Rabu, 23 Juli 2014

Silabus Seni Rupa Kurikulum 2013 Kelas XII



SILABUS MATA PELAJARAN SENI BUDAYA (SENI  RUPA) 
 
Satuan Pelajaran        :    SMA
Kelas                          :    XII

K o m p e t e n s I  I n t i :
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghayati dan  mengamalkan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif  dan proaktif,  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami,  menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa keingintahuannya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
:
Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
2.1. Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan
serta bangga terhadap  karya seni rupa  sebagai  bentuk rasa syukur terhadap  anugerah
Tuhan.

 2.1. Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian.

 2.2. Menunjukkan sikap santun,  jujur, cinta damai dan mengapresiai seni dan pembuatnya.

  2.3.  Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap
lingkungan dan  sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya.

 3.1  Mengevaluasi bahan, media dan  teknik yang  digunakan  dalam berkarya seni rupa.
 3.2  Mengkreasi  karya seni rupa
berdasarkan jenis, simbol dan fungsi dalam beragam media dan teknik.
4.1      Berkreasi  karya seni rupa dua dimensi

Bahan, media, jenis,
  simbol, fungsi, nilai
  estetika dan teknik
  dalam proses berkarya
  seni rupa dua dimensi.
Mengamati :
       Melihat bahan dan media yang digunakan dalam proses pembuatan karya seni rupa dua dimensi melalui media  cetak  (buku, majalah, brosur, dsb.),  internet dan kegiatan pameran
       Mengamati tentang teknik yang digunakan dalam proses    pembuatan karya seni rupa dua dimensi

Menanyakan:
       Menanyakan perkembangan penggunaan bahan dan media yang digunakan dalam proses pembuatan karya seni rupa dua dimensi
       Menanyakan perkembangan teknik yang digunakan dalam proses    pembuatan karya seni rupa dua dimensi

Mengeksplorasi:
       mengumpulkan informasi tentang bahan, media dan teknik yang digunanakan dalam pembuatan karya seni rupa dua dimensi
       berkreasi  dengan beragam media
       berkreasi dengan beragam teknik

Mengasosiasi:
·      Membandingkan   karya sendiri dengan karya orang lain , mengenai: bahan, media, jenis,  simbol, teknik dan estetika  yang terkandung di dalamnya
       menghubungkan data-data yang diperoleh dengan kegiatan berkarya

Mengkomunikasi:
       membuat karya seni rupa dua dimensi hasil kreasi sendiri
       menyampaikan hasil pengumpulan dan
simpulan informasi yang diperoleh
       mempertanggung jawabkan secara lisan atau  tulisan  mengenai  karya seni rupa dua dimensi yang dibuat

Tugas.
Membuat  karya tulis tentang
Perkembangan penggunaan
bahan,media dan teknik
yang digunakan dalam
proses   pembuatan karya  seni rupa  dua dimensi

Observasi
• format  pengamatan skala Sikap 
Portofolio
membuat sketsa sketsa
rancangan  lukisa kanvas  kreasi sendiri

Produk
• lukisan kanvas kreasi sendiri
kolase kertas kreasi sendiri
desain dekorasi kreasi sendiri

4 JP
Buku Paket Seni Budaya Kelas XII

- Buku-buku lain yang relevan

- Informasi melalui
Internet

- Pameran karya seni
Rupa          
- Seniman profesio-nal



Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1.Menunjukkan sikap pengha-yatan dan pengamalan
serta bangga terhadap  karya
seni rupa  sebagai  bentuk rasa syukur terhadap  anugerah
Tuhan.

 2.1. Menunjukkan sikap kerjasama,
bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian.

 2.2. Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya.

  2.3.  Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkung-an dan sesama, menghargai karya seni  dan pembuat-nya.

3.1  Mengevaluasi bahan, media dan teknik yang diguna-kan  dalam   berkar-ya seni rupa.

3.2  Mengkreasi  karya seni rupa
berdasarkan jenis, simbol dan fungsi dalam beragam media dan teknik.           
4.2.Berkreasi karya seni rupa tiga dimensi

Bahan, media, jenis,
simbol, nilai estetika dan teknik dalam
proses berkarya  seni rupa tiga dimensi
Mengamati :
       Membaca informasi tentang simbol dan fungsi dalam karya seni rupa tiga dimensi melalui media  cetak  (buku, majalah, brosur, dsb.),  internet dan kegiatan pameran
       Mengamati cara pembuatan karya seni rupa tiga dimensi

Menanyakan
       Menanyakan tentang perkembangan simbolisasi dalam karya seni rupa tiga dimensi
       Menanyakan  tentang perkembangan pemanfaatan karya seni rupa tiga dimensi

Mengeksplorasi:
       mengumpulkan informasi tentang
bahan, media dan teknik yang digunanakan dalam pembuatan karya seni rupa dua dimensi
       berkreasi  dengan beragam media
       berkreasi dengan beragam teknik

Mengasosiasi:
•Membandingkan   karya sendiri dan karya orang lain , mengenai: bahan, media, jenis,  simbol, teknik dan estetika  yang terkandung di dalamnya
•menghubungkan data-data yang diperoleh dengan kegiatan berkarya

Mengkomunikasi
•membuat karya seni rupa tiga dimensi
•menyampaikan hasil pengum pulan dan simpulan informasi yang diperoleh
•mempertanggung jawabkan secara lisan atau  tulisan  mengenai  karya seni rupa tiga dimensi

Tugas.
Membuat karya tulis tentang
fungsi karya seni rupa  tiga dimensi

Observasi
  format  pengamatan skala sikap
 
Portofolio
  membuat sketsa-sketsa
patung  abstrak

Produk
  patung abstrak dengan  berbagai media dan teknik


4 JP
Buku Paket Seni
Budaya Kelas XII

- Buku-buku lain yang relevan

- Informasi melalui internet

- Pameran karya seni
Rupa

- Seniman profesio-nal
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1.Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan
serta bangga terhadap  karya seni rupa  sebagai  bentuk rasa
syukur terhadap  anugerah Tuhan.

2.1.Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan
disiplin melalui aktivitas berkesenian.

2.2.Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam
mengapresiai seni dan pembuatnya.

 2.3.Menunjukkan sikap responsif
dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dansesama,menghargai karya seni dan pembuatnya.

3.3. Mengevaluasi   hasil pameran karya seni rupa.

4.3.Memamerkan karya seni rupa  hasil kreasi sendiri


Prosedur dan tata cara menyelenggarakan kegiatan pameran karya seni rupa




                   

Mengamati :
·      Melihat tentang  penyelenggaraan kegiatan pameran seni rupa yang diselenggarakan oleh seniman atau lembaga kesenian professional

Menanyakan:
·      Menanyakan tentang penyelenggaraan kegiatan pameran karya seni rupa 

Mengeksplorasi:
    mengumpulkan informasi tentang unsur-unsur  dan tata cara penyelenggaraan
pameran
    menentukan konsep pameran yang akan  diselenggarakan
Mengasosiasi :

    Membandingkan   penyelenggaraan pameran di sekolah dengan pameran  di tempat lain mengenai:    unsur-unsur, prosedur dan tata cara
    menghubungkan data-data yang diperoleh   dengan persiapa  penyelenggaraan    pameran

Mengkomunikasi
·      melaksanakan kegiatan pameran
·      menyampaikan hasil pengumpulan dan  simpulan informasi yang diperoleh
  menyampaikan konsep
     penyelenggaraan pameran yang telah

Tugas.
Membuat  proposal kegiatan
Pameran

Observasi
• format  pengamatan skala  sikap 

Produk
• pameran seni rupa hasil  karya siswa





5 JP
Buku Paket Seni
Budaya Kelas XII

- Buku-buku lain yang relevan

- Informasi melalui
  Internet

- Pameran karya seni
Rupa

- Seniman profesio-nal
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1.Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan
serta bangga terhadap  karya
seni rupa  sebagai  bentuk rasa syukur terhadap  anugerah
Tuhan.

2.1.Menunjukkan sikap kerjasama,
bertanggung jawab, toleran, dan
disiplin melalui aktivitas
berkesenian.

2.2.Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam
mengapresiai seni dan pembuatnya
  2.3.  Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap Lingkung-an dan sesama, menghargai karya seni dan pembuatnya.

3.4.Mengevaluasi karya berdasarkan  simbol, jenis,fungsi dan nilai estetis  serta  tokohnya   dalam    kritik  karya seni rupa sesuai dengan konteks budaya.

4.4.Membuat tulisan kritik  karya seni rupa mengenai  jenis, fungsi,   simbol,nilai estetis dan tokoh  berdasarkan hasil evaluasi
Jenis, simbol, fungsi, tokoh dan nilai estetis dalam   kritik  karya seni rupa.
Mengamati :
 membaca ulasan tentang karya seni rupa di media cetak

Menanyakan
• menanyakan langkah-langkah  dalam penulisan karya seni rupa
• mendiskusikan tentang penulisan karya
  seni rupa di media cetak

Mengeksplorasi:
• mengumpulkan informasi tentang prosedur dan tata cara penulisan karya seni rupa

Mengasosiasi :
• Membandingkan   karya sendiri dan karya orang lain, mengenai     prosedur penulisan karya  seni rupa
• menghubungkan data-data dalam proses penulisan yang dilakukan

Mengkomunikasi
·      menulis evaluasi tentang karya seni rupa yang dibuat teman sekelas
·      menyampaikan hasil pengumpulan dan  simpulan informasi yang diperoleh

Tugas.
Membuat evaluasi tentang
karya seni rupa yang  dibuat
teman sekelas

Observasi
• format  pengamatan skala sikap                 
Produk
• tulisan yang mengevaluasi
  karya seni rupa hasil karya
  teman sekelas  


5 JP
- Buku Paket Seni
  Budaya Kelas XII
- Buku-buku lain yang
  relevan
- Informasi melalui
  internet     
- Pameran karya seni
Rupa
- Seniman profesio-nal



1 komentar: