Jumat, 30 Agustus 2013

Disain Pembelajaran Seni Budaya ( Seni Musik ) Kelas XI Semester 1 dan 2 TP 2013 - 2014 Oleh Slamet Priyadi

Mata Pelajaran        : Seni Budaya / Musik
Kelas / Semester    : XI IPA - IPS / Ganjil

No
Pertemuan Ke:
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar
Tatap Muka
Penugasan Terstruktur
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur
1
1, 2, 3
1.Mengapresiasi karya seni musik
1.1.Mengidentifikasi fungsi dan latar belakang musik tradisional dalam konteks budaya masyarakat setempat

1, 2, 3 : •Menjelaskan pengertian musik tradisi

Menjelaskan berdasarkan fungsi, aliran,sumber bunyi,dan proses penciptaan jenis-jenis musik tradisi Nusantara

• Diskusi kelompok melalui presentasi power point

•Menyanyikan lagu-lagu tradisi Nusantara .
• Membuat laporan tertulis (karya tulis) tentang musik tradisi Nusantara

No
Pertemuan Ke:
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar
Tatap Muka
Penugasan Terstruktur
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur
2
4, 5, 6
1.Mengapresiasi karya seni musik
1.2.  Mengungkapkan pengalaman  musikal dari hasil pengamatan terhadap
pertunjukan musik tradisional daerah setempat

Ke:  4, 5, 6
MenjelaskanFungsi musik Nusantara sebagai sarana; upacara,hiburan, ekspresi, komunikasi, pengiring tari, sarana ekonomi
Mendeskripsikan nilai-nilai yang terkandung dalam musik
Unsur estetika dan etika musik

• Diskusi kelompok melalui presentasi power point

•Membuat rangkuman materi pembelajaran

•Menyanyikan lagu-lagu Nusantara
   Membuat laporan tertulis (karya tulis) tentang musik tradisi

   Menyusun aransemen salah satu lagu daerah


No
Pertemuan Ke:
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar
Tatap Muka
Penugasan Terstruktur
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur
3
7, 8, 9
 1.Mengapresiasi karya seni musik
1.3.  Menunjukkan  nilai-nilai musikal dari hasil pengala man musikal yang didapat kan melalui pertunjukan musik tradisional setempat
Ke : 7, 8, 9
•Menjelaskan bunyi, pitch, dinamik, timbre
•Menjelaskan teknik vokal, instrumen, paduan instrumen dan vokal
Mendeskripsikan beat, tanda birama dan tempo

• Diskusi kelompok melalui presentasi power point

Tugas perpustakaan

Mengekspresikan lagu-lagu daerah dan modern

•Menyanyikan lagu-lagu daerah yang bertangga nada diatonis dan pentatonis
• Membuat laporan tertulis (karya tulis) tentang musik tradisi  Nusantara

• Kunjungan ke sanggar-sanggar musik tradisi

No
Pertemuan Ke:
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar
Tatap Muka
Penugasan Terstruktur
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur
4
10, 11, 12
2.Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
2.1.Mengembang-
kan gagasan kreatif serta mengaransir lagu dengan beragam teknik, media, dan materi musik / lagu tradisional daerah setempat

Ke : 10, 11, 12
•Mendeskripsikan langkah dalam proses berkarya  musik
Menulis, membaca dan menyanyikan lagu hasil karya cipta sendiri
•Menampilkan  karya  musik tradisi yang telah dibuat aransemennya

• Diskusi kelompok melalui presentasi power point

•Membuat rangkuman materi pembelajaran di perpustakaan

•Menyanyikan lagu-lagu hasil ciptaan dan aransemen sendiri
• Kunjungan ke sanggar musik tradisi

• Membuat laporan tertulis hasil kunjungan ke sanggar

Membuat aransemen lagu hasil karya cipta mandiri


No
Pertemuan Ke:
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar
Tatap Muka
Penugasan Terstruktur
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur
5
13, 14, 15
2.Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
2.2.Menampilkan lagu daerah yang telah diaransir

Ke: 13, 14, 15
a.Menjelaskan pengertian dan tujuan pergelaran musik sebagai media:
aktualisasi diri
Pengembangan bakat
 • Apresiasi
b. Membuat Persiapan:
Menyiapkan lagu
Menyajikan pergelaran musik kelas
• Diskusi kelompok melalui presentasi power point

•Menyanyikan lagu-lagu daerah Jakarta, Jawa, Sumatra, dll
Tugas rumah :
• Menulis salah satu lagu daerah dengan tangga nada: 1kres G=Do

• Menulis lagu daerah ke dalam notasi balok

• Mengulang di rumah untuk berlatih lagu hasil aranse-men sendiri


                                                                                                                                                                     Mengetahui,                                                                                   Jakarta, 15 Juli 2013
 Kepala SMA Negeri 42                                                                Guru mata pelajaran



 Drs. H. Luthfi, MM                                                                       Drs Slamet Priyadi         
 Nip. 195904141990091001                                                         Nip. 195712091987031006 


DESAIN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran        : Seni Budaya / Musik
Kelas / Semester    : XI IPA, IPS / Genap

No
Pertemuan Ke:
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar
Tatap Muka
Penugasan Terstruktur
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur
1
1, 2, 3
1.Mengapresiasi karya seni musik
1.1.Mengidentifikasi fungsi dan latar belakang musik tradisional dalam konteks budaya masyarakat setempat

1, 2, 3 : Menjelaskan sejarah singkat
musik modern Nusantara

•Menjelaskan jenis-jenis musik modern Nusantara

•Menyanyi-kan  lagu-lagu modern Nusantara
• Tanya jawab musik modern Nusantara

• Diskusi kelompok musik modern Nusantara

•Menyanyikan lagu-lagumodern Nusantaral.
• Membuat karya tulis sejarah perkembangan musik modern Nusantara

Membuat kliping lagu-lagu modern Nusantara

No
Pertemuan Ke:
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar
Tatap Muka
Penugasan Terstruktur
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur
2
4, 5, 6
1.Mengapresiasi karya seni musik
1.2.  Mengungkapkan pengalaman  musikal dari hasil pengamatan terhadap
pertunjukan musik tradisional daerah setempat

Ke:  4, 5, 6
• Tanya jawab musik modern Nusantara

• Diskusi kelompok musik modern Nusantara

•Menyanyikan lagu-lagu modern Nusantaral
• Diskusi kelompok melalui presentasi power point

•Membuat rangkuman materi pembelajaran

•Menyanyikan lagu-lagu modern Nusantara
• Membuat karya tulis sejarah perkembangan musik modern Nusantara

Membuat kliping lagu-lagu modern Nusantara

No
Pertemuan Ke:
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar
Tatap Muka
Penugasan Terstruktur
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur
3
7, 8, 9
1.Mengapresiasi karya seni musik
1.3.  Menunjukkan  nilai-nilai musikal dari hasil pengala man musikal yang didapat kan melalui pertunjukan musik non tradisional setempat
Ke : 7, 8, 9
Menjelaskan Fungsi musik mdern Nusantara sebagai sarana; upacara, hiburan, ekspresi, komunikasi, pengiring tari, sarana ekonomi

Mendeskripsikan nilai-nilai yang terkandung dalam musik tradisi Nusantara
Diskusi kelompok melalui presentasi power point

Tugas mengkaji unsur-unsur musik di Perpustakaan

Mengekspresikan lagu-lagu modern Nusantara
•Menyanyikan lagu-lagu modern Nusantara
•Membuat laporan tertulis (karya tulis) tentang musik  modern Nusantara

•Kunjungan ke sanggar-sanggar seni musik


No
Pertemuan Ke:
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar
Tatap Muka
Penugasan Terstruktur
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur
4
10, 11, 12
2.Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
2.1.Mengembang-
kan gagasan kreatif serta mengaransir lagu dengan beragam teknik, media, dan materi musik / lagu non tradisional daerah setempat

Ke : 10, 11, 12

Menulis, membaca dan menyanyikan lagu hasil karya cipta sendiri

•Menampilkan  karya  musik modern yang telah dibuat aransemennya

• Diskusi kelompok melalui presentasi power point

•Membuat rangkuman materi pembelajaran di perpustakaan

•Menyanyikan lagu-lagu hasil ciptaan dan aransemen sendiri
• Membuat laporan tertulis hasil kunjungan ke sanggar

Membuat aransemen lagu hasil karya cipta mandiri


No
Pertemuan Ke:
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar
Tatap Muka
Penugasan Terstruktur
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur
5
13, 14, 15
2.Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
2.2.Menampilkan lagu -lagu modern nusantara yang telah diaransir

Ke: 13, 14, 15
a.Menjelas-kan pengerti-an dan tujuan pergelaran musik sebagai media:
aktualisasi diri
Pengembang-an bakat
•Apresiasi

b.Membuat persiapan:
Menyiapkan lagu yang akan digelar
Menyajikan pergelaran musik kelas
• Diskusi kelompok melalui presentasi power point

•Menyanyikan lagu-lagu daerah Jakarta,
Jawa,
Sumatra,
dan daerah lain
Tugas rumah :

• Menulis lagu daerah ke dalam notasi balok

•Mengulang di rumah untuk berlatih lagu hasil aransemen sendiri


                                                                                                                                             Mengetahui,                                                                                   Jakarta, 15 Juli 2013 
Kepala SMA Negeri 42                                                                Guru mata pelajaran



Drs. H. Luthfi, MM                                                                             Drs Slamet Priyadi         
Nip. 195904141990091001                                                       Nip. 195712091987031006 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar