SILABUS MATA PELAJARAN SENI BUDAYA (SENI TARI)
Satuan Pelajaran :
SMA
Kelas :
X
K o m p e t e n s i I n t i (KI)
:
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif, dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan
rasa keingintahuannya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap karya seni tari sebagai
bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1
Menunjukkan sikap kerjasama,
bertanggung jawab, toleran, dan disiplin
melalui aktivitas berkesenian
2.2
Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
2.3
Menunjukkan sikap responsif
dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama,menghargai karya seni
dan pembuatnya
3.1 Memahami konsep,
teknik dan prosedur dalam menirukan ragam
gerak dasar tari
4.1 Menirukan ragam gerak dasar
tari sesuai dengan hitungan/ketukan
|
Menirukan ragam gerak
dasar tari berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur
|
Mengamati
· Membaca dari berbagai sumber belajar tentang ragam gerak dasar
tari berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur
· Mendengarkan
berbagai musik iringan dasar gerak tari
· Mengamati ragam
gerak tari berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur sesuai iringan
Menanya
· menanyakan ragam gerakdasar tari berdasarkan teknik, konsep, dan
prosedur
· menanyakan
berbagai macam musik iringan ragam gerak
dasar tari
Mengeksplorasi
· Mencari
contoh gerak dasar tari berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur sesuai iringan
· Merangkai
berbagai
gerakdasar tari sesuai dengan teknik,
konsep, dan prosedur sesuai iringan
· Mendiskusikan
gerak dasar tari berdasarkan teknik,
konsep, dan prosedur sesuai
iringan
· Mendiskusikan
berbagai macam musik iringan gerak dasar tari
Mengasosiasi
· Membandingkan gerakdasar tari di lingkungan tempat tinggal siswa
dengan daerah lain berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur
· Membandingkan
bentuk penyajian gerak dasar tari daerah tempat tinggal siswa dengan daerah
lain
· Membandingkan
musik iringan gerak dasar tari di lingkungan tinggal siswa dengan daerah lain
Mengomunikasi
· Menampilkan rangkaian gerak dasar tari berdasarkan teknik, konsep, dan
prosedur sesuai iringan
· Membuat synopsis
gerak dasar tari sesuai dengan tari yang di peragakan secara sederhana
|
Tugas.
• Membuat deskripsi
gerak dasar tari
Unjuk
Kerja
• menggelar tari bentuk sesuai dengan hitungan
Produk
membuat
tari bentuk sesuai iringan
|
4 JP
|
Buku
paket Seni Budaya kelas X
Humprey,
Doris, 1983. Seni
Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.
Hawkins, Alma,1990.
Mencipta Lewat Tari, terj.
Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta
Hawkins,
Alma M., 2003. Bergerak
Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia, Jakarta: MSPI.
vidio
pertunjukan tari
eksiklopedi tari Indonesia
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menunjukkan sikap penghayatan dan
pengamalan serta bangga terhadap karya
seni tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap kerjasama,
bertanggung jawab, toleran, dan disiplin
melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam
mengapresiai seni dan pembuatnya
2.3
Menunjukkan
sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan
sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya
3.2
Menerapkan simbol, jenis, dan nilai estetis dalam konsep ragam gerak dasar tari
4.2
Menampilkan ragam
gerak dasar tari sesuai dengan iringan
|
Menirukan ragam gerak tari dasar berdasarkan
penerapan symbol, jenis,dan nilai estetika
|
engamati
·
Membaca dari
berbagai sumber belajar tentang ragam gerak dasar tari berdasarkan
simbol, jenis, dan nilai estetis
·
Mendengarkan berbagai musik iringan dasar gerak tari
·
Mengamati ragam gerak tari berdasarkan simbol,
jenis, dan nilai estetis sesuai
iringan
Menanya
·
menanyakan ragam gerakdasar tari berdasarkan simbol, jenis, dan nilai
estetis
·
menanyakan berbagai macam musik iringan ragam gerak dasar tari
Mengeksplorasi
·
Mencari contoh gerak dasar tari berdasarkan simbol,
jenis, dan nilai estetis sesuai iringan
·
Merangkai berbagai
gerak dasar tari sesuai dengan simbol,
jenis, dan nilai estetis sesuai iringan
·
Mendiskusikan gerak dasar tari berdasarkan simbol, jenis, dan nilai estetis sesuai
iringan
·
Mendiskusikan berbagai macam musik iringan gerak
dasar tari
Mengasosiasi
·
Membandingkan
gerak dasar tari di lingkungan tempat
tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan simbol, jenis, dan nilai estetis
·
Membandingkan bentuk penyajian gerak dasar tari
daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain
·
Membandingkan musik iringan gerak dasar tari di
lingkungan tinggal siswa dengan daerah lain
Mengomunikasi
·
Menampilkan
rangkaian gerak dasar tari berdasarkan simbol, jenis, dan nilai
estetis sesuai iringan
Membuat kiritk tari
|
Tugas.
• Membuat kritik tari minimal 400 kata
Unjuk
Kerja
• memggelar tari bentuk sesuai dengan hitungan
Produk
• membuat
tari bentuk sesuai iringan
|
4 GP
|
Buku paket seni budaya kelas X
Humprey,
Doris, 1983.
Seni Menata Tari, terj. Sal
Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.
Hawkins, Alma,1990. Mencipta Lewat
Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta
Hawkins,
Alma M., 2003.
Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I
Wayan Dibia, Jakarta: MSPI.
vidio pertunjukan tari
eksiklopedi tari Indonesia
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1 Menunjukkan sikap penghayatan
dan pengamalan serta bangga terhadap
karya seni tari sebagai bentuk rasa syukur
terhadap anugerah Tuhan
2.1
Menunjukkan sikap kerjasama,
bertanggung jawab, toleran,
dan disiplin melalui aktivitas berkesenian
2.2
Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam
mengapresiai seni dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan
sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan
sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya
3.3
Memahami konsep, teknik dan prosedur dalam pergelaran tari
4.3
Mempergelarkan ragam gerak dasar tari sesuai dengan unsur pendukung pertunjukan
|
Menirukan ragam
gerak dasar tari
|
Mengamati
·
Membaca
dari berbagai sumber belajar tentang ragam gerak dasar tari berdasarkan teknik,
konsep, dan prosedur
·
Mendengarkan
berbagai musik iringan dasar gerak tari
·
Mengamati
ragam gerak tari berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur sesuai
iringan
Menanya
·
menanyakan ragam gerakdasar
tari berdasarkan teknik, konsep, dan
prosedur
·
menanyakan
berbagai macam musik iringan ragam gerak
dasar tari
Mengeksplorasi
·
Mencari
contoh gerak dasar tari berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur sesuai iringan
·
Merangkai berbagai gerakdasar tari sesuai dengan teknik, konsep, dan prosedur sesuai iringan
·
Mendiskusikan
gerak dasar tari berdasarkan teknik,
konsep, dan prosedur sesuai iringan
·
Mendiskusikan
berbagai macam musik iringan gerak dasar tari
Mengasosiasi
·
Membandingkan gerakdasar tari di lingkungan tempat tinggal siswa
dengan daerah lain berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur
·
Membandingkan
bentuk penyajian gerak dasar tari daerah tempat tinggal siswa dengan daerah
lain
·
Membandingkan
musik iringan gerak dasar tari di lingkungan tinggal siswa dengan daerah lain
Mengomunikasi
·
Menampilkan rangkaian gerak dasar tari berdasarkan teknik, konsep, dan
prosedur sesuai iringan
·
Membuat
synopsis gerak dasar tari sesuai dengan tari yang di peragakan secara
sederhana
Mengkomunikasi
·
Menampilkan tari bentuk sesuai dengan
hitungan/ketukan
Membuat
deskripsi gerak dasar
tari sesuai dengan tari yang di peragakan secara sederhana
|
Tugas.
• Membuat deskripsi gerak dasar
Unjuk Kerja
• menggelar tari bentuk
sesuai dengan hitungan
Produk
membuat tari bentuk sesuai iringan
|
5 JP
|
Buku
paket seni budaya kelas X
Humprey, Doris, 1983. Seni Menata Tari, terj. Sal
Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.
Hawkins,
Alma,1990. Mencipta
Lewat Tari, terj.
Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta
Hawkins, Alma M., 2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia, Jakarta: MSPI.
vidio pertunjukan tari
eksiklopedi tari Indonesia
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menunjukkan sikap penghayatan dan
pengamalan serta bangga terhadap karya
seni tari sebagai bentuk rasa syukur
terhadap anugerah Tuhan
2.1
Menunjukkan sikap kerjasama,
bertanggung jawab, toleran,
dan disiplin melalui aktivitas berkesenian
2.2
Menunjukkan sikap santun, jujur,
cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan
sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan
sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya
3.4
Memahami simbol, jenis, nilai estetis dan fungsinya dalam kritik
tari
4.4.
Membuat
tulisan kritik
karya seni tari mengenai jenis, fungsi, simbol dan nilai
estetis berdasar-kan hasil pengama-tan
|
- Meragakan gerak dasar
tari sesuai iringan
Membuat kritik
tari
|
Mengamati
·
Membaca
dari berbagai sumber belajar tentang ragam gerak dasar tari berdasarkan simbol,
jenis, dan nilai estetis
·
Mendengarkan
berbagai musik iringan dasar gerak tari
·
Mengamati
ragam gerak tari berdasarkan simbol, jenis, dan nilai estetis sesuai
iringan
Menanya
·
menanyakan ragam gerakdasar
tari berdasarkan simbol, jenis, dan
nilai estetis
·
menanyakan
berbagai macam musik iringan ragam gerak
dasar tari
Mengeksplorasi
·
Mencari
contoh gerak dasar tari berdasarkan simbol, jenis, dan nilai estetis sesuai
iringan
·
Merangkai berbagai gerak dasar tari sesuai dengan simbol, jenis, dan nilai estetis sesuai
iringan
·
Mendiskusikan
gerak dasar tari berdasarkan simbol,
jenis, dan nilai estetis sesuai iringan
·
Mendiskusikan
berbagai macam musik iringan gerak dasar tari
Mengasosiasi
- Membandingkan gerak dasar tari di lingkungan tempat tinggal siswa
dengan daerah lain berdasarkan simbol, jenis, dan nilai estetis
- Membandingkan
bentuk penyajian gerak dasar tari daerah tempat tinggal siswa dengan daerah
lain
- Membandingkan
musik iringan gerak dasar tari di lingkungan tinggal siswa dengan daerah lain
Mengomunikasi
- Menampilkan rangkaian gerak dasar tari berdasarkan simbol, jenis, dan nilai
estetis sesuai iringan
- Membuat kiritk tari
|
Tugas.
• Membuat kritik
tari minimal 400 kata
Unjuk Kerja
•menggelar ragam
gerak dasar tari sesuai dengan hitungan
Produk
merangkai ragam gerak dasar tari
sesuai dengan iringan
|
5
JP
|
-Buku paket Seni Budaya kelas X
-Humprey, Doris, 1983. Seni Menata Tari, terj. Sal
Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.
-Hawkins, Alma,1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta
-Hawkins, Alma M., 2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia, Jakarta: MSPI.
-vidio pertunju-kan tari
eksiklopedi tari Indonesia
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar