SILABUS MATA PELAJARAN SENI BUDAYA (SENI RUPA)
Satuan Pelajaran : SMA
Kelas : XII
K o m p e t e n s I I n t i :
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif, dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan
rasa keingintahuannya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
2.1. Menunjukkan sikap penghayatan
dan pengamalan
serta bangga terhadap karya seni rupa sebagai bentuk
rasa syukur terhadap anugerah
Tuhan.
2.1. Menunjukkan
sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan
disiplin melalui aktivitas berkesenian.
2.2. Menunjukkan
sikap santun, jujur,
cinta damai dan mengapresiai seni dan pembuatnya.
2.3. Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap
lingkungan
dan sesama,menghargai karya seni dan
pembuatnya.
3.1
Mengevaluasi bahan, media dan
teknik yang digunakan dalam berkarya seni rupa.
3.2
Mengkreasi karya seni rupa
berdasarkan
jenis, simbol dan fungsi dalam beragam media dan teknik.
4.1 Berkreasi karya
seni rupa dua
dimensi
|
Bahan,
media, jenis,
simbol, fungsi, nilai
estetika dan teknik
dalam proses berkarya
seni
rupa dua
dimensi.
|
Mengamati :
•
Melihat bahan dan media yang digunakan dalam proses
pembuatan karya seni rupa dua dimensi melalui media cetak (buku, majalah, brosur, dsb.),
internet dan kegiatan pameran
•
Mengamati tentang teknik yang digunakan dalam
proses pembuatan karya seni rupa dua
dimensi
Menanyakan:
•
Menanyakan perkembangan penggunaan bahan dan media
yang digunakan dalam proses pembuatan karya
seni rupa
dua dimensi
•
Menanyakan perkembangan teknik yang digunakan dalam
proses pembuatan karya seni rupa dua
dimensi
Mengeksplorasi:
•
mengumpulkan informasi tentang bahan, media dan
teknik yang digunanakan dalam pembuatan karya seni rupa dua dimensi
•
berkreasi dengan beragam
media
•
berkreasi dengan beragam teknik
Mengasosiasi:
·
Membandingkan karya sendiri dengan karya orang lain , mengenai: bahan, media,
jenis, simbol, teknik dan
estetika yang terkandung di dalamnya
•
menghubungkan data-data yang
diperoleh dengan kegiatan berkarya
Mengkomunikasi:
•
membuat karya seni rupa
dua dimensi hasil kreasi sendiri
• menyampaikan hasil pengumpulan dan
simpulan informasi yang diperoleh
•
mempertanggung jawabkan secara
lisan atau tulisan mengenai
karya seni rupa
dua dimensi yang dibuat
|
Tugas.
• Membuat karya tulis tentang
Perkembangan
penggunaan
bahan,media
dan teknik
yang
digunakan dalam
proses pembuatan karya
seni rupa dua dimensi
Observasi
• format pengamatan
skala Sikap
Portofolio
• membuat sketsa sketsa
rancangan lukisa kanvas kreasi sendiri
Produk
•
lukisan kanvas kreasi sendiri
• kolase
kertas kreasi sendiri
• desain
dekorasi kreasi sendiri
|
4 JP
|
Buku
Paket Seni Budaya Kelas XII
-
Buku-buku lain yang relevan
-
Informasi melalui
Internet
- Pameran karya seni
Rupa
-
Seniman profesio-nal
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1.Menunjukkan sikap pengha-yatan
dan pengamalan
serta bangga terhadap karya
seni
rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah
Tuhan.
2.1. Menunjukkan
sikap kerjasama,
bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian.
2.2. Menunjukkan
sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya.
2.3. Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap
lingkung-an dan sesama, menghargai karya seni dan pembuat-nya.
3.1 Mengevaluasi bahan, media dan teknik yang diguna-kan
dalam berkar-ya seni rupa.
3.2 Mengkreasi
karya seni rupa
berdasarkan
jenis, simbol dan fungsi dalam beragam media dan teknik.
4.2.Berkreasi karya seni rupa tiga dimensi
|
Bahan,
media, jenis,
simbol,
nilai estetika dan teknik dalam
proses
berkarya seni rupa tiga dimensi
|
Mengamati :
•
Membaca informasi tentang simbol dan fungsi dalam karya seni rupa tiga dimensi
melalui media cetak (buku,
majalah, brosur, dsb.), internet
dan kegiatan pameran
•
Mengamati cara pembuatan karya seni rupa tiga dimensi
Menanyakan
•
Menanyakan tentang perkembangan simbolisasi dalam karya seni rupa tiga dimensi
•
Menanyakan
tentang perkembangan pemanfaatan karya seni rupa tiga dimensi
Mengeksplorasi:
•
mengumpulkan informasi tentang
bahan, media
dan teknik yang digunanakan dalam pembuatan karya seni rupa dua dimensi
•
berkreasi dengan beragam
media
•
berkreasi dengan beragam teknik
Mengasosiasi:
•Membandingkan
karya sendiri dan karya orang lain , mengenai: bahan, media, jenis,
simbol, teknik dan estetika yang terkandung di dalamnya
•menghubungkan data-data yang diperoleh dengan kegiatan berkarya
Mengkomunikasi
•membuat karya seni rupa tiga dimensi
•menyampaikan hasil pengum pulan dan simpulan informasi
yang diperoleh
•mempertanggung jawabkan secara lisan atau tulisan mengenai
karya seni rupa
tiga dimensi
|
Tugas.
• Membuat karya tulis tentang
fungsi
karya seni rupa tiga dimensi
Observasi
• format pengamatan skala sikap
Portofolio
• membuat
sketsa-sketsa
patung abstrak
Produk
• patung abstrak dengan berbagai media dan teknik
|
4 JP
|
Buku
Paket Seni
Budaya
Kelas XII
-
Buku-buku lain yang relevan
-
Informasi melalui internet
- Pameran karya seni
Rupa
-
Seniman profesio-nal
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1.Menunjukkan sikap penghayatan
dan pengamalan
serta bangga terhadap karya seni rupa sebagai bentuk
rasa
syukur terhadap anugerah
Tuhan.
2.1.Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan
disiplin melalui aktivitas berkesenian.
2.2.Menunjukkan sikap santun, jujur,
cinta damai dalam
mengapresiai seni dan pembuatnya.
2.3.Menunjukkan
sikap responsif
dan
pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dansesama,menghargai karya seni dan
pembuatnya.
3.3.
Mengevaluasi
hasil pameran
karya seni rupa.
4.3.Memamerkan karya seni rupa hasil
kreasi sendiri
|
Prosedur
dan tata cara menyelenggarakan kegiatan pameran karya seni rupa
|
Mengamati :
·
Melihat tentang
penyelenggaraan kegiatan pameran seni rupa yang diselenggarakan oleh
seniman atau lembaga kesenian professional
Menanyakan:
·
Menanyakan tentang penyelenggaraan kegiatan pameran
karya seni rupa
Mengeksplorasi:
•
mengumpulkan informasi tentang unsur-unsur dan tata cara penyelenggaraan
pameran
• menentukan konsep pameran yang akan diselenggarakan
Mengasosiasi :
• Membandingkan penyelenggaraan pameran di sekolah dengan
pameran di tempat lain mengenai: unsur-unsur, prosedur dan tata cara
• menghubungkan
data-data yang diperoleh dengan persiapa penyelenggaraan pameran
Mengkomunikasi
·
melaksanakan kegiatan
pameran
·
menyampaikan hasil pengumpulan
dan simpulan informasi
yang diperoleh
● menyampaikan konsep
penyelenggaraan pameran yang telah
|
Tugas.
• Membuat proposal
kegiatan
Pameran
Observasi
• format pengamatan
skala sikap
Produk
•
pameran seni rupa hasil karya siswa
|
5 JP
|
Buku
Paket Seni
Budaya
Kelas XII
-
Buku-buku lain yang relevan
-
Informasi melalui
Internet
- Pameran karya seni
Rupa
-
Seniman profesio-nal
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1.Menunjukkan sikap penghayatan
dan pengamalan
serta bangga terhadap karya
seni
rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah
Tuhan.
2.1.Menunjukkan sikap kerjasama,
bertanggung jawab, toleran, dan
disiplin melalui aktivitas
berkesenian.
2.2.Menunjukkan sikap santun,
jujur, cinta damai dalam
mengapresiai seni dan pembuatnya
2.3. Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap
Lingkung-an dan sesama, menghargai karya seni dan pembuatnya.
3.4.Mengevaluasi
karya berdasarkan simbol, jenis,fungsi dan nilai
estetis serta
tokohnya dalam kritik
karya seni rupa sesuai dengan konteks budaya.
4.4.Membuat tulisan kritik
karya seni rupa mengenai jenis,
fungsi, simbol,nilai
estetis dan
tokoh berdasarkan hasil evaluasi
|
Jenis, simbol, fungsi, tokoh dan nilai estetis dalam
kritik karya seni rupa.
|
Mengamati :
membaca ulasan tentang karya seni
rupa di media cetak
Menanyakan
•
menanyakan langkah-langkah dalam penulisan karya seni rupa
•
mendiskusikan tentang penulisan karya
seni rupa di media cetak
Mengeksplorasi:
•
mengumpulkan informasi tentang prosedur dan tata cara penulisan karya seni rupa
Mengasosiasi :
• Membandingkan
karya sendiri dan karya orang lain, mengenai prosedur penulisan karya seni rupa
• menghubungkan data-data dalam proses penulisan yang dilakukan
Mengkomunikasi
·
menulis evaluasi tentang karya seni rupa yang dibuat
teman sekelas
·
menyampaikan hasil pengumpulan
dan simpulan informasi
yang diperoleh
|
Tugas.
• Membuat evaluasi tentang
karya
seni rupa yang dibuat
teman
sekelas
Observasi
• format pengamatan
skala sikap
Produk
•
tulisan yang mengevaluasi
karya seni rupa hasil karya
teman sekelas
|
5 JP
|
- Buku Paket Seni
Budaya Kelas XII
-
Buku-buku lain yang
relevan
-
Informasi melalui
internet
- Pameran karya seni
Rupa
-
Seniman profesio-nal
|
terimakasih infonya pak,semoga bermanfaat
BalasHapus