Jumat, 25 Juli 2014

Silabus Seni Tari Kurikulum 2013 Kelas X





SILABUS MATA PELAJARAN SENI BUDAYA (SENI  TARI) 
 
Satuan Pelajaran       :    SMA
Kelas                           :    X

K o m p e t e n s i  I n t i  (KI)    :
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghayati dan  mengamalkan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif  dan proaktif,  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami,  menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa keingintahuannya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
:
Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1    Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan  serta bangga terhadap karya seni  tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan

2.1    Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian

2.2    Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya

2.3    Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya

3.1    Memahami  konsep, teknik dan prosedur dalam menirukan ragam gerak dasar   tari

4.1       Menirukan ragam gerak dasar tari sesuai dengan hitungan/ketukan

Menirukan ragam gerak dasar tari berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur
Mengamati

·       Membaca dari berbagai sumber belajar tentang ragam gerak dasar tari berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur
·       Mendengarkan berbagai musik iringan dasar gerak tari 
·       Mengamati ragam gerak tari berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur sesuai iringan

Menanya
·      menanyakan ragam gerakdasar  tari berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur
·      menanyakan berbagai macam musik iringan ragam  gerak dasar tari

Mengeksplorasi
·      Mencari contoh gerak dasar tari berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur  sesuai iringan
·      Merangkai berbagai gerakdasar tari sesuai dengan  teknik, konsep, dan prosedur  sesuai iringan
·      Mendiskusikan gerak dasar  tari berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur sesuai iringan
·      Mendiskusikan berbagai macam musik iringan gerak dasar tari
Mengasosiasi
·   Membandingkan gerakdasar  tari di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur
·   Membandingkan bentuk penyajian gerak dasar tari daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain
·   Membandingkan musik iringan gerak dasar tari di lingkungan tinggal siswa dengan daerah lain

Mengomunikasi
·   Menampilkan rangkaian gerak dasar  tari berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur sesuai iringan
·   Membuat synopsis gerak dasar tari sesuai dengan tari yang di peragakan secara sederhana

Tugas.
• Membuat  deskripsi gerak dasar tari

Unjuk Kerja
• menggelar tari bentuk sesuai dengan hitungan

Produk
membuat tari bentuk sesuai iringan
4 JP
Buku paket Seni Budaya kelas X
Humprey, Doris, 1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.
 Hawkins, Alma,1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta
Hawkins, Alma M., 2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia, Jakarta: MSPI.
vidio pertunjukan tari

eksiklopedi tari Indonesia
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1    Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan  serta bangga terhadap karya seni  tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan

2.1    Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian

2.2    Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya

2.3    Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya

3.2     Menerapkan simbol, jenis, dan nilai estetis dalam konsep ragam gerak dasar tari

4.2    Menampilkan ragam gerak dasar tari  sesuai dengan iringan

Menirukan ragam gerak tari dasar berdasarkan penerapan symbol, jenis,dan nilai estetika
engamati

·      Membaca dari berbagai sumber belajar tentang ragam gerak dasar tari berdasarkan simbol, jenis, dan nilai estetis
·      Mendengarkan berbagai musik iringan dasar gerak tari 
·      Mengamati ragam gerak tari berdasarkan simbol, jenis, dan nilai estetis sesuai iringan

Menanya
·      menanyakan ragam gerakdasar  tari berdasarkan simbol, jenis, dan nilai estetis
·     menanyakan berbagai macam musik iringan ragam  gerak dasar tari

Mengeksplorasi
·      Mencari contoh gerak dasar tari berdasarkan simbol, jenis, dan nilai estetis sesuai iringan
·      Merangkai berbagai gerak dasar tari sesuai dengan  simbol, jenis, dan nilai estetis sesuai iringan
·      Mendiskusikan gerak dasar  tari berdasarkan simbol, jenis, dan nilai estetis sesuai iringan
·     Mendiskusikan berbagai macam musik iringan gerak dasar tari

Mengasosiasi
·      Membandingkan gerak dasar  tari di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan simbol, jenis, dan nilai estetis
·   Membandingkan bentuk penyajian gerak dasar tari daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain
·   Membandingkan musik iringan gerak dasar tari di lingkungan tinggal siswa dengan daerah lain

Mengomunikasi
·    Menampilkan rangkaian gerak dasar  tari berdasarkan simbol, jenis, dan nilai estetis sesuai iringan
Membuat  kiritk tari

Tugas.
• Membuat  kritik tari minimal 400 kata

Unjuk Kerja
• memggelar tari bentuk sesuai dengan hitungan

Produk
membuat tari bentuk sesuai iringan
4 GP
Buku paket seni budaya kelas X

Humprey, Doris, 1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.
 Hawkins, Alma,1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta
Hawkins, Alma M., 2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia, Jakarta: MSPI.
vidio pertunjukan tari

eksiklopedi tari Indonesia
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1  Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan  serta bangga terhadap karya seni  tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1   Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian

2.2   Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya

2.3   Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya

3.3    Memahami konsep, teknik dan prosedur dalam pergelaran  tari  

4.3  Mempergelarkan ragam gerak dasar tari sesuai dengan unsur pendukung pertunjukan

Menirukan ragam gerak dasar tari
Mengamati

·      Membaca dari berbagai sumber belajar tentang ragam gerak dasar tari berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur
·      Mendengarkan berbagai musik iringan dasar gerak tari 
·      Mengamati ragam gerak tari berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur sesuai iringan

Menanya
·     menanyakan ragam gerakdasar  tari berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur
·     menanyakan berbagai macam musik iringan ragam  gerak dasar tari

Mengeksplorasi
·     Mencari contoh gerak dasar tari berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur  sesuai iringan
·     Merangkai berbagai gerakdasar tari sesuai dengan  teknik, konsep, dan prosedur  sesuai iringan
·     Mendiskusikan gerak dasar  tari berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur sesuai iringan
·     Mendiskusikan berbagai macam musik iringan gerak dasar tari

Mengasosiasi
·   Membandingkan gerakdasar  tari di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur
·   Membandingkan bentuk penyajian gerak dasar tari daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain
·   Membandingkan musik iringan gerak dasar tari di lingkungan tinggal siswa dengan daerah lain

Mengomunikasi
·   Menampilkan rangkaian gerak dasar  tari berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur sesuai iringan
·   Membuat synopsis gerak dasar tari sesuai dengan tari yang di peragakan secara sederhana

Mengkomunikasi
·   Menampilkan tari bentuk sesuai dengan hitungan/ketukan
Membuat  deskripsi gerak  dasar tari sesuai dengan tari yang di peragakan secara sederhana

Tugas.
• Membuat  deskripsi gerak dasar

Unjuk Kerja
• menggelar tari bentuk sesuai dengan hitungan

Produk
membuat tari bentuk sesuai iringan
5 JP
Buku paket seni budaya kelas X
Humprey, Doris, 1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.
 Hawkins, Alma,1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta
Hawkins, Alma M., 2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia, Jakarta: MSPI.
vidio pertunjukan tari

eksiklopedi tari Indonesia
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1   Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan  serta bangga terhadap karya seni  tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1   Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian

2.2   Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya

2.3   Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya

3.4    Memahami  simbol, jenis,  nilai estetis dan fungsinya   dalam   kritik   tari

4.4.   Membuat tulisan    kritik  karya seni tari mengenai jenis, fungsi, simbol dan nilai estetis berdasar-kan hasil pengama-tan




-   Meragakan gerak dasar tari sesuai iringan
Membuat kritik tari
Mengamati

·      Membaca dari berbagai sumber belajar tentang ragam gerak dasar tari berdasarkan simbol, jenis, dan nilai estetis
·      Mendengarkan berbagai musik iringan dasar gerak tari 
·      Mengamati ragam gerak tari berdasarkan simbol, jenis, dan nilai estetis sesuai iringan

Menanya
·      menanyakan ragam gerakdasar  tari berdasarkan simbol, jenis, dan nilai estetis
·     menanyakan berbagai macam musik iringan ragam  gerak dasar tari

Mengeksplorasi
·      Mencari contoh gerak dasar tari berdasarkan simbol, jenis, dan nilai estetis sesuai iringan
·      Merangkai berbagai gerak dasar tari sesuai dengan  simbol, jenis, dan nilai estetis sesuai iringan
·      Mendiskusikan gerak dasar  tari berdasarkan simbol, jenis, dan nilai estetis sesuai iringan
·     Mendiskusikan berbagai macam musik iringan gerak dasar tari

Mengasosiasi
Membandingkan gerak dasar  tari di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan simbol, jenis, dan nilai estetis
- Membandingkan bentuk penyajian gerak dasar tari daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain
- Membandingkan musik iringan gerak dasar tari di lingkungan tinggal siswa dengan daerah lain 

Mengomunikasi
-   Menampilkan rangkaian gerak dasar  tari berdasarkan simbol, jenis, dan nilai estetis sesuai iringan
- Membuat  kiritk tari
Tugas.
• Membuat  kritik tari minimal 400 kata

Unjuk Kerja
•menggelar ragam gerak dasar tari sesuai dengan hitungan

Produk
merangkai ragam gerak dasar tari sesuai dengan iringan
5         JP
-Buku paket Seni Budaya kelas X
-Humprey, Doris, 1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.
-Hawkins, Alma,1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta
-Hawkins, Alma M., 2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia, Jakarta: MSPI.
-vidio pertunju-kan tari

eksiklopedi tari Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar