RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMA Negeri 42 Jakarta
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA (RUPA)
Kelas/Semester : XII MIA / Satu(Ganjil)
Materi Pokok : A. Apresiasi Karya Seni Rupa Dua Dimensi;
1.
Ragam dan fungsi karya seni rupa dua dimensi
2.
Simbol dan nilai karya seni rupa dua dimensi
3.
Medium (alat, bahan, dan teknik)
B. Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi
Alokasi
Waktu : 4 X 2 = 8 JP
A.
K o m p e t e n s i I n t i ( KI ) :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah, menalar dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
K o m p e t e n s i D a s a r
1.1. Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap karya
seni musik sebagai bentuk rasa syukur
terhadap Anugerah Tuhan.
2.1.
Menunjukkan sikap kerja sama,
bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian.
2.2.
Menunjukkan sikap santun, jujur,
cinta damai dalam mengapresiasi seni dan pembuatnya.
2.3.
Menunjukkan sikap responsi dan pro
aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama, serta menghargai karya seni dan
pembuatnya.
3.1. Mengevaluasi bahan, media dan teknik
yang digunakan dalam berkarya seni rupa.
4.1. Berkreasi karya seni rupa dua
dimensi
C.
Indikator Pembelajaran KD 3.2 & 4.2 :
Pertemuan ke: 6, 7, 8, 9
b.
Apresiasi Karya Seni Rupa Dua Dimensi
1. Ragam dan fungsi karya seni rupa
dua dimensi (Pertemuan 1 )
•
Mengidentifikasi bahan, media, jenis karya seni rupa dua
dimensi
•
Membedakan berbagai jenis karya
seni rupa dua dimensi
•
Membandingkan berbagai jenis karya seni rupa dua dimensi
•
Mengidentifikasi fungi karya seni rupa dua dimensi
•
Membedakan fungsi karya seni rupa dua dimensi
• Membandingkan fungsi karya seni rupa dua
dimensi
2.
Simbol dan nilai estetik karya seni rupa dua dimensi
(Pertemuan 2)
• mengidentifikasi berbagai
bentuk simbo dalam karya seni rupa dua dimensi
• menunjukkan aspek-aspek
pembentuk simbol dalam karya seni rupa dua dimensi
• mengidentifikasi nilai estetik
dalam karya seni rupa dua dimensi
• membandingkan nilai estetik
dalam karya seni rupa dua dimensi
• menunjukkan unsur-unsur pendukung
nilai estetik dalam karya seni rupa dua dimensi
3.
Medium /Alat, bahan, dan teknik (pertemuan 3)
•
mengidentifikasi bahan, alat dan teknik dalam krya seni rupa dua dimensi
• membandingkan
bahan, alat dan teknik dalam krya seni rupa dua dimensi
• memilih
bahan, alat dan teknik dalam dalam persiapan berkarya seni rupa dua dimensi
c. Berkreasi Karya Seni Rupa Dua
Dimensi
4. Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi
• Membuat sketsa karya seni rupa dua dimensi
• Membuat gambar lukisan karya seni rupa dua
dimensi
• menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam proses
berkarya seni rupa dua dimensi
• Menyajikan gambar atau lukisan karya seni rupa
dua dimensi
• Mempresentasikan gambar atau lukisan karya seni
rupa dua dimensi hasil karya mandiri secara lisan atau tulisan
D.
T u j u a n P e m b e l a j a r a n :
Setelah melalui proses
pembelajaran seni rupa dua dimensi siswa mampu :
• Mengidentifikasi
berbagai jenis bahan dan media karya
seni rupa dua dimennsi
• Membedakan
berbagai jenis karya seni rupa dua dimensi
• Membandingkan
berbagai jenis karya seni rupa dua dimensi
•
Mengidentifikasi fungsi karya
seni rupa dua dimensi
•
Membedakan fungsi karya seni rupa
dua dimensi
•
Membandingkan fungsi karya seni
rupa dua dimensi
•
Berkarya seni rupa dua dimensi
E.
M a t e r i P e m b e l a j a r a n :
• Alat ,
bahan, medium seni rupa dua dimensi
•
Berbagai ragam, jenis dan fungsi
karya seni rupa dua dimensi
•
Simbol dan nilai estetik seni
rupa dua dimensi
F.
M e t o d e P e m b e l a j a r a n :
•
Diskusi kelompok
•
Discovery learning
•
Demonstrasi dan penugasan
G. M e d i a , A l a t
d a n S u m b e r P e m b e l a j a r a n :
•
buku pegangan guru dan buku teks
siswa kelas XII
•
Buku-buku referensi lainnya yang
terkait dengan seni budaya
• contoh-contoh
karya seni rupa dua dimensi
• internet
H. S k e n a r i o P e m b e l a j a r a n
Rincian
kegiatan bulan Bulan
September & Oktober :
Pertemuan
6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15
KD 3.1 & KD
41
A.
Kegiatan Awal ( 15 Menit )
1. Apersepsi
·
Mengucap salam, berdoa, absensi
kehadiran siswa.
·
Menginformasikan kepada siswa visi
dan misi sekolah, “Unggul dalam prestasi
IPTEK dan IMTAQ yang berwawasan lingkungan serta menjunjung
tinggi nilai-nilai budaya bangsa.”
·
Menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” sebagai bentuk rasa
syukur ke hadirat Tuhan atas rahmat kemerdekaan bangsa Indonesia.
·
Menanyakan kepada siswa tentang
pokok bahasan yang akan diberikan, apakah mereka sudah mendengar dan mengenal
dan mengetahui sebelumnya.
·
Menyampaikan pokok bahasan dan materi
pembelajaran sebagaimana yang tertera pada KD dan Indikator RPP yang dibuat.
2. Orientasi
·
Menunjukkan contoh-contoh berupa gambar, video dari internet, dan koleksi pembelajaran seni rupa.
·
Memberikan motivasi tentang fungsi
dan manfaat berkarya seni rupa.
3. Motivasi
·
Memberikan contoh secara demonstrasi dihadapan siswa membuat karya seni rupa terkait indikator pembelajaran.
·
Menginformasikan tentang manfaat
mempelajari Seni,
terutama berkarya seni rupa.
4. Pemberian Acuan :
•
Garis besar materi tentang berkarya seni rupa
•
Pembentukan kelompok diskusi
5. Menyampaikan tujuan pembelajaran
•
Melalui proses mencari informasi,
menanya, dan berdiskusi siswa dapat:
- Memahami tentang konsep seni rupa
- Memahami teknik berkarya seni rupa
- Memahami prosedur dalam proses berkarya seni rupa
• Melalui proses
mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan siswa :
- Mampu membuat karya seni rupa dua dimensi
B. Kegiatan Inti ( 60 menit )
1. Mengamati :
· Memberi motivasi
memvasilitasi siswa dengan memperlihatkan berbagai karya-karya seni rupa
dua dimensi dari media cetak, majalah, surat kabar, brosur, dan sebagainya.
· Siswa menyimak tentang konsep, teknik, fungsi dan prosedur berkarya seni rupa
·
Guru menilai keterampilan siswa dalam
berkarya dan bermain rupa
Siswa mengamati contoh-contoh yang
disampaikan guru terkait materi yang disampaikan
Dalam aktivitas mengamati, guru
bisa menggunakan berbagai media pembelajaran baik secara konkrit seperti
foto-foto, gambar maupun media elektronik.
2. Menanya :
· Siswa mendikusikan dengan teman kelompoknya mengenai contoh-contoh hasil karyanya.
·
Siswa mendiskusikan dengan teman
kelompoknya mengenai konsep, teknik, fungsi karya seni rupa
·
Guru bertanya dan meminta tanggapan siswa tentang karya seni rupa yang
ditampilkan
· Guru bertanya tentang pendapat dari berbagai sumber tentang pengertian “Karya seni rupa dua dimensi”
·
Guru bertanya tentang fungsi berkarya seni rupa
3. Mencoba/Mengeksplorasi :
· Memotivasi dan memfasilitasisiswa agar mengkoleksi
berbagai informasi tentang bahan dan alat yang digunakan dalam berkarya seni
rupa dua dimensi
· Memotivasi dan memfasilitasi siswa agar mengumpulkan
informasi tentang langkah-langkah teknik membuat karya seni rupa dua dimensi
· Memotivasi dan memfasilitasi siswa agar mengumpulkan
informasi tentang langkah-langkah teknik membuat karya seni rupa dua dimensi
dengan praktik berkarya seni rupa
4. Mengasosiasi :
· Siswa dimotivasi dan difasilitasiuntuk
membandingkan bahan, media, alat, teknik, jenis, imbol dan nilai estetik yang
terkandung di dalam berbagai karya seni rupa dua dimensi dimulai dengan
membandingkan karya yang dibuatnya sendiri dengan karya temannya.
