NAMA SEKOLAH : SMA Negeri 42
MATA PELAJARAN
: Seni Budaya / Seni musik
KELAS / SEMESTER
: XI / Semester 1
TAHUN PELAJARAN :
2013 - 2014
NAMA GURU : Drs Slamet Priyadi
STANDAR KOMPETENSI : 1.
Mengapresiasi karya seni musik
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
pencapaian kompetensi
|
Penilaian/Tagihan
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
belajar
|
Pendidikan
karakter bangsa
|
||
Tatap Muka
|
Tugas Terstruktur
|
Tugas Tidak Terstruktur
|
||||||||
1.1
|
Mengidentifikasi fungsi dan latar
belakang musik tradisional dalam konteks budaya masyarakat setempat
|
1.Musik Tradisi
dan Musik Modern:
•Pengertian
musik tradisi
•Jenis-jenis musik tradisi Nusantara
•
Sejarah Musik tradisi Nusantara
• lagu
dan instrumen musik tradisi Nusantara
|
TM ke:
1,2,3
•Menjelaskan pengertian musik tradisi Nusantara.
•Menjelaskan
berdasarkan fungsi,aliran,sumber bunyi,dan proses penciptaan jenis-jenis
musik tradisi Nusantara
|
•Diskusi kelompok melalui presentasi
power point
•Menyanyikan lagu-lagu modern Nusantara
|
•Membuat laporan tertulis (karya
tulis) tentang musik modern Nusantara
|
Setelah melalui proses pembelaja-ran,siswa mampu:
• Menjelaskan pengertian musik tradisi dan musik modern Nusantara
• Menjelaskan
berdasarkan fungsi, aliran, sumber bunyi, proses penciptaan musik modern
Nusantara
•Menyanyikan
lagu-lagu modern Nusantara
|
• Tagihan Kognitif (Essay)
• Tagihan Psikomotorik (Praktik)
• Tagihan Afektif (Sikap)
|
3 X 90 = 270 menit
|
•M.Soeharto.2000,Belajar NotasiBalog,Jakarta:Gramedi
Pustaka.
•Matius Ali.2006, Seni Musik SMA 1. Jakarta: Erlangga.
• Hartaris Andiyaningtyas.2006,Seni
Musik SMA.
Jakarta: Erlangga.
|
•Mengembang
kan sikap apresiatif, dan
cinta tanah air
|
No
|
Kompe tensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator pencapaian kompetensi
|
Penilaian/Tagihan
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
Pendidikan karakter
bangsa
|
||
Tatap
Muka
|
Tugas
terstruktur
|
Tugas
tidak terstruktur
|
||||||||
1.2
|
Mengungkapkan pengalaman musikal dari hasil pengamatan
terhadap
pertunjukan
musik tradisional daerah setempat
|
2.Tanggapan terhadap karya musik:
• Fungsi
musik Nusantara
•
Nilai-nilai yang terkandung dalam musik tradisi Nusantara
• Unsur estetika dan etika musik
|
TM ke: 1,2,3
•Menjelaskan Fungsi musik Nusantara sebagai sarana;
upacara, hiburan, ekspresi, komunikasi, pengiring tari, sarana ekonomi
•Mendeskripsikan nilai-nilai yang terkandung dalam musik
tradisi Nusantara
•Unsur estetika dan etika musik
|
• Diskusi
kelompok melalui presentasi power point
•Membuat
rangkuman materi pembelajaran
•Menyanyikan
lagu-lagu daerah dan lagu modern
Nusantara
|
Membuat
laporan tertulis (karya tulis) tentang musik tradisi Nusantara
•Membuat aransemen
salah satu lagu daerah dan modern Nusantara
|
Setelah melalui proses pembelajaran,siswa mampu:
•
Menjelaskan fungsi musik,
nilai-nilai yang terkandung dalam musik tradisi
•Mendeskripsikan unsur
estetika dan etika musik
•Mengapresiasi karya musik tradisi dan musik modern
Nusantara
|
• Tagihan
Kognitif (Essay)
• Tagihan
Psikomoto-rik (Praktik)
• Tagihan
Afektif (Sikap)
|
3 X 90 =
270 menit
|
•M.Soeharto, 2000, Belajar
Notasi Balok,Jakarta:Gramedia Pustaka.
