SILABUS
MATA PELAJARAN: SENI
BUDAYA (SENI TEATER)
Aspek :
Seni Teater
Kelas :
XII
Kompetensi
Inti (KI) :
KI.1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
|
KI.2
|
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
|
KI.3
|
Memahami, menerapkan dan menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dan meta kognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI.4
|
Mengolah,
menalar, menyaji dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif , dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menunjukkan sikap
penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap karya seni teater sebagai bentuk rasa
syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1
Menunjukkan sikap
kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian
2.2
Menunjukkan sikap
santun, jujur, cinta
damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
2.3
Menunjukkan sikap
responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama,menghargai
karya seni dan pembuatnya
3.1
Mengevaluasi konsep, teknik dan prosedur berkarya teater
4.1.
Mengkreasi naskah drama
|
Mengkreasi naskah drama
|
Mengamati
·
Membaca dari berbagai
sumber belajar tentang jenis dan fungsi teater gaya kreasi
·
Membaca dari berbagai sumber belajara tentang konsep,
teknik dan prosedur
berkarya teater
·
Mengamati keunikan konsep,
teknik dan prosedur
berkarya teater
Menanya
·
Menanya keunikan konsep,
teknik dan prosedur
berkarya teater
Mengeksplorasi
· Mengumpulkan informasi mengenai konsep,
teknik dan prosedur
berkarya teater
· Melakukan eksplorasi konsep,
teknik dan prosedur
berkarya teater
Mengasosiasi
· Mengidenfikasi keunikan konsep,
teknik dan prosedur
berkarya teater
· menunjukkan
keunikan konsep, teknik dan prosedur berkarya teater
· Membandingkan keunikan konsep,
teknik dan prosedur
berkarya teater dengan
teater lainnya
Mengkomunikasi
· Cara
mengkreasi naskah drama
|
Tugas.
•Membuat kritik teater minimal 200 sampai 250 kata
Observasi
•format pengamatan skala sikap
Proyek
•Membuat sinopsis teater hasil
eksplorasi
Unjuk
Kerja
•Mengkreasi naskah drama
Produk
•kreasi naskah drama
|
4 jp
|
•Buku Paket Seni
Budaya Kelas XII
•Buku-buku lain yang relevan
•Informasi melalui
Internet
•VCD pertunjukan Pergelaran teater
•Kumpulan naskah drama
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menunjukkan sikap
penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap karya seni teater sebagai bentuk rasa
syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1
Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung
jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian
2.2
Menunjukkan sikap
santun, jujur, cinta
damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
2.3
Menunjukkan sikap
responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama,menghargai
karya seni dan pembuatnya
3.2
Mengkreasi teater berdasarkan simbol, jenis, dan fungsi dengan beragam teknik.
4.2.
Mengkreasi naskah drama dan
penampilan teater
|
- Mengkreasi penampilan teater
|
Mengamati
·
Membaca dari berbagai
sumber belajar tentang jenis dan fungsi
teater gaya kreasi
·
Mengamati berbagai sumber
belajara tentang mengkreasi
teater berdasarkan
simbol, jenis,
dan fungsi dengan beragam teknik.
Menanya
·
Menanya keunikan teater gaya kreasi berdasarkan jenis dan fungsinya
·
Menanya
teater kreasi
berdasarkan simbol, jenis,
dan fungsi dengan beragam teknik.
Mengeksplorasi
· Mengumpulkan informasi mengenai teater kreasi berdasarkan simbol, jenis, dan fungsi dengan beragam teknik.
· Melakukan improvisasi teater gaya kreasi berdasarkan simbol, jenis, dan fungsi dengan beragam teknik.
Mengasosiasi
· Mengidentifikasi keunikan teater kreasi
berdasarkan
simbol, jenis,
dan fungsi dengan beragam teknik.
· menunjukkan
keunikan teater kreasi berdasarkan simbol, jenis, dan fungsi dengan beragam teknik.
· Membandingkan keunikan teater kreasi berdasarkan simbol, jenis, dan fungsi dengan beragam teknik
dengan budaya setempat.
Mengkomunikasi
· Cara mengkreasi
naskah drama dan penampilan teater
|
Tugas.
•Membuat kritik teater minimal 200 sampai 250 kata
Observasi
•Format pengamatan skala sikap
Proyek
•Membuat sinopsis teater sesuai dengan
tata pentas
Unjuk
Kerja
•Mengkreasi naskah drama dan penampilan teater
Produk
•Naskah drama dan penampilan teater
|
4 jp
|
•Buku Paket Seni
Budaya Kelas XII
•Buku-buku lain yang relevan
•Informasi melalui
Internet
•VCD pertunjukan Pergelaran teater
•Kumpulan naskah drama
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menunjukkan sikap
penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap karya seni teater sebagai bentuk rasa
syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1
Menunjukkan sikap
kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian
2.2
Menunjukkan sikap
santun, jujur, cinta
damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
2.3
Menunjukkan sikap
responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama,menghargai
karya seni dan pembuatnya
3.3
Mengevaluasi
hasil
pergelaran
teater berdasarkan konsep, teknik dan prosedur.
4.3.
Mempergelarkan teater hasil kreasi sesuai tata pentas
|
Pergelaran teater hasil kreasi
|
Mengamati
·
Membaca dari berbagai
sumber belajar tentang jenis dan fungsi
teatergaya kreasi
·
Membaca dari berbagai sumber belajar tentang hasil
pergelaran
teater berdasarkan konsep, teknik dan prosedur
·
Mengamati keunikan teater
gaya kreasi berdasarkan berdasarkan
konsep, teknik dan prosedur
·
Mengamati keunikan teater gaya kreasi berdasarkan jenis dan fungsinya
Menanya
·
Menanya keunikan teater gaya kreasi berdasarkan konsep,
teknik dan prosedur
Mengeksplorasi
· Mengumpulkan informasi mengenai hasil pergelaran teater berdasarkan konsep,
teknik dan prosedur
· Melakukan eksplorasichasil
pergelaran
teater berdasarkan konsep, teknik dan prosedur
Mengasosiasi
· Mengidentifikasi keunikan teater kreasi
hasil pergelaran
teater berdasarkan konsep, teknik dan prosedur
· menunjukkan
keunikan hasil
pergelaran
teater berdasarkan konsep, teknik dan prosedur
· Membandingkan keunikan teater kreasi hasil
pergelaran
teater berdasarkan konsep, teknik dan prosedur
dengan pergelaran lainnya
Komunikasi
· pergelaran
teater
hasil kreasi sesuai tata pentas
|
Tugas.
•Membuat kritik teater minimal 200 sampai 250 kata
Observasi
•Format pengamatan skala ikap
Proyek
•Membuat sinopsis biografi tokoh teater gaya
kreasi di Indonesia
Unjuk
Kerja
•Mempergelarkan teater hasil kreasi sesuai tata
pentas
Produk
•teater gaya kreasi sesuai dengan tata pentas
|
5 jp
|
•Buku Paket Seni
Budaya Kelas XII
•Buku-buku lain yang relevan
•Informasi melalui
Internet
•VCD pertunjukan Pergelaran teater
•Kumpulan naskah drama
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menunjukkan sikap
penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap karya seni teater sebagai bentuk rasa
syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1
Menunjukkan sikap
kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian
2.2
Menunjukkan sikap
santun, jujur, cinta
damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
2.3
Menunjukkan sikap
responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama,menghargai
karya seni dan pembuatnya
3.4
Mengevaluasi naskah drama dan
pergelaran teater berdasarkan simbol, jenis, fungsi
dan nilai estetis serta tokohnya dalam kritik
teater.
4.4.
Membuat tulisan kritik
teater mengenai simbol, jenis, nilai estetis, fungsi dan tokohnya berdasarkan hasil evaluasi
|
- membuat kritik teater
|
Mengamati
·
Membaca dari berbagai
sumber belajar tentang jenis dan fungsi
teater gaya kreasi
·
Membaca dari berbagai sumber belajara tentang naskah
drama dan pergelaran teater berdasarkan
simbol, jenis,
fungsi
dan nilai estetis serta tokohnya dalam kritik
teater
·
Mengamati keunikan teater kreasi berdasarkan simbol, jenis, fungsi
dan nilai estetis serta tokohnya dalam kritik
teater
Menanya
·
Menanya mengenai keunikan teater kreasi berdasarkan
simbol, jenis,
fungsi
dan nilai estetis serta tokohnya dalam kritik
teater
·
Menanya mengenai simbol, jenis, fungsi
dan nilai estetis serta tokohnya dalam kritik
teater
· Menanya mengenai naskah
drama dan pergelaran teater berdasarkan
simbol, jenis,
fungsi
dan nilai estetis serta tokohnya dalam kritik
teater
Mengeksplorasi
· Mengumpulkan informasi tentang naskah drama
dan pergelaran teater berdasarkan simbol, jenis, fungsi
dan nilai estetis serta tokohnya dalam kritik
teater
· Melakukan improvisasi naskah
drama dan pergelaran teater berdasarkan
simbol, jenis,
fungsi
dan nilai estetis serta tokohnya dalam kritik
teater
Mengasosiasi
· Mengidentifikasi keunikan naskah
drama dan pergelaran teater berdasarkan
simbol, jenis,
fungsi
dan nilai estetis serta tokohnya dalam kritik
teater
· menunjukkan
keunikan naskah drama dan pergelaran teater
berdasarkan simbol, jenis, fungsi
dan nilai estetis serta tokohnya dalam kritik
teater
· Membandingkan keunikan naskah drama
dan pergelaran teater berdasarkan simbol, jenis, fungsi
dan nilai estetis serta tokohnya dalam kritik
teater
Mengkomunikasi
· tulisan kritik teater mengenai simbol, jenis,
nilai estetis, fungsi dan tokohnya berdasarkan
hasil evaluasi
|
Tugas.
•Membuat analisis terhadap pertunjukan teater gaya
kreasi
Observasi
•format pengamatan skala sikap
Proyek
•membuat sinopsis hasil pergelaran
Unjuk
Kerja
•Membuat tulisan kritik teater
berdasarkan hasil evaluasi
Produk
•Tulisan kritik teater berdasarkan
hasil evaluasi
|
5 jp
|
•Buku Paket Seni
Budaya Kelas XII
•Buku-buku lain yang relevan
•Informasi melalui
internet
•VCD pertunjukan Pergelaran teater
•Kumpulan naskah drama
|
|
|
|
|
|
|
terima kasih - naskah ini diperlukan oleh temanku ' Jatmiko, S>Pd.I.
BalasHapusSMK MITRA BAKTI HUSADA