SILABUS MATA PELAJARAN SENI BUDAYA (SENI RUPA)
Satuan Pelajaran :
SMA
Kelas :
X
K o m p e t e n s i I n t i (KI)
:
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif, dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan
rasa keingintahuannya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1. Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga
terhadap karya
seni rupa sebagai
bentuk rasa syukur terhadap anugerah
Tuhan.
2.1. Menunjukkan
sikap kerjasama,
Bertanggung jawab, toleran, dan disiplin
melalui aktivitas
Berkesenian.
2.2. Menunjukkan
sikap santun, jujur,
cinta damai dalam
mengapresiai seni dan pembuatnya.
2.3. Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap
lingkungan
dan sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya.
3.1. Memahami bahan, media
dan teknik dalam proses berkarya
seni rupa.
3.2. Menerapkan
jenis, simbol dan nilai estetis dalam konsep
seni rupa.
4.1. Membuat karya seni rupa dua dimensi berdasarkan melihat model.
|
Bahan, media, jenis, simbol, nilai estetika
dan teknik dalam
proses berkarya
seni rupa dua dimensi
|
Mengamati :
•
Melihat karya
seni rupa
dua dimensi melalui media cetak (buku, majalah, brosur, dsb.),
internet dan kegiatan pameran
•
Mengamati proses
pembuatan karya seni rupa dua dimensi
Menanyakan
•
Menanyakan tentang konsep seni rupa dua dimensi yang ada dan berkembang
•
Menanyakan langkah-langkah membuat karya seni rupa dua dimensi
Mengeksplorasi:
·
Mengumpulkan informasi tentang jenis, simbol dan nilai
estetis
dalam konsep seni rupa.
•
Bereksperimen dengan beragam
media dan
teknik dalam membuat karya seni rupa
dua dimensi.
Mengasosiasi:
•
Membandingkan karya sendiri dengan karya orang lain , mengenai : bahan, media, jenis, simbol, teknik dan estetika yang
terkandung di dalamnya
•
menghubungkan data-data yang
diperoleh dengan kegiatan berkarya
Mengkomunikasi
•
membuat karya seni rupa
dua dimensi.
• Menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi
yang diperoleh
•
mempertanggung jawabkan secara
lisan atau tulisan mengenai
karya seni rupa
dua dimensi
|
Tugas.
• Membuat karya tulis tentang
jenis-jenis
karya seni rupa dua dimensi.
Observasi
• format pengamatan
skala sikap
Portofolio
• membuat sketsa dari obyek mahluk hidup dan benda mati.
Produk
•
gambar atau lukisan dengan obyek-obyek yang berbeda.
|
4 JP
|
•
Buku Paket Seni
Budaya Kelas X
•
Buku-buku lain yang
relevan
•
Informasi melalui
internet
•
Pameran karya seni
Rupa
•
Sumber lain yang
relevan dan disesuaikan
dengan kondisi
setempat
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1. Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan
serta
bangga terhadap karya seni rupa
sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan.
2.1. Menunjukkan
sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas
Berkesenian.
2.2. Menunjukkan
sikap santun, jujur,
cinta damai dalam
mengapresiai seni dan pembuatnya.
2.3. Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap
lingkungan
dan sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya.
3.1. Memahami
bahan,
media dan
teknik
dalam proses berkarya seni rupa.
3.2. Menerapkan
jenis, simbol dan
nilai estetis
dalam konsep seni rupa.
4.2. Membuat karya
seni rupa tiga dimensi
berdasarkan melihat model
|
Bahan, media, jenis, simbol, nilai estetika
dan teknik dalam
proses berkarya
seni rupa tiga dimensi
|
Mengamati :
•
Melihat karya
seni rupa
tiga dimensi melalui media cetak (buku, majalah, brosur, dsb.),
internet dan kegiatan pameran
•
Mengamati proses
pembuatan karya seni rupa tiga dimensi
Menanyakan
•
Menanyakan tentang konsep seni rupa tiga
dimensi yang ada dan berkembang
•
Menanyakan langkah-langkah membuat karya seni rupa tiga dimensi
Mengeksplorasi:
•
Mengumpulkan informasi tentang unsur- unsur dan jenis-jenis karya
seni rupa tiga dimensi
•
Bereksperimen dengan beragam teknik dan media dalam membuat karya seni rupa tiga dimensi
Mengasosiasi:
·
Membandingkan karya sendiri dengan karya orang lain , mengenai: bahan,
media, jenis, simbol, teknik dan estetika yang
terkandung di dalamnya
•
menghubungkan data-data yang
diperoleh dengan kegiatan berkarya
Mengkomunikasi
•
membuat karya seni rupa
tiga dimensi
• menyampaikan hasilpengumpulan dan
simpulan informasi yang diperoleh
•
mempertanggung jawabkan secara
lisan
atau tulisan mengenai
karya seni rupa
tiga dimensi.
|
Tugas.
• Membuat proposal
kegiatan
pameran
Observasi
• format pengamatan
skala
sikap
Produk
•
pameran seni rupa hasil
karya siswa
|
4 JP
|
Buku
Paket Seni
Budaya Kelas X
•
Buku-buku lain yang
relevan
•
Informasi melalui
internet
•
Pameran karya seni
Rupa
•
Sumber lain yang
relevan dan disesuaikan
dengan kondisi
setempat
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1. Menunjukkan sikap
penghayatan
dan pengamalan serta bangga terhadap
karya
seni rupa sebagai bentuk rasa syukur
terhadap anugerah Tuhan.
2.1. Menunjukkan
sikap kerjasama,
bertanggung jawab, toleran, dan disiplin
melalui aktivitas berkesenian.
2.2. Menunjukkan
sikap santun, jujur, cinta damai dalam
mengapresiai seni dan
pembuatnya.
2.3. Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap
lingkungan dan sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya.
3.3. Memahami pamera karya seni rupa.
4.3. Memamerkan
hasil karya seni rupa.
|
Prosedur
dan tata cara menyeleng-garakan kegiatan pameran karya
seni rupa.
|
Mengamati :
·
Melihat penyelenggaraan kegiatan pameran seni rupa
yang diselenggarakan oleh seniman atau lembaga kesenian profesional
Menanyakan
·
Menanyakan prosedur dan tata cara menyelenggarakan
kegiatan pameran karya seni rupa
Mengeksplorasi:
•
mengumpulkan informasi tentang unsur-unsur
dan tata cara penyelenggaraan pameran
•
menentukan konsep pameran yang akan diselenggarakan
Mengasosiasi :
• Membandingkan penyelenggaraan pameran di sekolah dan di
tempat lain mengenai unsur-unsur,
prosedur dan tata cara
• menghubungkan data-data yang diperoleh dengan persiapan
penyelenggaraan pameran
Mengkomunikasi
·
melaksanakan kegiatan
pameran
•
menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
• menyampaikan konsep
penyelenggaraan pameran yang telah
disusun
|
Tugas.
• Membuat proposal
kegiatan
Pameran.
Observasi
• format pengamatan
skala sikap.
Produk
•
pameran seni rupa hasil karya siswa
|
5 JP
|
Buku
Paket Seni
Budaya Kelas X
•
Buku-buku lain yang
relevan
•
Informasi melalui
internet
•
Pameran karya seni
Rupa
•
Sumber lain yang
relevan dan disesuaikan
dengan kondisi
setempat
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1. Menunjukkan sikap
penghayatan
dan pengamalan serta bangga terhadap
karya seni rupa sebagai
bentuk rasa syukur terhadap anugerah
Tuhan.
2.1. Menunjukkan
sikap kerjasama,
bertanggung jawab, toleran, dan
disiplin melalui aktivitas berkesenian
2.2. Menunjukkan
sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
3.4. Memahami jenis, simbol, fungsi dan nilai estetis dalam
kritik karya seni rupa.
4.4.
Membuat
tulisan
kritik karya seni rupa mengenai jenis, fungsi, simbol dan nilai
estetis berdasarkan
hasil pengamatan
|
Jenis, simbol, fungsi dan
nilai estetis dalam kritik
karya seni rupa.
|
Mengamati :
·
membaca ulasan tentang karya seni rupa di media
cetak.
Menanyakan
•
menanyakan istilah-istilah dalam penulisan karya seni rupa
• menanyakan
tentang penulisan karya seni rupa di
media cetak.
Mengeksplorasi:
•
mengumpulkan informasi tentang prosedur dan tata cara penulisan karya seni
rupa.
Mengasosiasi :
• Membandingkan
karya sendiri dan karya orang lain, mengenai prosedur penulisan karya seni rupa
• menghubungkan data-data dalam proses penulisan yang dilakukan
Mengkomunikasi
·
menulis ulasan tentang karya seni rupa yang dibuat
teman sekelas
· menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
|
Tugas.
• Membuat ulasan tentang
karya seni rupa yang dibuat teman sekelas
Observasi
• format pengamatan
skala sikap
Produk
•
tulisan yang mengulas
karya seni rupa hasil karya teman sekelas
|
5 JP
|
Buku
Paket Seni
Budaya Kelas X
•
Buku-buku lain yang
relevan
•
Informasi melalui
internet
•
Pameran karya seni
Rupa
•
Sumber lain yang
relevan dan disesuaikan
dengan kondisi
setempat
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar