SILABUS
MATA PELAJARAN: SENI
BUDAYA (SENI TEATER)
Aspek :
Seni Teater
Kelas :
XI
Kompetensi
Inti (KI) :
KI.1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
|
KI.2
|
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
|
KI.3
|
Memahami, menerapkan dan menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dan meta kognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI.4
|
Mengolah,
menalar, menyaji dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif , dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1.Menunjukkan sikap penghayatan dan
pengamalan serta bangga terhadap karya
seni teater sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan.
2.1.Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran,
dan disiplin melalui aktivitas berkesenian.
2.2.Menunjukkan sikap santun, jujur,
cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya.
2.3.Menunjukkan sikap responsif dan
pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama,menghargai karya seni dan
pembuatnya
3.1. Menganalisis
konsep, teknik dan prosedur
berkarya teater
4.1
Memodifikasi naskah drama
|
Modifikasi naskah drama
|
Mengamati
·
Membaca dari berbagai
sumber belajar tentang jenis dan fungsi teater
·
Membaca dari berbagai sumber belajar tentang konsep,
teknik dan prosedur
berkarya teater
·
Mengamati konsep, teknik dan prosedur berkarya teater
·
Mengamati konsep, teknik dan prosedur berkarya teater
Menanya
·
Menanya tentang konsep,
teknik dan prosedur
dalam memodifikasi teater
Mengeksplorasi
· Mencari informasi mengenai konsep,
teknik dan prosedur
dalam memodifikasi teater
· Melakukan eksplorasi konsep,
teknik dan prosedur
dalam memodifikasi teater
Mengasosiasi
· Mengidentifikasi konsep,
teknik dan prosedur
memodifikasi teater
· Membandingkan konsep,
teknik dan prosedur
dalam memodifikasi teater
dengan budaya setempat
Mengkomunikasi
· Memodifikasi
naskah drama
· Mendeskripsikan
tokoh teater
|
Tugas.
•Membuat deskripsi tokoh teater daerah setempat
minimal 500 kata
Unjuk
Kerja
•Menampilkan teater hasil modifikasi
Produk
•Modifikasi naskah drama
|
4 jp
|
•Buku Paket Seni
Budaya Kelas XI
•Buku-buku lain yang relevan
•Informasi melalui
Internet
•VCD pertunjukan Pergelaran teater
•Kumpulan naskah drama
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1.
Menunjukkan
sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap karya seni teater sebagai bentuk rasa
syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1
Menunjukkan sikap
kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian
2.2
Menunjukkan sikap
santun, jujur, cinta
damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
2.3
Menunjukkan sikap
responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama,menghargai
karya seni dan pembuatnya
3.2
Mengevaluasi teater berdasarkan
fungsi, teknik, simbol, jenis karya, dan nilai estetisnya
4.2 Memodifikasi naskah
drama dan penampilan teater
|
Memodifikasi penampilan teater
|
Mengamati
·
Membaca dari berbagai sumber belajar tentang simbol, jenis dan nilai estetika
teater
·
Membaca dari berbagai sumber belajar tentang bagaimana menerapkan simbol, jenis, dan nilai estetis
dalam konsep teater
Menanya
· Menanya penerapkan simbol, jenis, dan nilai estetis
dalam konsep memodifikasi teater
Mengeksplorasi
· Membandingkan simbol, jenis,
dan nilai estetis
dalam konsep memodifikasi teater
· Melakukan teknik akting
teater berdasarkan
simbol, jenis,
dan nilai estetis
dalam konsep memodifikasi teater
Mengasosiasi
· Mengidentifikasi keunikan teater berdasarkan penerapkan simbol, jenis, dan nilai estetis dalam konsep
memodifikasi teater
· Membandingkan keunikan teater berdasarkan penerapkan simbol, jenis, dan nilai estetis
dalam konsep teater
dengan budaya setempat
Mengkomunikasi
· Penampilan
teater berdasarkan naskah
· Membuat
kritik teater
|
Tugas.
•Membuat kritik teater minimal 500 kata
Unjuk
Kerja
•Memodifikasi naskah drama dan penampilan teater
Produk
•teater hasil modifikasi dengan tata
pentas
|
4 jp
|
•Buku Paket Seni
Budaya Kelas XI
•Buku-buku lain yang relevan
•Informasi melalui
Internet
•VCD pertunjukan Pergelaran teater
•kumpulan naskah drama
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1.Menunjukkan sikap penghayatan dan
pengamalan serta bangga terhadap karya
seni teater sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1.Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran,
dan disiplin melalui aktivitas berkesenian
2.2.Menunjukkan sikap santun, jujur,
cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
2.3.Menunjukkan sikap responsif dan
pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama,menghargai karya seni dan
pembuatnya
3.3
Menganalisis
hasil pergelaran
teater berdasarkan konsep, teknik dan prosedur.
4.3 Mempergelarkan
teater
hasil memodifikasi sesuai tata pentas
|
Menampil-kan
teater hasil modifikasi
|
Mengamati
·
Membaca dari berbagai
sumber belajar tentang jenis dan fungsi teater
·
Membaca dari berbagai sumber belajar tentang konsep,
teknik dan prosedur
berkarya teater
·
Mengamati konsep, teknik dan prosedur berkarya teater
·
Mengamati konsep, teknik dan prosedur berkarya teater
Menanya
·
Menanya tentang konsep,
teknik dan prosedur
dalam memodifikasi teater
Mengeksplorasi
· Mencari informasi mengenai konsep,
teknik dan prosedur
dalam memodifikasi teater
· Melakukan eksplorasi konsep,
teknik dan prosedur
dalam memodifikasi teater
Mengasosiasi
· Mengidentifikasi konsep,
teknik dan prosedur
memodifikasi teater
· Membandingkan konsep,
teknik dan prosedur
dalam memodifikasi teater
dengan budaya setempat
Mengkomunikasi
· Memodifikasi
naskah drama
· Mendeskripsikan
tokoh teater
|
Tugas.
•Membuat sinopsis biografi tokoh teater daerah
setempat
Unjuk
Kerja
•Mempergelar kan teater hasil memodifikasi sesuai
tata pentas
Produk
•pergelaran teater hasil memodifikasi sesuai tata
pentas
|
5 jp
|
•Buku Paket Seni
Budaya Kelas XI
•Buku-buku lain yang relevan
•Informasi melalui
Internet
•VCD pertunjukan Pergelaran teater
•kumpulan naskah drama
|
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
|
|
|
|
|
1.1
Menunjukkan sikap
penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap karya seni teater sebagai bentuk rasa
syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1
Menunjukkan sikap
kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian
2.2
Menunjukkan sikap
santun, jujur, cinta
damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
2.3
Menunjukkan sikap
responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama,menghargai
karya seni dan pembuatnya
3.4
Menganalisis simbol, jenis,
nilai estetis, fungsi dan tokohnya dalam kritik
teater
4.4. Membuat tulisan kritik teater mengenai
simbol, jenis, nilai estetis, fungsi dan tokohnya berdasarkan hasil analisis
|
Membuat tulisan kritik teater
|
Mengamati
·
Membaca dari berbagai sumber belajar tentang simbol, jenis dan nilai estetika
teater
·
Membaca dari berbagai sumber belajar tentang bagaimana menerapkan simbol, jenis, dan nilai estetis
dalam konsep teater
Menanya
· Menanya penerapkan simbol, jenis, dan nilai estetis
dalam konsep memodifikasi teater
Mengeksplorasi
· Membandingkan simbol, jenis,
dan nilai estetis
dalam konsep memodifikasi teater
· Melakukan teknik akting
teater berdasarkan
simbol, jenis,
dan nilai estetis
dalam konsep memodifikasi teater
Mengasosiasi
· Mengidentifikasi keunikan teater berdasarkan penerapkan simbol, jenis, dan nilai estetis dalam konsep
memodifikasi teater
· Membandingkan keunikan teater berdasarkan penerapkan simbol, jenis, dan nilai estetis
dalam konsep teater
dengan budaya setempat
Mengkomunikasi
· Penampilan
teater berdasarkan naskah
· Membuat
kritik teater berdasarkan hasil analisis
|
Tugas.
•Membuat kritik teater minimal 500 kata
Observasi
•format pengamatan skala sikap
Proyek
•Membuat sinopsis teater hasil
modifikasi
Unjuk
Kerja
•Membuat tulisan kritik teater
berdasarkan hasil analisis
Produk
•tulisan kritik teater hasil analisis
|
5 jp
|
•Buku Paket Seni
Budaya Kelas XI
•Buku-buku lain yang relevan
•Informasi melalui
Internet
•VCD pertunjukan Pergelaran teater
•Kumpulan naskah drama
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar