Denmas
Priyadi Blog│Jumat, 24 Mei 2013│08:18 WIB
Guru adalah motivator pembangkit semangat belajar siswa |
“Rasa hormat dan penuh kasih sayang yang ditunjukkan oleh seorang guru
merupakan syarat utama kesuksesan siswa” [Pembelajaran Yang Efektif, hal.
36].
Apabila proses pembelajaran di
kelas yang dilakukan oleh guru mampu memenuhi kebutuhan-kebutuhan emosional
siswa, ada dialog secara interaktif dan komunikatif besar kemungkinan proses
pembelajaran akan berjalan lancar sesuai dengan tujuan pembelajaran yang
ditetapkan.
Berkait dengan hal tersebut di atas
seyogyanya guru dalam mengajar di kelas harus:
1. Sesering
mungkin memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mengundang respon siswa terkait
dengan materi pokok bahasan.
2. Menjaga agar pembelajaran fokus pada materi
yang telah ditetapkan tidak melantur kemana-mana. Subyek materi yang beragam
membuat suasana menjadi tidak focus dan tidak efektif.
3. Menjaga
agar kelas dan siswa terkonsentrasi pada orientasi belajar.
4. Menciptakan
suasana kelas yang menyenangkan, inovatif, kreatif, efektif sehingga siswa
dapat leluasa bertanya dan mengungkapkan pikiran dan perasaannya tanpa rasa
takut sedikitpun.
5. Menguasai
materi pokok bahasan dengan baik dan kompeten. Artinya, bisa dipertanggungjawabkan secara profesional
baik persiapannya, penguasaan diri dalam menyampaikan materi, penyampaian
metode pembelajaran yang tepat maupun kemampuan dalam menjawab semua
pertanyaan-pertanyaan yang diajukan siswa.
Sikap dan prilaku guru
yang penuh cinta, bersedia mendengarkan apa yang disampaikan, memberikan
kepercayaan kepada siswa, dan tidak mendominasi jalannya proses pembelajaran,
juga merupakan faktor penting yang sangat menentukan dalam menciptakan dan
membangun suasana belajar yang kondusif yang sudah barang tentu menentukan
keberhasilan guru daam mengajar. [<SP>]
Penulis:
Slamet Priyadi di Kp. Pangarakan - Bogor
Tidak ada komentar:
Posting Komentar