SILABUS MATA PELAJARAN SENI BUDAYA (SENI TARI)
Satuan Pelajaran :
SMA
Kelas : XI
K o m p e t e n s i I n t i (KI)
:
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif, dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa keingintahuannya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah,
menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1
Menunjukkan
sikap penghayatan dan pengamalan serta
bangga terhadap karya seni tari sebagai
bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1
Menunjukkan
sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas
berkesenian
2.2
Menunjukkan
sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
2.3
Menunjukkan
sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan
sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya
3.1 Menganalisis konsep, teknik dan prosedur dalam
proses berkarya tari
4.1
Berkarya seni tari melalui modifikasi sesuai dengan hitungan
|
-
eksplorasi gerak tari berdasarkan konsep, teknik dan prosedur dalam proses berkarya tari
|
Mengamati
· Membaca dari
berbagai sumber belajar tentang tari berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur
· Mendengarkan
berbagai musik iringan tari
· Mengamati
tari berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur sesuai iringan
Menanya
· menanyakan tari
berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur
· menanyakan
berbagai macam musik iringan tari
Mengeksplorasi
· Mencari
contoh tari berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur sesuai iringan
· Merangkai berbagai
gerak tari sesuai dengan konsep,
teknik, dan prosedur sesuai iringan
· Mendiskusikan
gerak tari berdasarkan konsep, teknik,
dan prosedur sesuai iringan
· Mendiskusikan
berbagai macam musik iringan tari
Mengasosiasi
· Membandingkan
gerak tari di lingkungan tempat
tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur
·
Membandingkan bentuk penyajian gerak tari daerah tempat tinggal siswa dengan
daerah lain
·
Membandingkan musik iringan tari di lingkungan tinggal
siswa dengan daerah lain
Mengomunikasi
· Menampilkan rangkaian
gerak tari berdasarkan konsep, teknik,
dan prosedur sesuai iringan hasil eksplorasi
·
Membuat tulisan deskripsi tari berdasarkan hasil evaluasi konsep,
teknik, dan prosedur dalam proses berkarya tari
|
Tugas.
• Membuat deskripsi gerak dasar tari hasil eksplorasi
Unjuk
Kerja
•mempergelarkan gerak tari sesuai
dengan hitungan hasil eksplorasi
Produk
•membuat rangkain gerak tari hasil
eksplorasi
|
4 JP
|
Buku paket Seni Budaya kelas XI
Humprey,
Doris, 1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan
Kesenian Jakarta, Jakarta.
Hawkins, Alma,1990.
Mencipta
Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta
Hawkins,
Alma M., 2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan
Dibia, Jakarta: MSPI.
vidio pertunjukan tari
eksiklopedi tari Indonesia
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1
Menunjukkan
sikap penghayatan dan pengamalan serta
bangga terhadap karya seni tari sebagai
bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1
Menunjukkan
sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas
berkesenian
2.2
Menunjukkan
sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
2.3
Menunjukkan
sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan
sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya
3.2 Mengevaluasi karya tari berdasarkan fungsi, teknik, simbol, jenis dan nilai estetisnya
4.2
Berkarya seni tari melaui modifikasi sesui dengan iringan
4.1
|
- eksplorasi gerak
tari berdasarkan
mengevaluasi karya tari berdasarkan fungsi, teknik, simbol, jenis dan nilai estetisnya melalui modifikasi
|
Mengamati
· Membaca dari
berbagai sumber belajar tentang tari berdasarkan fungsi, simbol, jenis, dan
nilai estetis
· Mendengarkan
berbagai musik iringan tari
Mengamati tari berdasarkan fungsi, simbol, jenis, dan
nilai estetis sesuai iringan
Menanya
· menanyakan tari
berdasarkan fungsi, simbol, jenis, dan nilai estetis
· menanyakan
berbagai macam musik iringan tari
Mengeksplorasi
· Mencari
contoh tari berdasarkan fungsi, simbol, jenis, dan nilai estetis sesuai
iringan
· Merangkai berbagai
gerak tari sesuai dengan fungsi,
simbol, jenis, dan nilai estetis sesuai iringan
· Mendiskusikan
gerak dasar tari berdasarkan konsep,
teknik, dan prosedur sesuai iringan
· Mendiskusikan
berbagai macam musik iringan tari
Mengasosiasi
· Membandingkan
gerak dasar tari di lingkungan tempat
tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan fungsi, simbol, jenis, dan nilai
estetis
·
Membandingkan bentuk penyajian gerak dasar tari daerah
tempat tinggal siswa dengan daerah lain
·
Membandingkan musik iringan tari di lingkungan tinggal
siswa dengan daerah lain
Mengomunikasi
· Menampilkan rangkaian
gerak dasar tari berdasarkan konsep,
teknik, dan prosedur sesuai iringan hasil eksplorasi
·
Membuat kritik tari
|
Tugas.
•Membuat kritik tari minimal 500 kata
Unjuk
Kerja
•mempergelarkan tari bentuk sesuai
dengan hitungan
Produk
membuat tari bentuk sesuai iringan
|
4 JP
|
Buku paket seni budaya kelas XI
Humprey,
Doris, 1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan
Kesenian Jakarta, Jakarta.
Hawkins, Alma,1990.
Mencipta
Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta
Hawkins,
Alma M., 2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan
Dibia, Jakarta: MSPI.
vidio pertunjukan tari
eksiklopedi tari Indonesia
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1 Menunjukkan sikap penghayatan dan
pengamalan serta bangga terhadap karya
seni tari sebagai bentuk rasa syukur
terhadap anugerah Tuhan
2.1
Menunjukkan
sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas
berkesenian
2.2
Menunjukkan
sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
2.3
Menunjukkan
sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan
sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya
3.3 Menganalisis hasil pergelaran tari berdasarkan
konsep, teknik dan prosedur
4.3.
Mempergelarkan karya
seni tari hasil modifikasi sendiri/kelompok sesuai dengan tata pentas
|
-
eksplorasi gerak tari berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur
|
Mengamati
· Membaca dari
berbagai sumber belajar tentang tari berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur
· Mendengarkan
berbagai musik iringan tari
· Mengamati
tari berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur sesuai iringan
Menanya
· menanyakan tari
berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur
· menanyakan
berbagai macam musik iringan tari
Mengeksplorasi
· Mencari
contoh tari berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur sesuai iringan
· Merangkai berbagai
gerak tari sesuai dengan konsep,
teknik, dan prosedur sesuai iringan
· Mendiskusikan
gerak tari berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur sesuai iringan
· Mendiskusikan
berbagai macam musik iringan tari
Mengasosiasi
· Membandingkan
gerak tari di lingkungan tempat
tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur
·
Membandingkan bentuk penyajian gerak dasar tari daerah
tempat tinggal siswa dengan daerah lain
·
Membandingkan musik iringan tari di lingkungan tinggal
siswa dengan daerah lain
Mengomunikasi
· Menampilkan rangkaian
gerak tari berdasarkan konsep, teknik,
dan prosedur sesuai iringan hasil modifikasi
·
Membuat tulisan deskripsi tari berdasarkan hasil evaluasi konsep,
teknik, dan prosedur dalam proses berkarya tari
|
Tugas.
•Membuat deskripsi tari sesaui dengan hasil
modifikasi
Unjuk
Kerja
•mempergelarkan tari bentuk sesuai
dengan hitungan
Produk
•membuat tari bentuk sesuai iringan
|
5 JP
|
Buku
paket seni budaya kelas XI
Humprey,
Doris, 1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan
Kesenian Jakarta, Jakarta.
Hawkins, Alma,1990.
Mencipta
Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta
Hawkins,
Alma M., 2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan
Dibia, Jakarta: MSPI.
vidio pertunjukan tari
eksiklopedi tari Indonesia
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1
Menunjukkan
sikap penghayatan dan pengamalan serta
bangga terhadap karya seni tari sebagai
bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1
Menunjukkan
sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas
berkesenian
2.2
Menunjukkan
sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
2.3
Menunjukkan
sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan
sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya
3.4 Menganalisis simbol, jenis, nilai estetis, fungsi dan tokohnya dalam
kritik tari
4.4
Membuat tulisan kritik tari mengenai
simbol, jenis, nilai estetis, fungsi dan tokohnya berdasarkan hasil analisis
|
- eksplorasi
gerak tari berdasarkan simbol, jenis, nilai estetis, fungsi dan tokohnya
- membuat kritik tari
|
Mengamati
· Membaca dari
berbagai sumber belajar tentang tari berdasarkan fungsi, simbol, jenis, dan
nilai estetis
· Mendengarkan
berbagai musik iringan tari
Mengamati tari berdasarkan fungsi, simbol, jenis, dan
nilai estetis sesuai iringan
Menanya
· menanyakan tari
berdasarkan fungsi, simbol, jenis, dan nilai estetis
· menanyakan
berbagai macam musik iringan tari
Mengeksplorasi
· Mencari
contoh tari berdasarkan fungsi, simbol, jenis, dan nilai estetis sesuai
iringan
· Merangkai berbagai
gerak tari sesuai dengan fungsi,
simbol, jenis, dan nilai estetis sesuai iringan
· Mendiskusikan
gerak tari berdasarkan konsep, teknik,
dan prosedur sesuai iringan
· Mendiskusikan
berbagai macam musik iringan tari
Mengasosiasi
· Membandingkan
gerak tari di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan fungsi,
simbol, jenis, dan nilai estetis
·
Membandingkan bentuk penyajian gerak tari daerah tempat
tinggal siswa dengan daerah lain
·
Membandingkan musik iringan tari di lingkungan tinggal
siswa dengan daerah lain
Mengomunikasi
· Menampilkan rangkaian
gerak tari berdasarkan konsep, teknik,
dan prosedur sesuai iringan hasil modifikasi
·
Membuat kritik tari
|
Tugas.
•Membuat kritik tari minimal 500 kata
Unjuk
Kerja
•mempergelarkan tari sesuai dengan iringan
hasil modifikasi
Produk
•membuat tari sesuai iringan
|
5 jp
|
Ellfedt, Lois, 1988. A Primer for
Choreografers, Waveland Press, Illinois
Gilbert, Ann Green,
1992.Creative Dance for All Ages,
American Dance Association, Virginia.
Humprey,
Doris, 1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan
Kesenian Jakarta, Jakarta.
Hawkins, Alma,1990.
Mencipta
Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta
Hawkins,
Alma M., 2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan
Dibia, Jakarta: MSPI.
vidio pertunjukan tari
eksiklopedi tari Indonesia
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar