Belajar membaca notasi musik |
NAMA SEKOLAH : SMA Negeri 42
MATA PELAJARAN
: Seni Budaya / Seni musik
KELAS / SEMESTER
: XI / Semester 2
TAHUN PELAJARAN :
2013 - 2014
NAMA GURU : Drs Slamet Priyadi
STANDAR KOMPETENSI : 1.
Mengapresiasi karya seni musik
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
pencapaian kompetensi
|
Penilaian/Tagihan
|
Aloka-si
waktu
|
Sumber
belajar
|
Pendidikan
karakter bangsa
|
||
Tatap Muka
|
Tugas terstruktur
|
Tugas tidak terstruktur
|
||||||||
1.1
|
Mengidentifikasi fungsi dan latar
belakang musik non tradisional
dalam konteks budaya masyarakat setempat
|
1.Musik modern
• Pengertian
musik modern
• Jenis-jenis
musik modern Nusantara
•
Sejarah Musik Modern
Nusantara
•
lagu dan instrumen musik modern Nusantara
|
TM ke:
1,2,3
•Menjelaskan pengertian musik
modern
•Menjelaskan
berdasarkan fungsi, aliran,sumber bunyi,dan proses pencipta-an jenis-jenis
musik modern Nusantara
|
• Diskusi kelompok melalui
presentasi power point
•Menyanyikan lagu-lagu modern Nusantara
|
•Membuat
laporan tertulis (karya tulis) tentang musik modern
Nusantara
|
Setelah melalui proses pembelajaran,siswa mampu:
• Menjelaskan pengertian musik modern Nusantara
• Menjelaskan
berdasarkan fungsi, aliran, sumber bunyi, proses penciptaan musik modern
Nusantara
•Menyanyikan
lagu-lagu modern Nusantara
|
• Tagihan Kognitif (Essay)
• Tagihan Psikomotorik (Praktik)
• Tagihan Afektif (Sikap)
|
3 X 90 = 270 menit
|
•M.Soeharto.
2000, Belajar
Notasi
Balog,Jakarta:Gramedia Pustaka.
•Matius Ali.2006, Seni Musik SMA 1. Jakarta: Erlangga.
• Hartaris Andiyaningtyas.2006,Seni
Musik SMA.
Jakarta: Erlangga.
|
•Mengembang
kan sikap apresiatif,
cinta tanah air
|
No
|
Kompe tensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator pencapaian kompetensi
|
Penilaian/Tagihan
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
Pendidikan
karakter bangsa
|
||
Tatap
Muka
|
Tugas
terstruktur
|
Tugas
tidak terstruktur
|
||||||||
1.2
|
Mengungkapkan pengalaman musikal dari hasil pengamatan
terhadap
pertunjukan
musik non tradisional daerah setempat
|
2.Tanggapan terhadap karya musik:
•
Peran dan Fungsi musik
•
Nilai-nilai yang terkandung dalam musik modern Nusantara
|
TM ke: 1,2,3
•Menjelaskan Fungsi musik mdern Nusanta-ra sebagai sarana;
upacara, hiburan, ekspresi, komunikasi, pengiring tari, sarana ekonomi
•Mendeskripsikan nilai-nilai yang terkandung dalam musik
tradisi Nusantara
•Unsur estetika dan etika musik
|
• Diskusi
kelompok melalui presentasi power point
•Membuat
rangkuman materi pembelajaran yang telah diajarkan
•Menyanyikan
lagu-lagu modern
Nusantara
|
Membuat
laporan tertulis (karya tulis) musik modern
Nusantara
•Mem-buat aranse-men salah
satu lagu modern Nusanta-ra
|
Setelah melalui proses pembelajaran,
siswa mampu:
•
Menjelaskan fungsi musik,
nilai-nilai yang terkandung dalam musik modern
•Mengapresiasi karya musik modern Nusantara
|
• Tagihan
Kognitif (Essay)
• Tagihan
Psikomoto-rik (Praktik)
• Tagihan
Afektif (Sikap)
|
3 X 90 =
270 menit
|
•M.Soe-harto, 2000, Belajar
Notasi Balok,Jakarta:Gramedia Pustaka.
•Matius
Ali.2006, Seni Musik SMA 1.
Jakarta: Erlangga.
• Hartaris Andiyaningtyas.2006,Seni Musik SMA.
Jakarta:
Erlangga.
|
•Mengem-
bangkan sikap apresiatif,
kreatif,
dan cinta tanah air
|
No
|
Kompe tensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator pencapaian kompetensi
|
Penilaian/Tagihan
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
Pendidikan
karakter bangsa
|
||
Tatap
Muka
|
Tugas
terstruktur
|
Tugas
tidak terstruktur
|
||||||||
1.3
|
Menunjukkan nilai-nilai musikal dari hasil pengalaman musikal yang didapatkan melalui pertunjukan
musik non tradisional setempat
|
3.Unsur-Unsur Musik:
• Bunyi (pitch, dinamik, timbre)
• Media (vokal, instrumen, kombinasi vokal dan
instrumen)
• Ritme (beat, tanda birama,tempo)
|
TM ke: 1,2,3
•Menjelaskan bunyi,
pitch, dinamik, timbre
•Menjelaskan
teknik vokal, instrumen, paduan
instru-men dan vokal
•Mendeskripsikan beat, tanda birama dan tempo
|
•Diskusi kelompok melalui presentasi power point
•Tugas mengkaji unsur-unsur musik di Perpustakaan
•Meng-ekspresikan lagu-lagu daerah modern
•Menyanyikan lagu-lagu
modern
|
•Membuat laporan tertulis (karya tulis) tentang musik modern
Nusantara
•Kunjungan
ke sanggar-sanggar seni musik
|
Setelah melalui proses pembelajaran,
siswa mampu:
• Menjelaskan pitch,
dinamik,dan timbre
•Menunjukkan jenis-jenis instrumen musik
•mendemons-trasikan beat, birama, dan tempo dalam musik.
•Menampil-kan lagu-lagu modern nada diatonis dan pentatonis.
|
• Tagihan
Kognitif (Essay)
• Tagihan
Psikomotorik (Praktik)
• Tagihan
Afektif (Sikap)
|
3 X 90 =
270 menit
|
•M.Soeharto. 2000, Belajar Notasi
Balok,Jakarta:
Gramedia Pustaka.
•Matius
Ali.2006, Seni Musik SMA 1.
Jakarta: Erlangga.
• Hartaris Andiyaningtyas.2006,
Seni Musik SMA.
Jakarta:
Erlangga.
|
•Mengembangkan sikap apresiatif,
kreatif,
dan
cinta
tanah air
|
No
|
Kompe tensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator pencapaian kompetensi
|
Penilaan/Tagihan
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
Pendidikan
karakter bangsa
|
||
Tatap
Muka
|
Tugas
terstruktur
|
Tugas
tidak terstruktur
|
||||||||
2.1
|
Mengembangkan
gagasan kreatif serta mengaransir lagu dengan beragam teknik, media, dan
materi musik / lagu non tradisional
|
4.Kreasi
Musik:
I.
Proses berkarya musik:
a. Teknik berkarya musik:
• Syair lagu
• Melodi lagu (teknik repetisi, variasi, kontras)
b.Prosedur berkarya musik:
•Mencipta-kan melodi lagu (frase beraturan, tidak beraturan, dan frase sejajar)
• Mencipta lirik lagu
|
TM ke: 1,2,3
•Mendeskripsikan
langkah dalam proses berkarya musik
•Menjelaskan
langkah-langkah menyusun aransemen musik
•Menampilkan
karya musik modern
•Menulis, membaca dan menyanyikan lagu hasil karya cipta
sendiri
|
Diskusi
kelompok melalui presentasi power point
•Membuat
rangkuman materi pembelaja-ran di
perpustakaan
•Menyanyikan
lagu-lagu hasil ciptaan dan aransemen sendiri
|
•Kunjungan
ke sanggar musik
•Membuat laporan tertulis hasil kunjungan ke sanggar
•Membuat aransemen lagu hasil karya cipta mandiri
|
Setelah melalui proses pembelajaran,
siswa mampu:
•Mendeskripsikan
langkah mencipta karya musik
•
Menjelaskan langkah menyusun aransemen
musik
•Menampilkan lagu-lagu modern hasil karya cipta dengan aransemen
sendiri
|
• Tagihan
Kognitif (Essay)
• Tagihan
Psikomo-torik (Praktik)
• Tagihan
Afektif (Sikap)
|
3 X 90 =
270 menit
|
•M.Soeharto, 2000, Belajar
Notasi Balok,Jakarta:
Gramedia Pustaka.
•Matius
Ali.2006,
Seni Musik SMA 1. Jakarta: Erlangga.
• Hartaris Andiyaningtyas.2006,
Seni Musik SMA.
Jakarta:
Erlangga.
|
•Mengembang-
kan sikap
apresiatif,
kreatif,
dan
cinta
tanah air
|
No
|
Kompe tensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator pencapaian kompetensi
|
Penilaan/Tagihan
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
Pendidikan
karakter bangsa
|
||
Tatap
Muka
|
Tugas
terstruktur
|
Tugas
tidak tstruktur
|
||||||||
2.2
|
Pergelaran
musik
|
5.Pergelaran
Musik:
a.Pengertian dan tujuan
pergelaran musik
b. Membuat persiapan
cMenyelenggarakan pergelaran
musik
|
TM ke: 1,2,3
a.Menjelaskan
pengertian dan tujuan pergelaran musik sebagai media:
•aktualisasi
diri
•Pengembangan bakat
•Apresiasi
b.Membuat
persiapan:
•Menyiapkan lagu
•Menyajikan pergelaran musik kelas
|
• Diskusi
kelompok melalui presentasi power point
•Menyanyikan
lagu-lagu daerah Jakarta,
Jawa,
Sumatra,
Dan daerah lain
|
Tugas
rumah :
• Menulis
salah satu lagu daerah dengan tangga nada: 1kres G=Do
• Menulis
lagu daerah ke dalam notasi balok
•Mengulang di rumah untuk berlatih lagu hasil aransemen
sendiri
|
Setelah melalui proses pembelajaran
siswa Mampu :
•Menjelaskan pengertian dan tujuan pergelaran musik
• Menyusun konsep pergelaran musik
•Menyiapkan pergelaran musik
• Menggelar pertunjukan musik
|
• Tagihan
Kognitif (Essay)
• Tagihan
Psikomotorik (Praktik)
• Tagihan
Afektif (Sikap)
|
3 X 90 =
270 menit
|
•M.Soeharto, 2000, Belajar
Notasi Balok,Jakarta:
Gramedia Pustaka.
•Matius
Ali.2006, Seni Musik SMA 1.
Jakarta: Erlangga.
• Hartaris Andiyaningtyas.2006,
Seni Musik SMA.
Jakarta:
Erlangga.
|
•Mengem
bangkan sikap apresiatif,
kreatif,
dan
cinta tanah air
|
Mengetahui Jakarta, 15 Juli 2013
Kepala SMA
Negeri 42
Guru mata elajaran
Drs. H. Luthfi, MM
Drs. Slamet Priyadi
Nip. 195904141990091001
Nip.195712091987031006
Tidak ada komentar:
Posting Komentar