Kamis, 17 Juli 2014

RPP Seni Musik KD 3.3 - KD 4.3 Kls XI MIA/IIS TP 2014-2015



Denmas Priyadi Blog – Jumat, 18 Juli 2014 – 07:50 Wi
 
Salah satu kelompok Paduan Suara mengekspresikan aransemen yang dibuatnya
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       :           SMAN 42 Jakarta
Kelas/Semester          :           XI MIA/IIS
Materi Pokok             :           Paduan Suara
Alokasi Waktu            :           5 Jam Pelajaran (225 menit)

A.        K o m p e t e n s i  I n t i  ( KI )
1.     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  1. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
  2. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.        K o m p e t e n s i  D a s a r
1.1.     Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap karya seni  musik sebagai bentuk rasa syukur terhadap Anugerah Tuhan.
2.1.  Menunjukkan sikap kerja sama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian.
2.2.        Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiasi seni dan pembuatnya.
2.3.  Menunjukkan sikap responsi dan pro aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama, serta menghargai karya seni dan pembuatnya.
3.3.    Menganalisis hasil penampilan pergelaran musik berdasarkan konsep, teknik dan prosedur yang digunakan.
4.3.    Menampilkan musik individual, kelompok atau paduan suara.

C.        I n d i k a t o r  :
Pertemuan 5  (KD 3.3) :
  Menjelaskan sajian musik berdasar konsep pergelaran musik
  Menjelaskan teknik penampilan musik
  Menjelaskan prosedur dalam pergelaran  musik
Pertemuan 6 dan 7 (KD 4.3) :
  Membuat aransemen vokal untuk paduan suara
  Menampilkan lagu yang telah diaransir secara kelompok/paduan suara

D.        T u j u a n  P e m b e l a j a r a n
1.     Melalui proses mencari informasi, menanya, dan berdiskusi siswa dapat:
          Mencari di buku-buku, di internet  tentang  konsep penampilan musik
    Mendiskusikan teknik teknik penampilan musik
    Menjelaskan prosedur dalam penampilan musik

2.     Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan siswa :   
     Mampu membuat aransemen musik
     Mencoba, berlatih lagu-lagu yang akan ditampilkan
     Menampilan  lagu-lagu yang telah diaransir secara individual dan kelompok
                
E.     M a t e r i  P e m b e l a j a r a n

Fakta
             Mengapresiasi konsep, teknik, dan prosedur penampilan musik   
             Menampilkan karya musik secara individual dan kelompok 

        Konsep
             Analisis penampilan musik
             Penampilan musik   

Prinsip
          Menentukan tampilan musik yang disesuaikan dengan kemampuan siswa.
          Memperhatikan teknik vokal dan instrumental dalam sajian karya musiknya
          Penggunaan media dan alat disesuaikan dengan fasilitas dan sarana yang ada di sekolah

        Prosedural
            Siswa membentuk kelompok musik (setiap kelompok terdiri dari 8 orang, boleh kelompok sejenis, laki-laki saja atau perempuan saja. Bisa juga kelompok campuran yang terdiri dari laki-laki dan perempuan)
            Pelaksanaan tampilan musik dilakukan di dalam kelas
           Membuat laporan tertulis tentang tampilan musik yang telah digelar. 

E.         M e t o d e  P e m b e l a j a r a n 
   Diskusi kelompok
   Presentasi
   Demonstrasi
   Penugasan
   PAKEM

G.    M e d i a ,  A l a t  d a n  S u m b e r  P e m b e l a j a r a n
  Instrumen musik (gitar, piano)
  Tape Recorder, Video, CD, Hand Phone
  Buku Seni Budaya Kemedikbud RI 2014
               
H.    L a n g k a h  K e g i a t a n / S k e n a r i o  P e m b e l a j a r a n

        Rincian kegiatan :
Pertemuan ke : 5, 6, 7

A.      Kegiatan Awal  ( 15 Menit )

1.   Apersepsi
·            Mengucap salam, berdoa, absensi kehadiran siswa.
·            Menginformasikan kepada siswa visi dan misi sekolah, “Unggul dalam prestasi IPTEK dan IMTAQ yang berwawasan lingkungan serta menjunjung tinggi nilai-nilai budaya bangsa.”
·            Menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” sebagai bentuk rasa syukur ke hadirat Tuhan atas rahmat kemerdekaan bangsa Indonesia.
·            Menanyakan kepada siswa tentang pokok bahasan yang akan diberikan, apakah mereka sudah mendengar dan mengenal dan mengetahui sebelumnya.
·            Menyampaikan pokok bahasan dan materi pembelajaran sebagaimana yang tertera pada KD dan Indikator  RPP yang dibuat.

2.    Orientasi
·           Menunjukkan contoh-contoh berupa video youtube, koleksi foto-foto, rekaman pembelajaran seni musik.
·            Memberikan pemahaman tentang fungsi, guna dan manfaat mempelajari musik.


3.    Motivasi
·           Memberikan contoh-contoh penampilan musik baik musik instrumental, maupun musik vokal.
·           Memotivasi siswa agar tetap semangat belajar dalam berapresiasi dan berkreasi seni.
4.    Pemberian Acuan :
    Garis besar materi tentang penampilan musik
    Pembentukan kelompok diskusi dan penampil musik
                        Menyampaikan tujuan pembelajaran

B.  Kegiatan Inti ( 60 menit )

Mengamati
·      Siswa menyimak pendapat dari beberapa sumber tentang pengertian “gelar musik”
·      Siswa menyimak tentang konsep, teknik, fungsi musik dan prosedur penampilan  musik
·      Guru menilai keterampilan siswa dalam penampilan dan bermain musik
·      Siswa mengamati contoh-contoh yang disampaikan guru terkait materi yang disampaikan.

Menanya
·      Siswa mendikusikan dengan teman kelompoknya mengenai penampilkan dan karya aransemen dan lagu yang akan ditampilkan.
·      Siswa mendiskusikan dengan teman kelompoknya mengenai konsep, teknik, fungsi musik
·      Guru bertanya dan meminta tanggapan siswa tentang video/rekaman lagu yang ditampilkan.
·      Guru bertanya tentang pendapat dari berbagai sumber tentang pengertian “tampilan sajian musik”
·      Guru bertanya tentang fungsi penampilan, gelar dan sajian musik

Mencoba
·      Siswa membaca notasi lagu-lagu yang akan ditampilkan
·      Siswa mencoba mengekspresikan karya-karya musik dan lagu-lagu akan ditampilkan

Mengasosiasi
·      Siswa dibagi dalam kelompok 5 kelompok, masing-masing terdiri atas 8 orang
·      Siswa dalam kelompok  mendiskusikan pendapat para ahli tentang penampilan musik
·      Setiap kelompok masing-masing menampilkan karyanya di depan kelas
·      Setiap kelompok diminta mendiskusikan tampilannya dan membuat laporannya secara tertulis

Mengomunikasikan
·      Guru menilai sikap siswa dalam kerja kelompok dan membimbing/menilai keterampilan berkarya, menganalisis berdasar kaidah teori secara referensional.
·      Menyimpulkan data, serta menilai kemampuan siswa dalam memahami arti penampilan musik, konsep, teknik dan fungsi berkarya seni musik.

B.    Penutup  ( 15 menit )
·      Menstimulus siswa untuk bersama-sama menyimpulkan konsep, teknik dalam penampilan musik.
·      Memberikan tugas untuk berlatih dengan rajin dan semangat karena dengan memiliki keterampilan yang memadai dalam bermusik bisa mendatangan keuntungan secara Financial.
·      Melaksanakan postes sesuai indikator yang telah ditentukan.

I.          P e n i l a i a n

1.        Mekanisme dan prosedur
Penilaian dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan
melalui observasi kerja kelompok, kinerja presentasi, dan laporan tertulis. Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes tertulis.

2.        Instrumen penilaian
a.       Instrumen observasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada   aktivitas dalam kelompok, tanggungjawab, dan kerjasama.
b.      Instrumen kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas peran serta, kualitas visual presentasi, dan isi presentasi.
c.       Instrumen laporan praktik menggunakan rubrik penilaian dengan fokus utama pada kualitas visual, sistematika sajian data, kejujuran, dan jawaban pertanyaan.
d.      Instrumen tes menggunakan tes tertulis uraian dan pilihan ganda.
e.      Instrumen laporan praktik menggunakan rubrik penilaian dengan fokus utama pada kualitas visual, sistematika sajian data, kejujuran, dan jawaban pertanyaan.

3.         Contoh Lembar Instrumen Penilaian (Terlampir)



Jakarta, 14 Juli  2014
Mengetahui Kepala SMAN 42 Jakarta                     Guru Mata Pelajaran SENI BUDAYA






Drs.H.Luthfi, MM                                                             Drs. Slamet Priyadi
NIP. 195904141990091001                                            NIP. 195712091987031006

Catatan Kepala Sekolah








Lampiran:
1.    Instrumen Penilaian Lembar Observasi dan kinerja presentasi

LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI DAN KINERJA PRESENTASI

Mata Pelajaran                         : Seni Budaya (Musik)
Kelas/Program                          : XI MIA/IIS
Kompetensi                               : KD 3.2 Dan 4.2

No
Nama Siswa
Observasi
Kinerja Presentasi
Jumlah
Skor
NilaI
Aktif
Tanggung jawab
Kerja sama
Peran serta
Visual
Isi
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1.        
Muhammad Iqbal
4
4
3
4
3
3
21

2.        









3.        









4.        









5.        










Keterangan pengisian skor
4.  Sangat tinggi
3.  Tinggi
2.  Cukup tinggi
1.  Kurang

2.     Tanda ceklist pada kolom Benar atau Salah

No
Pernyataan
Benar
Salah
1.        
Musik adalah karya imajinatif yang menggunakan media nada, irama, melodi dan harmoni.


2.        
Musik yang dimainkan dengan dengan vokal saja disebut acapela.


3.        
Aransemen berarti membuat karya baru berdasarkan imajinasinya


4.        
Aransemen yang baik adalah aransemen yang tidak memiliki harmoni.




3.     Contoh Tes Uraian
Jawablah petanyaan berikut ini!
1.         Jelaskan  pengertian musik menurut Matius Ali dan Hadi Sunarko
2.         Jelaskan berikut contoh-contohnyanya!
a.    Simbol-simbol musik yang berkait dengan nada
b.    Simbol-simbol musik yang berkait dengan irama
c.     Simbol-simbol khusus
3.         Sebutkan langkah-langkah mencipta lagu/musik!
4.         Tulislah melodi lagu sebanyak 8 bar (birama) 4/4 buatanmu sendiri!
5.         Bacalah melodi lagu tersebut secara solmisasi

4.    Lembar Instrumen Penilaian Praktik

No.
Nama siswa
Skor nilai ( 1 – 4 )
Nilai
1.
Diana
Penguasaan alat
Ketepatan bunyi
Ekspresi
Harmoni

2.






3.






4.






5.







5.       Lembar Instrumen Penilaian Pribadi

P E N I L A I A N  P R I B A D I

Nama                           :   fransisca
Kelas                            :   XI MIA
Semester                     :  Ganjil
Waktu Penilaian        :   5 Jam pelajaran

No.
Pernyataan Siswa
Ya
Tidak
1
Saya belajar dengan sungguh-sungguh


2
Saya aktif dan selalu bertanya jika ada penjelasan materi yang belum saya mengerti.


3
Saya Sering menunda-nunda tugas yang diberikan guru



6.      Lembar Instrumen Penilaian Antar Teman

P E N I L A I A N  A N T A R  T E M A N

Nama                           :
Kelas                            :
Semester                     :
Waktu Penilaian        :

No.
Pernyataan Siswa
Ya
Tidak
1
Belajar dengan sungguh-sungguh


2
Aktif dan selalu bertanya jika ada penjelasan materi yang belum saya mengerti.


3
Sering menunda-nunda tugas yang diberikan guru



Denmas Priyadi Blog – Jumat, 18 Juli 2014 – 07:50 Wib

1 komentar:

  1. terima kasih rpp nya
    oia untuk seni tari seni teater seni tari dimana rppnya??
    http://masterwinkom.blogspot.com

    BalasHapus