•Matius
Ali.2006, Seni Musik SMA 1.
Jakarta: Erlangga.
• Hartaris Andiyaningtyas.2006,Seni Musik SMA.
Jakarta:
Erlangga.
|
•Mengembang-
kan sikap
apresiatif,
kreatif,
dan cinta tanah air
|
No
|
Kompe tensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator pencapaian kompetensi
|
Penilaian/Tagihan
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
Pendidikan karakter
bangsa
|
||
Tatap
Muka
|
Tugas
terstruktur
|
Tugas
tidak terstruktur
|
||||||||
1.3
|
Menunjukkan nilai-nilai musikal dari hasil pengalaman musikal yang didapatkan melalui pertunjukan
musik tradisional setempat
|
1. Elemen Musik
• Bunyi (pitch, dinamik, timbre)
• Media (vokal, instrumen, kombinasi vokal dan
instrumen)
• Ritme (beat, tanda birama,tempo)
|
TM ke: 1,2,3
•Menjelaskan
bunyi, pitch, dinamik, timbre
•Menjelaskan
teknik vokal, instrumen, paduan
instrumen dan vokal
•Mendeskripsikan beat, tanda birama dan tempo
|
•Diskusi kelompok melalui presentasi power point
•Perpustakaan
•Mengekspresikan lagu-lagu daerah dan modern
•Menyanyikan
lagu-lagu daerah yang bertangga nada
diatonis dan pentatonis
|
•Membuat laporan tertulis (karya tulis) tentang musik
tradisi Nusantara
•Kunjungan
ke sanggar musik
|
Setelah melalui proses pembelajaran,siswa mampu:
• Menjelaskan pitch,
dinamik,dan timbre
•Menunjukkan jenis-jenis instrumen musik
•mendemonstrasikan beat, birama, dan tempo dalam musik.
•Menampilkan
lagu-lagu tradisi Nusantara.
|
• Tagihan
Kognitif (Essay)
• Tagihan
Psikomotorik (Praktik)
• Tagihan
Afektif (Sikap)
|
3 X 90 =
270 menit
|
•M.Soeharto, 2000, Belajar
Notasi Balok,Jakarta: Gramedia Pustaka.
•Matius
Ali.2006, Seni Musik SMA 1.
Jakarta: Erlangga.
• Hartaris Andiyaningtyas.2006, Seni Musik SMA.
Jakarta:
Erlangga.
|
•Mengembang
kan sikap apresiatif,
kreatif,
dan
cinta
tanah air
|
No
|
Kompe tensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator pencapaian kompetensi
|
Penilaian/Tagihan
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
Pendidikan karakter
bangsa
|
||
Tatap
Muka
|
Tugas
terstruktur
|
Tugas
tidak terstruktur
|
||||||||
2.1
|
Mengembangkan
gagasan kreatif serta meng-aransir lagu dengan beragam teknik, media, dan
materi musik / lagu tradisional daerah setempat
|
2. Kreasi
Musik
I.
Proses berkarya musik:
a. Teknik berkarya musik:
• Syair lagu
• Melodi lagu (teknik repetisi, variasi, kontras)
b.Prosedur berkarya musik:
•Menciptakan melodi lagu (frase beraturan, tidak beraturan, dan frase sejajar)
• Mencipta lirik lagu
|
TM ke: 1,2,3
•Mendeskripsikan
langkah dalam proses berkarya musik
•Menjelaskan langkah-langkah menyusun aransemen
•Menampilkan
karya musik tradisi dan
modern
•Menulis, membaca dan menyanyikan lagu hasil karya cipta
sendiri
|
Diskusi
kelompok melalui presentasi power point
•Membuat
rangkuman materi pembelajaran diperpustakaan
•Menyanyikan
lagulagu hasil ciptaan dan aransemen sendiri
|
•Kunjungan
ke sanggar music tradisi
•Membuat laporan tertulis hasil kunjungan ke sanggar
•Membuat aransemen lagu hasil karya cipta mandiri
|
Setelah melalui proses pembelajaran,siswa mampu:
•Mendeskripsikan
langkah mencipta karya musik
•
Menjelaskan langkah menyusun aransemen
•
Menampilkan lagu-lagu tradisi dan
modern hasil karya cipta dan aransemen
sendiri
|
• Tagihan
Kognitif (Essay)
• Tagihan
Psikomotorik (Praktik)
• Tagihan
Afektif (Sikap)
|
3 X 90 =
270 menit
|
•M.Soe-harto, 2000, Belajar
Notasi Balok,Jakarta:Gramedia Pustaka.
•Matius
Ali.2006, Seni Musik SMA 1.
Jakarta: Erlangga.
• Hartaris Andiyaningtyas.2006,Seni Musik SMA.
Jakarta:
Erlangga.
|
•Mengembang
kan sikap
apresiatif,
kreatif,
dan
cinta
tanah air
|
No
|
Kompe tensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator pencapaian kompetensi
|
Penilaian/Tagihan
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
Pendidikan karakter
bangsa
|
||
Tatap
Muka
|
Tugas
terstruktur
|
Tugas
tidak ter-struktur
|
||||||||
2.2
|
Menyiapkan
pertunjukan musik tradisional dan non tradisional di sekolah
|
5.Pergelaran
Musik:
a.Pengertian dan tujuan
pergelaran musik
b. Membuat persiapan
c. Membuat pergelaran musik
|
TM ke: 1,2,3
a.Menjelaskan
pengertian dan tujuan pergelaran musik sebagai media:
•aktualisasi
diri
•Pengembangan bakat
•Apresiasi
b.Membuat
persiapan:
•Menyiapkan lagu
•Menyajikan pergelaran musik kelas
|
• Diskusi
kelompok melalui presentasi power point
•Menyanyikan
lagu-lagu daerah Jakarta,Jawa,Sumatra,
dll
|
Tugas rumah :
• Menulis
salah satu lagu daerah dengan tangga nada: 1kres G=Do
• Menulis
lagu daerah ke dalam notasi balok
•Mengulang
di rumah untuk berlatih lagu hasil aranse-men sendiri
|
Setelah melalui proses pembelajar-an,siswa Mampu :
•Menjelaskan pengertian dan tujuan pergelaran musik
• Menyusun konsep pergelaran musik
•Menyiapkan pergelaran musik
• Menggelar pertunjukan musik
|
• Tagihan
Kognitif (Essay)
• Tagihan
Psikomotorik (Praktik)
• Tagihan
Afektif (Sikap)
|
3 X 90 =
270 menit
|
•M.Soe-harto, 2000, Belajar
Notasi Balok,Jakarta:Gramedia Pustaka.
•Matius
Ali.2006, Seni Musik SMA 1.
Jakarta: Erlangga.
• Hartaris Andiyaningtyas.2006,Seni Musik SMA.
Jakarta:
Erlangga.
|
•Mengembang-
kan sikap
apresiatif,
kreatif,
dan
cinta tanah air
|
Mengetahui Jakarta,
15 Juli 2013
Kepala SMA
Negeri 42
Guru mata elajaran
Drs. H. Luthfi, MM
Drs.
Slamet Priyadi
Nip. 195904141990091001
Nip.
195712091987031006
Permisi, gabungan seni rupa, musik, akan menjadi media tersendiri (multimedia), kunjungi http://pcahyono.blogspot.com/
BalasHapus