Denmas Priyadi Blog – Jumat, 18 Juli 2014 – 07:50 Wi
Salah satu kelompok Paduan Suara mengekspresikan aransemen yang dibuatnya |
Sekolah : SMAN 42 Jakarta
Kelas/Semester : XI MIA/IIS
Materi Pokok : Paduan Suara
Alokasi Waktu : 5 Jam Pelajaran (225 menit)
A.
K o m p e t e n s i
I n t i ( KI )
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
- Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
- Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
K o m p e t e n s i
D a s a r
1.1. Menunjukkan
sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap karya seni musik sebagai bentuk rasa syukur terhadap
Anugerah Tuhan.
2.1. Menunjukkan
sikap kerja sama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas
berkesenian.
2.2.
Menunjukkan sikap
santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiasi seni dan pembuatnya.
2.3. Menunjukkan
sikap responsi dan pro aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama, serta
menghargai karya seni dan pembuatnya.
3.3.
Menganalisis
hasil penampilan pergelaran musik berdasarkan konsep, teknik dan prosedur yang
digunakan.
4.3.
Menampilkan musik individual, kelompok atau paduan suara.
C.
I n d i k a t o r
:
Pertemuan 5 (KD 3.3) :
• Menjelaskan sajian musik berdasar konsep pergelaran
musik
• Menjelaskan teknik penampilan musik
• Menjelaskan prosedur dalam pergelaran musik
Pertemuan 6 dan
7 (KD 4.3) :
• Membuat
aransemen vokal untuk paduan suara
• Menampilkan
lagu yang telah diaransir secara kelompok/paduan suara
D.
T u j u a n P e
m b e l a j a r a n
1. Melalui proses mencari informasi,
menanya, dan berdiskusi siswa dapat:
•
Mencari di buku-buku, di internet
tentang konsep penampilan musik
• Mendiskusikan teknik teknik penampilan musik
• Menjelaskan prosedur dalam penampilan musik
2. Melalui proses mencoba,
mengasosiasi, dan mengomunikasikan siswa :
• Mampu membuat aransemen musik
•
Mencoba, berlatih lagu-lagu yang akan ditampilkan
•
Menampilan lagu-lagu yang telah
diaransir secara individual dan kelompok
E. M a t e r i
P e m b e l a j a r a n
Fakta
• Mengapresiasi konsep, teknik, dan prosedur
penampilan musik
•
Menampilkan karya musik secara individual dan kelompok
Konsep
•
Analisis penampilan musik
• Penampilan musik
Prinsip
• Menentukan tampilan musik yang disesuaikan
dengan kemampuan siswa.
•
Memperhatikan teknik vokal dan instrumental dalam sajian karya musiknya
•
Penggunaan media dan alat disesuaikan dengan fasilitas dan sarana yang
ada di sekolah
Prosedural
• Siswa
membentuk kelompok musik (setiap kelompok terdiri dari 8 orang, boleh kelompok
sejenis, laki-laki saja atau perempuan saja. Bisa juga kelompok campuran yang
terdiri dari laki-laki dan perempuan)
•
Pelaksanaan tampilan musik dilakukan di dalam kelas
•
Membuat laporan tertulis tentang tampilan musik yang telah digelar.
E.
M e t o d e P e
m b e l a j a r a n
• Diskusi kelompok
• Presentasi
• Demonstrasi
• Penugasan
• PAKEM
G. M e d i a
, A l a t d a n
S u m b e r P e m b e l a j a r a
n
• Instrumen musik (gitar, piano)
• Tape Recorder, Video, CD, Hand Phone
• Buku Seni Budaya Kemedikbud RI 2014
H. L a n g k
a h K e g i a t a n / S k e n a r i
o P e m b e l a j a r a n
Rincian
kegiatan :
Pertemuan ke :
5, 6, 7
A.
Kegiatan Awal (
15 Menit )
1. Apersepsi
·
Mengucap salam,
berdoa, absensi kehadiran siswa.
·
Menginformasikan
kepada siswa visi dan misi sekolah, “Unggul
dalam prestasi IPTEK dan IMTAQ yang berwawasan lingkungan serta menjunjung
tinggi nilai-nilai budaya bangsa.”
·
Menyanyikan
lagu kebangsaan “Indonesia Raya” sebagai
bentuk rasa syukur ke hadirat Tuhan atas rahmat kemerdekaan bangsa Indonesia.
·
Menanyakan
kepada siswa tentang pokok bahasan yang akan diberikan, apakah mereka sudah
mendengar dan mengenal dan mengetahui sebelumnya.
·
Menyampaikan
pokok bahasan dan materi pembelajaran sebagaimana yang tertera pada KD dan
Indikator RPP yang dibuat.
2. Orientasi
·
Menunjukkan
contoh-contoh berupa video youtube, koleksi foto-foto, rekaman pembelajaran
seni musik.
·
Memberikan
pemahaman tentang fungsi, guna dan manfaat mempelajari musik.
3. Motivasi
·
Memberikan
contoh-contoh penampilan musik baik musik instrumental, maupun musik vokal.
·
Memotivasi
siswa agar tetap semangat belajar dalam berapresiasi dan berkreasi seni.
4. Pemberian Acuan
:
• Garis
besar materi tentang penampilan musik
•
Pembentukan kelompok diskusi dan penampil musik
• Menyampaikan tujuan
pembelajaran
B. Kegiatan
Inti ( 60 menit )
Mengamati
·
Siswa menyimak
pendapat dari beberapa sumber tentang pengertian “gelar musik”
· Siswa menyimak tentang konsep, teknik, fungsi musik
dan prosedur penampilan musik
·
Guru menilai
keterampilan siswa dalam penampilan dan bermain musik
· Siswa mengamati contoh-contoh yang disampaikan guru
terkait materi yang disampaikan.
Menanya
·
Siswa
mendikusikan dengan teman kelompoknya mengenai penampilkan dan karya aransemen
dan lagu yang akan ditampilkan.
·
Siswa
mendiskusikan dengan teman kelompoknya mengenai konsep, teknik, fungsi musik
·
Guru bertanya
dan meminta tanggapan siswa tentang video/rekaman lagu yang ditampilkan.
· Guru bertanya tentang pendapat dari berbagai sumber
tentang pengertian “tampilan sajian musik”
·
Guru bertanya
tentang fungsi penampilan, gelar dan sajian musik
Mencoba
· Siswa membaca notasi lagu-lagu yang akan ditampilkan
· Siswa mencoba mengekspresikan karya-karya musik dan
lagu-lagu akan ditampilkan
Mengasosiasi
· Siswa dibagi dalam kelompok 5 kelompok, masing-masing
terdiri atas 8 orang
·
Siswa dalam
kelompok mendiskusikan pendapat para
ahli tentang penampilan musik
·
Setiap kelompok
masing-masing menampilkan karyanya di depan kelas
· Setiap kelompok diminta mendiskusikan tampilannya dan
membuat laporannya secara tertulis
Mengomunikasikan
·
Guru menilai
sikap siswa dalam kerja kelompok dan membimbing/menilai keterampilan berkarya,
menganalisis berdasar kaidah teori secara referensional.
·
Menyimpulkan
data, serta menilai kemampuan siswa dalam memahami arti penampilan musik,
konsep, teknik dan fungsi berkarya seni musik.
B.
Penutup ( 15
menit )
·
Menstimulus
siswa untuk bersama-sama menyimpulkan konsep, teknik dalam penampilan musik.
· Memberikan tugas untuk berlatih
dengan rajin dan semangat karena dengan memiliki keterampilan yang
memadai dalam bermusik bisa mendatangan
keuntungan secara Financial.
· Melaksanakan postes sesuai indikator yang telah ditentukan.
I.
P e n i l a i a n
1.
Mekanisme dan
prosedur
Penilaian
dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan
melalui
observasi kerja kelompok, kinerja presentasi, dan laporan tertulis. Sedangkan
penilaian hasil dilakukan melalui tes tertulis.
2.
Instrumen
penilaian
a.
Instrumen
observasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas dalam kelompok, tanggungjawab, dan
kerjasama.
b.
Instrumen
kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada
aktivitas peran serta, kualitas visual presentasi, dan isi presentasi.
c.
Instrumen
laporan praktik menggunakan rubrik penilaian dengan fokus utama pada kualitas
visual, sistematika sajian data, kejujuran, dan jawaban pertanyaan.
d.
Instrumen tes
menggunakan tes tertulis uraian dan pilihan ganda.
e.
Instrumen
laporan praktik menggunakan rubrik penilaian dengan fokus utama pada kualitas
visual, sistematika sajian data, kejujuran, dan jawaban pertanyaan.
3.
Contoh Lembar
Instrumen Penilaian (Terlampir)
Jakarta, 14
Juli 2014
Mengetahui Kepala SMAN 42 Jakarta Guru Mata Pelajaran SENI
BUDAYA
Drs.H.Luthfi,
MM Drs.
Slamet Priyadi
NIP.
195904141990091001 NIP.
195712091987031006
Catatan Kepala Sekolah
|
Lampiran:
1. Instrumen
Penilaian Lembar Observasi dan kinerja presentasi
LEMBAR
PENGAMATAN OBSERVASI DAN KINERJA PRESENTASI
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Musik)
Kelas/Program : XI MIA/IIS
Kompetensi : KD 3.2 Dan 4.2
No
|
Nama Siswa
|
Observasi
|
Kinerja Presentasi
|
Jumlah
Skor
|
NilaI
|
||||
Aktif
|
Tanggung jawab
|
Kerja sama
|
Peran serta
|
Visual
|
Isi
|
||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
||||
1.
|
Muhammad Iqbal
|
4
|
4
|
3
|
4
|
3
|
3
|
21
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
pengisian skor
4. Sangat tinggi
3. Tinggi
2. Cukup tinggi
1. Kurang
2. Tanda ceklist
pada kolom Benar atau Salah
No
|
Pernyataan
|
Benar
|
Salah
|
1.
|
Musik adalah karya imajinatif yang menggunakan media
nada, irama, melodi dan harmoni.
|
|
|
2.
|
Musik yang dimainkan dengan dengan vokal saja
disebut acapela.
|
|
|
3.
|
Aransemen berarti membuat karya baru berdasarkan
imajinasinya
|
|
|
4.
|
Aransemen yang baik adalah aransemen yang tidak
memiliki harmoni.
|
|
|
3. Contoh Tes
Uraian
Jawablah
petanyaan berikut ini!
1.
Jelaskan pengertian musik menurut Matius Ali dan Hadi
Sunarko
2.
Jelaskan berikut
contoh-contohnyanya!
a.
Simbol-simbol
musik yang berkait dengan nada
b.
Simbol-simbol
musik yang berkait dengan irama
c.
Simbol-simbol
khusus
3.
Sebutkan
langkah-langkah mencipta lagu/musik!
4.
Tulislah melodi
lagu sebanyak 8 bar (birama) 4/4 buatanmu sendiri!
5.
Bacalah melodi
lagu tersebut secara solmisasi
4. Lembar
Instrumen Penilaian Praktik
No.
|
Nama siswa
|
Skor nilai ( 1 – 4 )
|
Nilai
|
|||
1.
|
Diana
|
Penguasaan alat
|
Ketepatan bunyi
|
Ekspresi
|
Harmoni
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
5. Lembar
Instrumen Penilaian Pribadi
P E N I L A I A
N P R I B A D I
Nama : fransisca
Kelas : XI MIA
Semester : Ganjil
Waktu
Penilaian : 5 Jam pelajaran
No.
|
Pernyataan Siswa
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Saya belajar
dengan sungguh-sungguh
|
|
|
2
|
Saya aktif
dan selalu bertanya jika ada penjelasan materi yang belum saya mengerti.
|
|
|
3
|
Saya Sering
menunda-nunda tugas yang diberikan guru
|
|
|
6. Lembar Instrumen Penilaian Antar Teman
P E N I L A I A N
A N T A R T E M A N
Nama :
Kelas :
Semester :
Waktu Penilaian
:
No.
|
Pernyataan Siswa
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Belajar
dengan sungguh-sungguh
|
|
|
2
|
Aktif dan
selalu bertanya jika ada penjelasan materi yang belum saya mengerti.
|
|
|
3
|
Sering
menunda-nunda tugas yang diberikan guru
|
|
|
Denmas Priyadi Blog – Jumat, 18 Juli 2014 – 07:50 Wib
terima kasih rpp nya
BalasHapusoia untuk seni tari seni teater seni tari dimana rppnya??
http://masterwinkom.blogspot.com