bahan, alat dan teknik dalam karya seni rupa dua dimensi
• membandingkan
bahan, alat dan teknik dalam karya seni rupa dua dimensi
• memilih
bahan, alat dan teknik dalam dalam persiapan berkarya seni rupa dua dimensi
b. Berkreasi Karya Seni Rupa Dua
Dimensi (Menggambar proyeksi) :
• Membuat gambar proyeksi garis
• Membuat gambar proyeksi bidang
•Membuat gambar proyeksi benda
D.
T u j u a n P e m b e l a j a r a n :
Setelah melalui proses
pembelajaran menggambar proyeksi mampu :
• Mengidentifikasi
berbagai jenis bahan dan media
menggambar proyeksi
• Membedakan teknik menggambar proyeksi dengan karya seni
rupa lainnya
• Membandingkan
teknik menggambar proyeksi dengan karya seni rupa lainnya
•
Mengidentifikasi fungsi menggambar proyeksi
•
Membedakan fungsi menggambar proyeksi
•
Membandingkan fungsi menggambar
proyeksi
•
Membuat gambar proyeksi garis,
bidang dan proyeksi benda
E.
M a t e r i P e m b e l a j a r a n :
• Alat ,
bahan, media yang digunakan dalam menggambar proyeksi
• Menggambar proyeksi garis, proyeksi bidang,
dan proyeksi benda
F.
M e t o d e P e m b e l a j a r a n :
•
Diskusi kelompok
•
Discovery learning
•
Demonstrasi dan penugasan
G. M e d i a , A l a t
d a n S u m b e r P e m b e l a j a r a n :
•
buku pegangan guru dan buku teks
siswa kelas XII
•
Buku-buku referensi lainnya yang
terkait dengan menggambar proyeksi
• contoh-contoh
karya seni menggambar proyeksi
• internet
H. S k e n a r i o P e m b e l a j a r a n
Rincian kegiatan bulan Juli 1, Agustus 4 :
Pertemuan
1, 2, 3, 4, 5 (KD 3.1 & KD 41)
A.
Kegiatan Awal ( 15 Menit )
1. Apersepsi
·
Mengucap salam, berdoa, absensi
kehadiran siswa.
·
Menginformasikan kepada siswa visi
dan misi sekolah, “Unggul dalam prestasi
IPTEK dan IMTAQ yang berwawasan lingkungan serta menjunjung
tinggi nilai-nilai budaya bangsa.”
·
Menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” sebagai bentuk rasa
syukur ke hadirat Tuhan atas rahmat kemerdekaan bangsa Indonesia.
·
Menanyakan kepada siswa tentang
pokok bahasan yang akan diberikan, apakah mereka sudah mendengar dan mengenal
dan mengetahui sebelumnya.
·
Menyampaikan pokok bahasan dan
materi pembelajaran menggambar proyeksi sebagaimana yang tertera pada KD dan Indikator RPP yang dibuat.
2. rientasi
·
Menunjukkan contoh-contoh berupa gambar, video dari internet, dan koleksi pembelajaran menggambar proyeksi.
·
Memberikan motivasi tentang fungsi
dan manfaat menggambar proyeksi.
3. Motivasi
·
Mendemonstrasikan
di papan tulis membuat gambar proyeksi garis,
proyeksi bidang dan proyeksi benda.
·
Menginformasikan tentang fungsi dan manfaat menggambar
proyeksi bagi kehidupan.
4. Pemberian Acuan :
•
Garis besar materi tentang menggambar proyeksi
•
Pembentukan kelompok diskusi
5. Menyampaikan tujuan pembelajaran
•
Melalui proses mencari informasi,
menanya, dan berdiskusi siswa dapat:
- Memahami tentang konsep seni menggambar proyeksi
- Memahami teknik menggambar proyeksi
- Memahami prosedur dalam proses menggambar proyeksi
• Melalui proses
mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan siswa :
- Mampu membuat gambar teknik proyeksi garis
- Mampu membuat gambar teknik proyeksi bidang
- Mampu membuat gambar teknik proyeksi benda
-
B. Kegiatan Inti ( 60 menit )
1. Mengamati
·
Memberi motivasi memvasilitasi siswa dengan memperlihatkan
berbagai karya-karya seni rupa dua dimensi terutama gambar proyeksi dari media
cetak, majalah, surat kabar, brosur, dan sebagainya.
· Siswa menyimak tentang konsep, teknik, fungsi dan prosedur menggambar proyeksi
·
Guru menilai keterampilan siswa
dalam membuat gambar proyeksi
• Siswa mengamati contoh-contoh yang
disampaikan guru terkait materi yang disampaikan
• Dalam aktivitas mengamati, guru menggunakan
berbagai media pembelajaran baik secara konkrit seperti foto-foto, gambar
maupun media elektronik.
2. Menanya
·
Siswa mendikusikan dengan teman
kelompoknya mengenai gambar proyeksi yang dibuatnya.
·
Siswa mendiskusikan dengan teman
kelompoknya mengenai konsep, teknik, fungsi karya seni rupa
khusnya gambar teknik proyeksi
·
Guru bertanya dan meminta tanggapan siswa tentang menggambar teknik proyeksi
· Guru bertanya tentang pendapat dari berbagai sumber tentang pengertian “Karya seni rupa dua dimensi menggambar proyeksi”
· Guru bertanya tentang manfaat dan fungsi menggambar proyeksi dalam kehidupan
3. Mencoba/Mengeksplorasi
· Memotivasi dan memfasilitasisiswa agar mengkoleksi
berbagai informasi tentang bahan dan alat yang digunakan dalam menggambar
proyeksi
· Memotivasi dan memfasilitasi siswa agar mengumpulkan
informasi tentang langkah-langkah teknik membuat gambar proyeksi
· Memotivasi dan memfasilitasi siswa agar mengumpulkan
informasi tentang langkah-langkah teknik membuat gambar proyeksi
4. Mengasosiasi
· Siswa dimotivasi dan difasilitasiuntuk
membandingkan bahan, media, alat, teknik, jenis, imbol dan nilai estetik yang
terkandung di dalam menggambar proyeksi dengan membandingkan gambar yang
dibuatnya dengan gambar yang dibuat oleh
teman sekelasnya.
·
Siswa dimotivasi dan difasilitasi untuk menghubungkan
data-data yang diperoleh berkait dengan bahan, media, alat, teknik, jenis,
imbol dan nilai estetik yang terkandung di dalam berbagai karya menggambar
teknik proyeksi.
·
Siswa diminta untuk membuat
konsep menggambar teknik proyeksi dengan menuliskan bahan, media, alat, teknik,
jenis, simbol, dan nilai estetik menggambar teknik proyeksi yang akan
dibuatnya.
5. Mengomunikasikan
·
Siswa dimotivasi dan difasilitasi untuk menyampaikan hasil
pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh berkait bahan, media, alat,
teknik, jenis, simbol, dan nilai estetik menggambar proyeksi.
·
Siswa dimotivasi dan difasilitasiuntuk mempertanggungjawabkan
secara lisan dan tulisan terhadap gambar proyeksi yang dibuatnya.
Dalam kegiatan
ini, guru bertindak hanya sebagai motivator dan fasilitator bagi siswa dalam
menggali informasi bahan, media, alat, teknik, jenis, simbol dan nilai estetik
gambar proyeksi. Hal tersebut perlu disampaikan guru, demikian pula bagaimana
cara memperolehnya. Akan tetapi, guru hendaknya menghindari penyampaian materi
menggambar proyeksi yang bersifat tuntas. Hal ini dilakukan agar siswa
termotivasi untuk menuntaskannya sendiri dan sampai sejauh mana pemahaman,
pengertian dan kemampuan siwa dalam menggambar proyeksi.
C.Penutup ( 15 menit )
Membuat simpulan materi pembelajaran
Konsep umum :
• Menggambar proyeksi adalah “Cara menggambar benda bentuk tiga dimensi
yang dirubah ke dalam bentuk dua dimensi yang penggambarannya berupa bentuk
ukurannya secara tepat yang dilihat dari beberapa sudut pandang”. Menggambar
proyeksi terkategorisasi karya seni rupa dua dimensi terapan berdasar tujuan
pembuatannya.
• Kata
Medium berasal dari kata “media” yang berarti perantara. Istilah medium
dipakai untuk menyebut berbagai hal yang berkait dengan bahan. Keterampilan
dalam mengolah bahan, menggunakan alat dan penguasaan teknik yang baik
diperlukan untuk menciptakan karya seni yang berkualitas. Hal ini tentu sangat
dibutuhkan latihan yang terus menerus, ulet, sabar dan berkelanjutan .
· Bahan adalah semua material habis pakai yang digunakan
dalam proses mewujudkan karya seni rupa.
· Alat adalah benda yang digunakan untuk mengolah bahan
dalam mewujudkan karya seni rupa.
· Teknik adalah cara berkarya seni rupa dengan bantuan
alat untuk mengolah bahan tertentu dalam mewujudkan karya seni rupa.
· Obyek adalah
visualisasi dari penataan unsur-unsur fisik dan non fisik pada karya
seni rupa.
Pengayaan :
Pengayaan
materi diberikan melalui pembelajaran praktik membuat gambar teknik proyeksi,
yang diberikan dengan cara sebagai berikut:
•
Memberikan contoh
sebanyak-banyaknya menggambar proyeksi.
•
memberikan pula contoh karya seni
rupa terapan yang dimanfaatkan sebagai benda hiasan atau semata-mata untuk
kepentingan estetik saja.
•
Menunjukkan berbagai contoh karya
seni rupa dua dimensi dengan penataan unsur-unsur visualnya secara sederhana
maupun kompleks.
•
Memberikan pula contoh karya
menggambar teknik, seni rupa tradisional, modern, daerah maupun mancanegara.
•
Memberikan contoh bahan, alat,
dan teknik yang digunakan dalam berkarya seni rupa dua dimensi tidak hanya
bahan, alat dan teknik yang konvensional (umum dipakai) tetapi juga bahan, alat
dan teknik yang non konvensional (tidak umum).
Pengayaan diberikan kepada siswa
dalam rangka membuka wawasan seni rupa siswa yang lebih luas sebagai stimulus
berpikir dan berkarya secara kreatif.
I.
P e n i l a i a n :
1.
Mekanisme dan prosedur,
Penilaian dilakukan dari proses dan
hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja kelompok, kinerja presentasi, dan laporan tertulis.
Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes tertulis.
2.
Instrumen penilaian :
a.
Instrumen observasi menggunakan
lembar pengamatan dengan fokus utama pada
aktivitas dalam kelompok, tanggungjawab, dan kerjasama.
b.
Instrumen kinerja presentasi
menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas peran serta,
kualitas visual presentasi, dan isi presentasi.
c.
Instrumen laporan praktik
menggunakan rubrik penilaian dengan fokus utama pada kualitas visual,
sistematika sajian data, kejujuran, dan jawaban pertanyaan.
d.
Instrumen tes menggunakan tes
tertulis uraian dan pilihan ganda.
e.
Instrumen laporan praktik
menggunakan rubrik penilaian dengan fokus utama pada kualitas visual,
sistematika sajian data, kejujuran, dan jawaban pertanyaan.
3.
Contoh Lembar Instrumen Penilaian
(Terlampir)
Lampiran:
1. Instrumen Penilaian Lembar Observasi
dan kinerja presentasi
LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI DAN
KINERJA PRESENTASI
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Rupa)
Kelas/Program : XII MIA
Kompetensi : KD 3.1 Dan 4.1
No
|
Nama Siswa
|
Observasi
|
Kinerja Presentasi
|
Jumlah
Skor
|
NilaI
|
||||
Aktif
|
Tanggung jawab
|
Kerja sama
|
Peran serta
|
Visual
|
Isi
|
||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
||||
1.
|
|
4
|
4
|
3
|
4
|
3
|
3
|
21
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan pengisian skor
4.
