Minggu, 25 Agustus 2013

Silabus Seni Musik Kelas XI Semester 2 KTSP Disusun Oleh Slamet Priyadi

Belajar membaca notasi musik

NAMA SEKOLAH                :   SMA Negeri 42
MATA PELAJARAN            :   Seni Budaya / Seni musik
KELAS / SEMESTER           :   XI / Semester 2
TAHUN PELAJARAN          :   2013 - 2014
NAMA GURU                        :   Drs Slamet Priyadi
STANDAR KOMPETENSI  :   1. Mengapresiasi karya seni  musik
                                                     2. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

No
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator pencapaian kompetensi
Penilaian/Tagihan
Aloka-si waktu
Sumber belajar
Pendidikan karakter bangsa
Tatap Muka
Tugas terstruktur
Tugas tidak terstruktur
1.1
Mengidentifikasi fungsi dan latar belakang musik non tradisional dalam konteks budaya masyarakat setempat

1.Musik modern

Pengertian musik modern

Jenis-jenis musik modern Nusantara
 
Sejarah Musik  Modern Nusantara

lagu dan instrumen musik modern Nusantara

TM ke: 1,2,3

•Menjelaskan pengertian musik modern
Menjelaskan berdasarkan fungsi, aliran,sumber bunyi,dan proses pencipta-an jenis-jenis musik modern Nusantara

• Diskusi kelompok melalui presentasi power point

•Menyanyikan lagu-lagu modern Nusantara
•Membuat laporan tertulis (karya tulis) tentang musik modern Nusantara
Setelah  melalui proses pembelajaran,siswa mampu:

• Menjelaskan pengertian musik modern Nusantara

Menjelaskan berdasarkan fungsi, aliran, sumber bunyi, proses penciptaan musik modern Nusantara

Menyanyikan lagu-lagu modern Nusantara
• Tagihan Kognitif (Essay)

• Tagihan Psikomotorik (Praktik)

• Tagihan Afektif (Sikap)
3 X 90 = 270 menit
•M.Soeharto.
2000, Belajar Notasi
Balog,Jakarta:Gramedia Pustaka.
•Matius Ali.2006, Seni Musik SMA 1. Jakarta: Erlangga.
Hartaris Andiyaningtyas.2006,Seni Musik SMA.
Jakarta: Erlangga.
•Mengembang
kan sikap apresiatif,
cinta tanah air

No
Kompe tensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator pencapaian kompetensi
Penilaian/Tagihan
Alokasi waktu
Sumber belajar
Pendidikan karakter bangsa
Tatap Muka
Tugas terstruktur
Tugas tidak terstruktur
1.2
Mengungkapkan pengalaman musikal dari hasil pengamatan terhadap
pertunjukan musik non tradisional daerah setempat

2.Tanggapan terhadap karya musik:

Peran dan Fungsi musik

Nilai-nilai yang terkandung dalam musik modern Nusantara

TM ke: 1,2,3

Menjelaskan Fungsi musik mdern Nusanta-ra sebagai sarana; upacara, hiburan, ekspresi, komunikasi, pengiring tari, sarana ekonomi

Mendeskripsikan nilai-nilai yang terkandung dalam musik tradisi Nusantara

Unsur estetika dan etika musik

• Diskusi kelompok melalui presentasi power point

•Membuat rangkuman materi pembelajaran yang telah diajarkan

•Menyanyikan lagu-lagu modern Nusantara
Membuat laporan tertulis (karya tulis) musik modern Nusantara

•Mem-buat aranse-men salah satu lagu modern Nusanta-ra

Setelah  melalui proses pembelajaran,
siswa mampu:

• Menjelaskan fungsi musik, nilai-nilai yang terkandung dalam musik modern

Mengapresiasi karya musik modern Nusantara
• Tagihan Kognitif (Essay)

• Tagihan Psikomoto-rik (Praktik)

• Tagihan Afektif (Sikap)
3 X 90 = 270 menit
•M.Soe-harto, 2000, Belajar Notasi Balok,Jakarta:Gramedia Pustaka.

•Matius Ali.2006, Seni Musik SMA 1. Jakarta: Erlangga.

Hartaris Andiyaningtyas.2006,Seni Musik SMA.
Jakarta: Erlangga.
Mengem-
bangkan sikap apresiatif,
kreatif, dan cinta tanah air

No
Kompe tensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator pencapaian kompetensi
Penilaian/Tagihan
Alokasi waktu
Sumber belajar
Pendidikan karakter bangsa
Tatap Muka
Tugas terstruktur
Tugas tidak terstruktur
1.3
Menunjukkan  nilai-nilai musikal dari hasil pengalaman musikal yang didapatkan melalui pertunjukan musik non tradisional setempat

3.Unsur-Unsur Musik:

Bunyi (pitch, dinamik, timbre)

Media (vokal, instrumen, kombinasi vokal dan instrumen)

Ritme (beat, tanda birama,tempo)


TM ke: 1,2,3

•Menjelaskan bunyi, pitch, dinamik, timbre

•Menjelaskan teknik vokal, instrumen, paduan instru-men dan vokal

Mendeskripsikan beat, tanda birama dan tempo
Diskusi kelompok melalui presentasi power point

Tugas mengkaji unsur-unsur musik di Perpustakaan

Meng-ekspresikan lagu-lagu daerah  modern

•Menyanyikan lagu-lagu modern
•Membuat laporan tertulis (karya tulis) tentang musik  modern Nusantara

•Kunjungan ke sanggar-sanggar seni musik

Setelah  melalui proses pembelajaran,
siswa mampu:

• Menjelaskan pitch, dinamik,dan timbre

Menunjukkan jenis-jenis instrumen musik

mendemons-trasikan beat, birama, dan tempo dalam musik.

•Menampil-kan lagu-lagu modern nada diatonis dan pentatonis.
• Tagihan Kognitif (Essay)

• Tagihan Psikomotorik (Praktik)

• Tagihan Afektif (Sikap)
3 X 90 = 270 menit
•M.Soeharto. 2000, Belajar Notasi Balok,Jakarta:
Gramedia Pustaka.

•Matius Ali.2006, Seni Musik SMA 1. Jakarta: Erlangga.

Hartaris Andiyaningtyas.2006, 
Seni Musik SMA.
Jakarta: Erlangga.
Mengembangkan sikap apresiatif,
kreatif, dan
cinta tanah air

No
Kompe tensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator pencapaian kompetensi
Penilaan/Tagihan
Alokasi waktu
Sumber belajar
Pendidikan karakter bangsa
Tatap Muka
Tugas terstruktur
Tugas tidak terstruktur
2.1
Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir lagu dengan beragam teknik, media, dan materi musik / lagu non tradisional
4.Kreasi Musik:

I.   Proses berkarya musik:
a. Teknik berkarya musik:
Syair lagu
Melodi lagu (teknik repetisi, variasi, kontras)

b.Prosedur berkarya musik:
Mencipta-kan melodi lagu (frase beraturan, tidak beraturan, dan frase sejajar)
Mencipta lirik lagu

TM ke: 1,2,3
•Mendeskripsikan langkah dalam proses berkarya  musik
•Menjelaskan  langkah-langkah menyusun aransemen musik
•Menampilkan  karya  musik modern
Menulis, membaca dan menyanyikan lagu hasil karya cipta sendiri

Diskusi kelompok melalui presentasi power point

•Membuat rangkuman materi pembelaja-ran di perpustakaan

•Menyanyikan lagu-lagu hasil ciptaan dan aransemen sendiri
•Kunjungan ke sanggar musik

•Membuat laporan tertulis hasil kunjungan ke sanggar

Membuat aransemen lagu hasil karya cipta mandiri

Setelah  melalui proses pembelajaran,
siswa mampu:

•Mendeskripsikan langkah mencipta karya musik

• Menjelaskan langkah menyusun aransemen musik

•Menampilkan lagu-lagu  modern hasil karya cipta dengan  aransemen sendiri

• Tagihan Kognitif (Essay)

• Tagihan Psikomo-torik (Praktik)

• Tagihan Afektif (Sikap)
3 X 90 = 270 menit
•M.Soeharto, 2000, Belajar Notasi Balok,Jakarta:
Gramedia Pustaka.

•Matius Ali.2006, 
Seni Musik SMA 1. Jakarta: Erlangga.

Hartaris Andiyaningtyas.2006, 
Seni Musik SMA.
Jakarta: Erlangga.
•Mengembang-
kan sikap apresiatif,
kreatif, dan
cinta tanah air

No
Kompe tensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator pencapaian kompetensi
Penilaan/Tagihan
Alokasi waktu
Sumber belajar
Pendidikan karakter bangsa
Tatap Muka
Tugas terstruktur
Tugas tidak tstruktur
2.2
Pergelaran musik

5.Pergelaran Musik:

a.Pengertian dan tujuan pergelaran musik

b. Membuat persiapan

cMenyelenggarakan pergelaran musik
TM ke: 1,2,3

a.Menjelaskan pengertian dan tujuan pergelaran musik sebagai media:
aktualisasi diri
Pengembangan bakat
•Apresiasi
b.Membuat persiapan:
Menyiapkan lagu
Menyajikan pergelaran musik kelas
• Diskusi kelompok melalui presentasi power point

•Menyanyikan lagu-lagu daerah Jakarta,
Jawa,
Sumatra,
Dan daerah lain
Tugas
 rumah :

• Menulis salah satu lagu daerah dengan tangga nada: 1kres G=Do

• Menulis lagu daerah ke dalam notasi balok

•Mengulang di rumah untuk berlatih lagu hasil aransemen sendiri

Setelah  melalui proses pembelajaran
siswa Mampu :

Menjelaskan pengertian dan tujuan pergelaran musik

Menyusun konsep pergelaran musik

Menyiapkan pergelaran musik

Menggelar pertunjukan musik


• Tagihan Kognitif (Essay)

• Tagihan Psikomotorik (Praktik)

• Tagihan Afektif (Sikap)
3 X 90 = 270 menit
•M.Soeharto, 2000, Belajar Notasi Balok,Jakarta:
Gramedia Pustaka.

•Matius Ali.2006, Seni Musik SMA 1. Jakarta: Erlangga.

Hartaris Andiyaningtyas.2006,
Seni Musik SMA.
Jakarta: Erlangga.
•Mengem
bangkan sikap apresiatif,
kreatif, dan
cinta tanah air

        Mengetahui                                                                                             Jakarta, 15 Juli 2013
        Kepala SMA Negeri 42                                                                          Guru mata elajaran



        Drs. H. Luthfi, MM                                                                               Drs. Slamet Priyadi
        Nip. 195904141990091001                                                                    Nip.195712091987031006


Tidak ada komentar:

Posting Komentar