·
Siswa dimotivasi dan difasilitasi untuk menghubungkan
data-data yang diperoleh berkait dengan bahan, media, alat, teknik, jenis,
imbol dan nilai estetik yang terkandung di dalam berbagai karya seni rupa dua
dimensi.
·
Siswa diminta untuk membuat
konsep berkarya seni rupa dengan menuliskan bahan, media, alat, teknik, jenis,
simbol, dan nilai estetik karya seni rupa yang akan dibuatnya.
5. Mengomunikasikan :
· Siswa dimotivasi dan difasilitasiuntuk
menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh berkait
bahan, media, alat, teknik, jenis, simbol, dan nilai estetik karya seni rupa.
·
Siswa dimotivasi dan difasilitasiuntuk mempertanggungjawabkan
secara lisan dan tulisan karya seni rupa dua dimensi yang dibuat.
Dalam kegiatan ini, guru bertindak hanya sebagai
motivator dan fasilitator bagi siswa dalam menggali informasi bahan, media,
alat, teknik, jenis, simbol dan nilai estetik karya seni rupa. Hal tersebut
perlu disampaikan guru, demikian pula bagaimana cara memperolehnya. Akan
tetapi, hindari penyampaian materi yang bersifat tuntas. Hal ini dilakukan agar
siswa termotivasi untuk menuntaskannya sendiri.
B.
Penutup ( 15 menit )
Membuat simpulan materi pembelajaran
Konsep umum :
• Karya seni rupa dua dimensi terkategorisasi
karya seni rupa terapan dan seni rupa murni berdasar tujuan pembuatannya.
• Kata
Medium berasal dari kata “media” yang berarti perantara. Istilah medium
dipakai untuk menyebut berbagai hal yang berkait dengan bahan. Keterampilan
dalam mengolah bahan, menggunakan alat dan penguasaan teknik yang baik
diperlukan untuk menciptakan karya seni yang berkualitas. Hal ini tentu sangat
dibutuhkan latihan yang terus menerus, ulet, sabar dan berkelanjutan .
· Bahan adalah semua material habis pakai yang digunakan
dalam proses mewujudkan karya seni rupa.
· Alat adalah benda yang digunakan untuk mengolah bahan
dalam mewujudkan karya seni rupa.
· Teknik adalah cara berkarya seni rupa dengan bantuan
alat untuk mengolah bahan tertentu dalam mewujudkan karya seni rupa.
· Obyek adalah
visualisasi dari penataan unsur-unsur fisik dan non fisik pada karya
seni rupa.
Pengayaan :
Pengayaan
materi diberikan melalui pembelajaran apresiasi karya seni rupa dua dimensi,
diberika dengan cara sebagai berikut:
•
Memberikan contoh
sebanyak-banyaknya karya seni rupa dua dimensi baik tergolong karya seni rupa
terapan maupun karya seni rupa murni. Berikan pula contoh karya seni rupa
terapan yang dimanfaatkan sebagai benda hias atau estetik saja.
•
Menunjukkan berbagai contoh karya
seni rupa dua dimensi dengan penataan unsur-unsur visualnya sederhana maupun
kompleks. Berikan pula contoh karya seni rupa tradisional maupun modern, karya
seni rupa daerah maupun mancanegara.
•
Memberikan contoh bahan, alat,
dan teknik yang digunakan dalam berkarya seni rupa dua dimensi tidak hanya
bahan, alat dan teknik yang konvensional (umum dipakai) tetapi juga bahan, alat
dan teknik yang non konvensional (tidak umum).
Pengayaan diberikan kepada siswa
dalam rangka membuka wawasan seni rupa siswa yang lebih luas sebagai stimulus
berpikir dan berkarya secara kreatif.
C.
P e n i l a i a n :
1.
Mekanisme dan prosedur
Penilaian dilakukan dari proses dan
hasil. Penilaian proses dilakukan
melalui observasi kerja kelompok, kinerja
presentasi, dan laporan tertulis. Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui
tes tertulis.
2.
Instrumen penilaian :
a.
Instrumen observasi menggunakan
lembar pengamatan dengan fokus utama pada
aktivitas dalam kelompok, tanggungjawab, dan kerjasama.
b.
Instrumen kinerja presentasi
menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas peran serta,
kualitas visual presentasi, dan isi presentasi.
c.
Instrumen laporan praktik
menggunakan rubrik penilaian dengan fokus utama pada kualitas visual,
sistematika sajian data, kejujuran, dan jawaban pertanyaan.
d.
Instrumen tes menggunakan tes
tertulis uraian dan pilihan ganda.
e.
Instrumen laporan praktik
menggunakan rubrik penilaian dengan fokus utama pada kualitas visual,
sistematika sajian data, kejujuran, dan jawaban pertanyaan.
3. Contoh
Lembar Instrumen Penilaian (Terlampir)
lampiran :
1. Instrumen Penilaian Lembar Observasi
dan kinerja presentasi
LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI DAN
KINERJA PRESENTASI
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Rupa)
Kelas/Program : XII MIA
Kompetensi : KD 3.1 Dan 4.1
No
|
Nama Siswa
|
Observasi
|
Kinerja Presentasi
|
Jumlah
Skor
|
NilaI
|
||||
Aktif
|
Tanggung jawab
|
Kerja sama
|
Peran serta
|
Visual
|
Isi
|
||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
||||
1.
|
|
4
|
4
|
3
|
4
|
3
|
3
|
21
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan pengisian skor
4.
Sangat tinggi
3.
Tinggi
2.
Cukup tinggi
1.
Kurang
2. Tanda ceklist pada kolom Benar atau
Salah
No
|
Pernyataan
|
Benar
|
Salah
|
1
|
Karya seni rupa
dua dimensi di antaranya adalah, lukisan, gambar sketsa, gambar ilustrasi.
|
|
|
2
|
Bentuk dua
dimensi adalah yang memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi atau tebal
sehingga mempunyai volume.
|
|
|
3
|
Media atau bahan
membuat lukisan diantaranya adalah cat minyak, cat air, cat poster
|
|
|
4
|
Seni arsitektur
termasuk karya seni dua dimensi
|
|
|
3. Contoh Tes Uraian
Jawablah
petanyaan berikut ini!
1.
Jelaskan berikut contohnya karya-karya
seni rupa dua dimensi!
2.
Jelaskan perbedaan antara gambar sketsa dan lukisan, berikan pula contohnya!
3.
Sebutkan langkah-langkah membuat karya lukisan!
4.
Apa kreatifitas perlu dalam berkarya
seni? Jelaskan pendapatmu!
5.
Apa perbedaan antara menggambar dan melukis, jelaskan?!
4. Lembar Instrumen Penilaian Praktik
FORMAT PENILAIAN BERKARYA SENI RUPA DUA DIMENSI
No.
|
Nama siswa
|
Kesesuai-an
model dengan obyek gambar
|
Kreatifi-tas
pemilihan model
|
Komposisi
unsur-unsur visual
|
Kesesuaian
teknik dengan alat dan bahan yang digunakan
|
Penyelesaian
akhir (Finishing)
|
|||||||||||||||
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
SKOR
|
KETERANGAN
|
4
|
Sangat baik
|
3
|
Baik
|
2
|
Cukup
|
1
|
kurang
|
Keterangan:
Pedoman penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1
sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan
rumus:
Skor yang diperoleh
= skor akhir
Skor Skor maksimal
Contoh:
Skor diperoleh 14, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan
= 20, maka skor akhir:
Siswa memperoleh nilai :
Sangat baik :
apabila memperoleh skor A – dan A
Baik :
apabila memperoleh skor B - , B, dan B
Cukup :
apabila memperoleh skor C -, C, dan C
Kurang :
apabila memperoleh skor D dan D +
5.
Lembar Instrumen Penilaian Pribadi
P E N I L A I A N P R I B A D I
Nama : fransisca
Kelas : XII MIA
Semester : Ganjil
Waktu Penilaian :
No.
|
Pernyataan Siswa
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Saya belajar dengan
sungguh-sungguh
|
|
|
2
|
Saya aktif dan selalu bertanya
jika ada penjelasan materi yang belum saya mengerti.
|
|
|
3
|
Saya Sering menunda-nunda tugas
yang diberikan guru
|
|
|
6. Lembar
Instrumen Penilaian Antar Teman
P E N I L A I A N A N T A R
T E M A N
Nama :
Kelas
:
Semester :
Waktu Penilaian
:
No.
|
Pernyataan Siswa
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Belajar dengan sungguh-sungguh
|
|
|
2
|
Aktif dan selalu bertanya jika
ada penjelasan materi yang belum saya mengerti.
|
|
|
3
|
Sering menunda-nunda tugas yang
diberikan guru
|
|
|
Drs. Sonny
Juhersoni, M.Pd Drs.
Slamet Priyadi
NIP.
196510061992031003 NIP.
195712091987031006
Tidak ada komentar:
Posting Komentar