Sangat tinggi
3.
Tinggi
2.
Cukup tinggi
1.
Kurang
2. Tanda ceklist pada kolom Benar atau
Salah
No
|
Pernyataan
|
Benar
|
Salah
|
1.
|
Karya seni rupa
dua dimensi di antaranya adalah, gambar proyeksi, lukisan, gambar sketsa,
gambar ilustrasi.
|
|
|
2.
|
Bentuk dua
dimensi adalah yang memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi atau tebal
sehingga mempunyai volume.
|
|
|
3.
|
Media atau bahan
membuat lukisan diantaranya adalah cat minyak, cat air, cat poster
|
|
|
4.
|
Menggam teknik
sipil ararsitektur termasuk karya seni dua dimensi
|
|
|
3. Contoh Tes Uraian
Jawablah
petanyaan berikut ini!
1.
Jelaskan berikut contohnya, apa yang dimaksud
dengan menggambar teknik proyeksi?!
2.
Sebutkan bahan, alat dan media yang yang digunakan dalam
menggambar proyeksi
3.
Jelaskan berikut contohnya, tiga buah karya
seni rupa dua dimensi!
4.
Jelaskan perbedaan teknik antara
menggambar proyeksi dan menggambar lukisan, berikan pula contohnya!
5.
Sebutkan langkah-langkah
menggambar proyeksi !
6.
Sebutkan langkah-langkah membuat karya lukisan!
7.
Apakah kreatifitas perlu dalam
berkarya seni? Jelaskanlah pendapatmu!
8.
Apa perbedaan antara menggambar dan melukis, jelaskan?!
4. Lembar Instrumen Penilaian Praktik
FORMAT PENILAIAN BERKARYA SENI RUPA DUA DIMENSI
No.
|
Nama siswa
|
Kesesuai-an
model dengan obyek gambar
|
Kreatifi-tas
pemilihan model
|
Komposisi
unsur-unsur visual
|
Kesesuaian
teknik dengan alat dan bahan yang digunakan
|
Penyelesaian
akhir (Finishing)
|
|||||||||||||||
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Pedoman penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1
sampai 4
Perhitungan skor akhir
menggunakan rumus:
Skor yang diperoleh
= Skor akhir
Skor maksimal
Contoh:
Skor diperoleh 14, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan
= 20, maka skor akhir:
Siswa memperoleh nilai :
Sangat baik :
apabila memperoleh skor A – dan A
Baik :
apabila memperoleh skor B - , B, dan B
Cukup :
apabila memperoleh skor C -, C, dan C
Kurang :
apabila memperoleh skor D dan D +
5. Lembar Instrumen Penilaian Pribadi
P E N I L A I A N P R I B A D I
Nama : fransisca
Kelas : XII MIA
Semester : Ganjil
Waktu Penilaian :
No.
|
Pernyataan Siswa
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Saya belajar dengan
sungguh-sungguh
|
|
|
2
|
Saya aktif dan selalu bertanya
jika ada penjelasan materi yang belum saya mengerti.
|
|
|
3
|
Saya Sering menunda-nunda tugas
yang diberikan guru
|
|
|
SKOR
|
KETERANGAN
|
4
|
Sangat baik
|
3
|
Baik
|
2
|
Cukup
|
1
|
kurang
|
6. Lembar
Instrumen Penilaian Antar Teman
P E N I L A I A N A N T A R
T E M A N
Nama :
Kelas :
Semester :
Waktu Penilaian
:
No.
|
Pernyataan Siswa
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Belajar dengan sungguh-sungguh
|
|
|
2
|
Aktif dan selalu bertanya jika
ada penjelasan materi yang belum saya mengerti.
|
|
|
3
|
Sering menunda-nunda tugas yang
diberikan guru
|
|
|
Jakarta, 27
Juli 2015
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 42 Jakarta Guru Mata Pelajaran
Drs. Sonny
Juhersoni, M.Pd Drs. Slamet Priyadi
NIP. 196510061992031003 NIP. 195712091987031006
Tidak ada komentar:
Posting Komentar