Blog Slamet Priyadi - Rabu, 14 Agustus 2013 - 11:02 WIB - Elemen
yang paling penting dan mendasar dalam sistem pendidikan dan pengajaran di
sekolah adalah guru, sebab guru merupakan
prajurit utama di lapangan yang berperan sebagai ujung tombak berhadapan langsung dengan murid di kelas. Sikap guru di kelas yang penuh perhatian,
akrab dan tidak diskriminatif terhadap siswa bisa memberi dorongan semangat dan
motivasi belajar siswa. Hal ini sebagaimana dinyatakan Jamaludin, “Rasa hormat dan penuh kasih sayang yang ditunjukkan oleh seorang guru
merupakan syarat utama kesuksesan siswa” [Pembelajaran Yang Efektif, hal.
36]. Apabila proses pembelajaran di
kelas yang dilakukan oleh guru mampu memenuhi kebutuhan-kebutuhan emosional
siswa, ada dialog secara interaktif dan komunikatif besar kemungkinan proses
pembelajaran akan berjalan lancar sesuai dengan tujuan pembelajaran yang
ditetapkan.
B Berkait dengan hal
tersebut di atas seyogyanya guru dalam mengajar di kelas harus:
1. Sesering mungkin memberikan pertanyaan-pertanyaan yang
mengundang respon siswa terkait dengan materi pokok bahasan.
2. Menjaga agar pembelajaran fokus pada materi yang telah
ditetapkan tidak melantur kemana-mana. Subyek materi yang beragam membuat
suasana menjadi tidak focus dan tidak efektif.
3.
Menjaga agar kelas dan siswa terkonsentrasi pada orientasi
belajar.
4. Menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, inovatif,
kreatif, efektif sehingga siswa dapat leluasa bertanya dan mengungkapkan
pikiran dan perasaannya tanpa rasa takut sedikitpun.
5. Menguasai materi pokok bahasan dengan baik dan kompeten.
Artinya, bisa dipertanggungjawabkan
secara profesional baik persiapannya, penguasaan diri dalam menyampaikan
materi, penyampaian metode pembelajaran yang tepat maupun kemampuan dalam
menjawab semua pertanyaan-pertanyaan yang diajukan siswa.
Sikap
dan prilaku guru yang penuh cinta, bersedia mendengarkan apa yang disampaikan,
memberikan kepercayaan kepada siswa, dan tidak mendominasi jalannya proses
pembelajaran, juga merupakan faktor penting yang sangat menentukan dalam
menciptakan dan membangun suasana belajar yang kondusif yang sudah barang tentu
menentukan keberhasilan guru dalam mengajar. Keberhasilan guru
dalam mengajar, memiliki arti guru berhasil dalam meningkatkan prestasi belajar
siswa. [SP091257]
Penulis:
Slamet Priyadi Pangarakan, Bogor
Tidak ada komentar:
Posting Komentar