Sabtu, 24 Agustus 2013

Silabus Seni Musik Kelas XI Semester 1 KTSP Disusun Oleh Slamet Priyadi



NAMA SEKOLAH                :   SMA Negeri 42
MATA PELAJARAN            :   Seni Budaya / Seni musik
KELAS / SEMESTER           :   XI / Semester 1
TAHUN PELAJARAN          :   2013 - 2014
NAMA GURU                        :   Drs Slamet Priyadi
STANDAR KOMPETENSI  :   1. Mengapresiasi karya seni musik
                                                     2. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

No
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator pencapaian kompetensi
Penilaian/Tagihan
Alokasi waktu
Sumber belajar
Pendidikan karakter bangsa
Tatap Muka
Tugas Terstruktur
Tugas Tidak Terstruktur
1.1
Mengidentifikasi fungsi dan latar belakang musik tradisional dalam konteks budaya masyarakat setempat

1.Musik Tradisi dan Musik Modern:
Pengertian musik tradisi
Jenis-jenis   musik tradisi Nusantara  
Sejarah Musik tradisi Nusantara
lagu dan instrumen musik tradisi Nusantara

TM ke: 1,2,3
•Menjelaskan pengertian musik tradisi Nusantara.
Menjelaskan berdasarkan fungsi,aliran,sumber bunyi,dan proses penciptaan jenis-jenis musik tradisi Nusantara
•Diskusi kelompok melalui presentasi power point

•Menyanyikan lagu-lagu modern Nusantara
•Membuat laporan tertulis (karya tulis) tentang musik modern Nusantara
Setelah  melalui proses pembelaja-ran,siswa mampu:
• Menjelaskan pengertian musik tradisi dan musik modern Nusantara
Menjelaskan berdasarkan fungsi, aliran, sumber bunyi, proses penciptaan musik modern Nusantara
Menyanyikan lagu-lagu modern Nusantara
• Tagihan Kognitif (Essay)
• Tagihan Psikomotorik (Praktik)
• Tagihan Afektif (Sikap)
3 X 90 = 270 menit
•M.Soeharto.2000,Belajar NotasiBalog,Jakarta:Gramedi Pustaka.
•Matius Ali.2006, Seni Musik SMA 1. Jakarta: Erlangga.
Hartaris Andiyaningtyas.2006,Seni Musik SMA.
Jakarta: Erlangga.

•Mengembang
kan sikap apresiatif, dan
cinta tanah air

No
Kompe tensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator pencapaian kompetensi
Penilaian/Tagihan
Alokasi waktu
Sumber belajar
Pendidikan karakter bangsa
Tatap Muka
Tugas terstruktur
Tugas tidak terstruktur
1.2
Mengungkapkan pengalaman musikal dari hasil pengamatan terhadap
pertunjukan musik tradisional daerah setempat

2.Tanggapan terhadap karya musik:
Fungsi musik Nusantara
Nilai-nilai yang terkandung dalam musik tradisi Nusantara
Unsur estetika dan etika musik
TM ke: 1,2,3
Menjelaskan Fungsi musik Nusantara sebagai sarana; upacara, hiburan, ekspresi, komunikasi, pengiring tari, sarana ekonomi
Mendeskripsikan nilai-nilai yang terkandung dalam musik tradisi Nusantara
Unsur estetika dan etika musik
• Diskusi kelompok melalui presentasi power point

•Membuat rangkuman materi pembelajaran

•Menyanyikan lagu-lagu daerah dan lagu modern Nusantara
Membuat laporan tertulis (karya tulis) tentang musik tradisi Nusantara

•Membuat aransemen salah satu lagu daerah dan modern Nusantara
Setelah  melalui proses pembelajaran,siswa mampu:

• Menjelaskan fungsi musik, nilai-nilai yang terkandung dalam musik tradisi

•Mendeskripsikan unsur estetika dan etika musik

Mengapresiasi karya musik tradisi dan musik modern Nusantara
• Tagihan Kognitif (Essay)

• Tagihan Psikomoto-rik (Praktik)

• Tagihan Afektif (Sikap)
3 X 90 = 270 menit
•M.Soeharto, 2000, Belajar Notasi Balok,Jakarta:Gramedia Pustaka.

•Matius Ali.2006, Seni Musik SMA 1. Jakarta: Erlangga.

Hartaris Andiyaningtyas.2006,Seni Musik SMA.
Jakarta: Erlangga.
Mengembang-
kan sikap apresiatif,
kreatif, dan cinta tanah air

No
Kompe tensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator pencapaian kompetensi
Penilaian/Tagihan
Alokasi waktu
Sumber belajar
Pendidikan karakter bangsa
Tatap Muka
Tugas terstruktur
Tugas tidak terstruktur
1.3
Menunjukkan  nilai-nilai musikal dari hasil pengalaman musikal yang didapatkan melalui pertunjukan musik tradisional setempat

1. Elemen Musik

Bunyi (pitch, dinamik, timbre)

Media (vokal, instrumen, kombinasi vokal dan instrumen)

Ritme (beat, tanda birama,tempo)
TM ke: 1,2,3

•Menjelaskan bunyi, pitch, dinamik, timbre

•Menjelaskan teknik vokal, instrumen, paduan instrumen dan vokal

Mendeskripsikan beat, tanda birama dan tempo

Diskusi kelompok melalui presentasi power point

Perpustakaan

Mengekspresikan lagu-lagu daerah dan modern

•Menyanyikan lagu-lagu daerah yang bertangga nada diatonis dan pentatonis
•Membuat laporan tertulis (karya tulis) tentang musik tradisi Nusantara

•Kunjungan ke sanggar musik

Setelah  melalui proses pembelajaran,siswa mampu:

• Menjelaskan pitch, dinamik,dan timbre
Menunjukkan jenis-jenis instrumen musik
mendemonstrasikan beat, birama, dan tempo dalam musik.
•Menampilkan lagu-lagu tradisi Nusantara.
• Tagihan Kognitif (Essay)

• Tagihan Psikomotorik (Praktik)

• Tagihan Afektif (Sikap)
3 X 90 = 270 menit
•M.Soeharto, 2000, Belajar Notasi Balok,Jakarta: Gramedia Pustaka.

•Matius Ali.2006, Seni Musik SMA 1. Jakarta: Erlangga.

Hartaris Andiyaningtyas.2006, Seni Musik SMA.
Jakarta: Erlangga.
Mengembang
 kan sikap apresiatif,
kreatif, dan
cinta tanah air

No
Kompe tensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator pencapaian kompetensi
Penilaian/Tagihan
Alokasi waktu
Sumber belajar
Pendidikan karakter bangsa
Tatap Muka
Tugas terstruktur
Tugas tidak terstruktur
2.1
Mengembangkan gagasan kreatif serta meng-aransir lagu dengan beragam teknik, media, dan materi musik / lagu tradisional daerah setempat

2.  Kreasi Musik
I.   Proses berkarya musik:
a. Teknik berkarya musik:
Syair lagu
Melodi lagu (teknik repetisi, variasi, kontras)
b.Prosedur berkarya musik:
Menciptakan melodi lagu (frase beraturan, tidak beraturan, dan frase sejajar)
Mencipta lirik lagu

TM ke: 1,2,3
•Mendeskripsikan langkah dalam proses berkarya  musik
•Menjelaskan  langkah-langkah menyusun aransemen
•Menampilkan  karya  musik tradisi dan modern
Menulis, membaca dan menyanyikan lagu hasil karya cipta sendiri
Diskusi kelompok melalui presentasi power point

•Membuat rangkuman materi pembelajaran diperpustakaan

•Menyanyikan lagulagu hasil ciptaan dan aransemen sendiri
•Kunjungan ke sanggar music tradisi

•Membuat laporan tertulis hasil kunjungan ke sanggar

Membuat aransemen lagu hasil karya cipta mandiri

Setelah  melalui proses pembelajaran,siswa mampu:

•Mendeskripsikan langkah mencipta karya musik

• Menjelaskan langkah menyusun aransemen

• Menampilkan lagu-lagu tradisi dan modern hasil karya cipta dan  aransemen sendiri

• Tagihan Kognitif (Essay)

• Tagihan Psikomotorik (Praktik)

• Tagihan Afektif (Sikap)
3 X 90 = 270 menit
•M.Soe-harto, 2000, Belajar Notasi Balok,Jakarta:Gramedia Pustaka.

•Matius Ali.2006, Seni Musik SMA 1. Jakarta: Erlangga.

Hartaris Andiyaningtyas.2006,Seni Musik SMA.
Jakarta: Erlangga.
•Mengembang
kan sikap apresiatif,
kreatif, dan
cinta tanah air

No
Kompe tensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator pencapaian kompetensi
Penilaian/Tagihan
Alokasi waktu
Sumber belajar
Pendidikan karakter bangsa
Tatap Muka
Tugas terstruktur
Tugas tidak ter-struktur
2.2
Menyiapkan pertunjukan musik tradisional dan non tradisional di sekolah

5.Pergelaran Musik:
a.Pengertian dan tujuan pergelaran musik

b. Membuat persiapan
c. Membuat pergelaran musik
TM ke: 1,2,3
a.Menjelaskan pengertian dan tujuan pergelaran musik sebagai media:
aktualisasi diri
Pengembangan bakat
•Apresiasi
b.Membuat persiapan:
Menyiapkan lagu
Menyajikan pergelaran musik kelas
Diskusi kelompok melalui presentasi power point
•Menyanyikan lagu-lagu daerah Jakarta,Jawa,Sumatra,
dll
Tugas rumah :
• Menulis salah satu lagu daerah dengan tangga nada: 1kres G=Do
• Menulis lagu daerah ke dalam notasi balok
•Mengulang di rumah untuk berlatih lagu hasil aranse-men sendiri
Setelah  melalui proses pembelajar-an,siswa Mampu :
Menjelaskan pengertian dan tujuan pergelaran musik
Menyusun konsep pergelaran musik
Menyiapkan pergelaran musik
Menggelar pertunjukan musik
• Tagihan Kognitif (Essay)

• Tagihan Psikomotorik (Praktik)

• Tagihan Afektif (Sikap)
3 X 90 = 270 menit
•M.Soe-harto, 2000, Belajar Notasi Balok,Jakarta:Gramedia Pustaka.

•Matius Ali.2006, Seni Musik SMA 1. Jakarta: Erlangga.

Hartaris Andiyaningtyas.2006,Seni Musik SMA.
Jakarta: Erlangga.
•Mengembang-
kan sikap apresiatif,
kreatif, dan
 cinta tanah air

                 Mengetahui                                                                                      Jakarta, 15 Juli 2013
        Kepala SMA Negeri 42                                                                          Guru mata elajaran



        Drs. H. Luthfi, MM                                                                               Drs. Slamet Priyadi
      Nip. 195904141990091001                                                                     Nip. 195712091987031006

1 komentar:

  1. Permisi, gabungan seni rupa, musik, akan menjadi media tersendiri (multimedia), kunjungi http://pcahyono.blogspot.com/

    BalasHapus