RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA Negeri 42 Jakarta
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA (Musik)
Kelas/Semester : XI MIA/IIS/Satu(Ganjil)
Materi Pokok :
Berkarya Seni Musik
Alokasi Waktu : 4 Jam Pelajaran (180 menit)
A.
K o m p e t e n
s i I n t i ( KI )
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
B.
K o m p e t e n s i
D a s a r
1.1. Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta
bangga terhadap karya seni musik
sebagai bentuk rasa syukur terhadap Anugerah Tuhan.
2.1. Menunjukkan sikap kerja sama, bertanggung
jawab, toleran, dan disiplin
melalui aktivitas berkesenian.
2.2. Menunjukkan
sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiasi seni dan
pembuatnya.
2.3. Menunjukkan sikap responsi dan pro aktif, peduli
terhadap lingkungan dan sesama,
serta menghargai karya seni dan pembuatnya.
3.2. Mengevaluasi
karya seni musik berdasarkan bentuk, teknik, jenis karya, dan nilai
estetetisnya.
4.2. Menulis karya musik sederhana
C.
I n d i k a t o r
Pertemuan 3
(KD 3.2. Aspek kognitif) :
• Menjelaskan evaluasi musik berdasar
bentuk musik
• Menjelaskan bentuk dan teknik berkarya
seni musik
• Menjelaskan jenis-jenis karya seni musik
• menjelaskan nilai estetika musik
Pertemuan 4 (KD 4.2. Aspek psikomotorik/keterampilan) :
• Membuat
karya musik vokal dan instrumental
• Menampilkan lagu hasil buatan sendiri
D. T u j u a
n P e m b e l a j a r a n
Melalui proses mencari
informasi, menanya, dan berdiskusi siswa dapat:
• Memahami tentang evaluasi dan bentuk
musik
• Memahami teknik berkarya seni musik
• Mengidentifikasi jenis-jenis musik
• Menilai karya seni musik
Melalui proses mencoba,
mengasosiasi, dan mengomunikasikan si
• Mampu
membuat lagu karya sendiri
•
Mendemonstrasikan lagu ciptaan sendiri
E.
M a t e r i P
e m b e l a j a r a n
Fakta
•
Mengapresiasi karya seni musik
• Berkarya
musik secara sederhana
Konsep
•
Gagasan dalam berkarya musik
a. Pengertian
musik
Musik adalah ungkapan gagasan, ide atau ungkapan
perasaan jiwa manusia yang estetis dan bermakna yang diwujudkan melalui media
“nada” (suara) baik musik vocal maupun musik instrumental yang ditata dengan
prinsip-prinsip tertentu. Matius Ali ( 2006 : 5 ). Musik adalah pernyataan isi hati manusia
yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan melodi dan ritme
serta mempunyai unsur harmoni atau keselarasan yang indah. Hadi
Sunarko (1987: 7)
b. penulisan
notasi musik
Sistem
penulisan musik dikenal ada penulisan notasi
angka yang satuannya berupa angka,
sistem penulisan notasi balok yang satuannya berupa gambar, dan notasi huruf yang
satuannya berupa huruf. Melalui notasi inilah kita bisa mengenal,lebih jauh
sebuah karya musik dengan membaca, menulis dan menyanyikan sebuah lagu.
Bahkan lebih dari itu kita bisa menuliskan kembali lagu-lagu ciptaan orang
lain maupun lagu ciptaan kita sendiri. Jelasnya, “notasi” merupakan perwujudan dari sebuah “lagu”,
sedangkan “not” merupakan perwujudan
dari “nada”. M.
Soeharto ( 2000 : 11 )
c. Simbol-simbol
musik
1) Simbol-simbol yang berkait dengan lambang nada
a) Angka
b) Titik
c) Garis miring silang nada
2) Simbol-simbol
yang berkait dengan lambang irama
a) Garis mendatar di atas not
b) Garis tegak
penentu birama
c) Garis lengkung
3)
Simbol-simbol
khusus
a)
Tanda birama
b) Tanda
ulang
c)
Tanda penutup (coda)
d)
Tanda dinamika
e)
Tanda fermata
f)
Tempo
Prinsip
• Siswa memonstrasikan lagu karya sendiri
yang telah diaransir
•
siswa memperhatikan teknik vokal dalam sajian karya musiknya
Prosedural
• Siswa membentuk kelompok musik (setiap
kelompok terdiri dari 8 orang, boleh kelompok
sejenis, laki-laki saja atau perempuan saja. Bisa juga kelompok
campuran yang terdiri dari laki-laki dan perempuan)
•
Mendemonstrasikan gubahan lagu berdasarkan teknik vokal dan tekstur
harmoni
• siswa membuat laporan tertulis tentang
tampilan musik yang telah digelar.
F. M e t o d
e P e m b e l a j a r a n
•
Diskusi kelompok
•
Pembelajaran saintifik
•
Demonstrasi dan penugasan
G. Media,
Alat dan Sumber Pembelajaran
•
Instrumen musik (gitar, piano)
•
Tape Recorder, CD, Hand Phone
•
Contoh gubahan lagu/aransemen musik
• Buku Seni
Budaya Kemedikbud RI 2014
H.
Langkah-Langkah Kegiatan/Skenario Pembelajaran
R i n c i a
n K e g i a t a n :
Pertemuan ke : 3, 4
1. Awal/Pendahuluan ( 15 menit )
a. Apersepsi
Mengucap salam, berdoa, absensi kehadiran siswa.
Menginformasikan
kepada siswa visi dan misi sekolah, “Unggul
dalam prestasi IPTEK dan IMTAQ yang berwawasan lingkungan serta menjunjung
tinggi nilai-nilai budaya bangsa.”
Menyanyikan
lagu kebangsaan “Indonesia Raya” sebagai
bentuk rasa syukur ke hadirat Tuhan atas rahmat kemerdekaan bangsa Indonesia.
Menanyakan
kepada siswa tentang pokok bahasan yang akan diberikan, apakah mereka sudah
mendengar dan mengenal dan mengetahui sebelumnya.
Menyampaikan
pokok bahasan dan materi pembelajaran sebagaimana yang tertera pada KD dan Indikator RPP yang dibuat.
b. Orientasi
• Menunjukkan contoh-contoh berupa video dari internet, koleksi rekaman
pembelajaran seni musik.
• Memberikan
pemahaman tentang fungsi dan manfaat berkarya musik.
c. Motivasi
- Memberikan contoh-contoh komposisi musik dengan
partiturnya baik musik instrumental,
maupun musik vokal.
- Menginformasikan tentang fungsi musik dan manfaat
berkarya musik.
d. Pemberian
Acuan :
-
pembentukan kelompok diskusi
- garis
besar materi tentang berkarya musik
- Tampilan
karya musik hasil buatan sendiri
e. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
• Melalui proses mencari informasi, menanya, dan berdiskusi siswa dapat:
• Memahami tentang konsep musik
•
Memahami teknik berkarya seni musik
•
Memahami prosedur dalam proses berkarya seni musik
f.
Mengkomunikasikan
Melalui proses mencoba,
mengasosiasi, dan mengomunikasikan siswa :
• Mampu
membuat lagu karya sendiri dengan partiturnya/notasi
• Menampilkan lagu ciptaan sendiri yang
dengan iringan musik
2. Kegiatan Inti ( 60 menit )
a. Mengamati
Siswa
menyimak pendapat dari beberapa sumber tentang pengertian
berkarya musik
Siswa
menyimak tentang konsep, teknik, fungsi musik dan prosedur berkarya seni
musik
Guru menilai
keterampilan siswa dalam berkarya dan bermain musik
Siswa mengamati contoh-contoh yang disampaikan guru
terkait materi yang disampaikan.
b. Menanya
• Siswa mendikusikan dengan teman
kelompoknya mengenai contoh karya
aransemen
dan lagu hasil ciptaannya.
Siswa
mendiskusikan dengan teman kelompoknya mengenai konsep, teknik, fungsi musik.
Guru bertanya
dan memin tanggapan siswa tentang video/rekaman lagu yang ditampilkan
Guru bertanya
tentang pendapat dari berbagai sumber tentang pengertian “Aransemen dan
berkarya seni musik”
Guru bertanya tentang fungsi aransemen dan berkarya
seni musik
c. Mencoba
Siswa membaca notasi aransemen lagu yang dibuatnya
Siswa menyimak syair atau lirik lagu yang
diciptakannya
d. Mengasosiasi
Siswa dibagi dalam kelompok 5 kelompok,
masing-masing terdiri atas 8 orang
Siswa dalam kelompok diminta mendiskusikan pendapat
para ahli pengertian aransemen dalam berkarya seni musik
Setiap kelompok masing-masing menampilkan karyanya
di depan kelas
Setiap kelompok diminta mendiskusikan tampilannya
dan membuat laporannya secara tertulis
Mengomunikasikan
Guru menilai sikap siswa dalam kerja kelompok dan
membimbing/menilai keterampilan berkarya, menganalisis berdasar kaidah teori
secara referensional.
Menyimpulkan data, serta menilai kemampuan siswa
memahami pengertian evaluasi, aransemen, konsep, teknik, fungsi, dan
manfaat berkarya seni musik.
3. Penutup (15 menit)
- Menstimulus
siswa untuk bersama menyimpulkan konsep,
teknik membuat gubahan lagu/ciptaan lagu, fungsi dan manfaat mempelajari
musik.
- Memberikan tugas untuk berlatih dengan rajin dan semangat karena dengan memiliki keterampilan yang memadai dalam bermusik bisa
mendatangkan keuntungan secara
Financial
- Melaksanakan postes sesuai
indikator yang telah ditentukan.
I. Penilaian
• Mekanisme dan prosedur
Penilaian dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian
proses dilakukan melalui observasi kerja
kelompok, kinerja presentasi, dan laporan tertulis. Sedangkan
penilaian hasil dilakukan melalui tes tertulis.
• Aspek dan Instrumen penilaian
- Instrumen observasi menggunakan lembar pengamatan
dengan fokus utama pada aktivitas dalam kelompok, tanggungjawab, dan
kerjasama.
- Instrumen kinerja presentasi menggunakan lembar
pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas peran serta, kualitas visual
presentasi, dan isi presentasi.
- Instrumen
laporan praktik menggunakan
rubrik penilaian dengan fokus utama pada kualitas visual, sistematika sajian
data, kejujuran, dan jawaban pertanyaan.
- instrumen tes menggunakan tes tertulis uraian dan/atau pilihan
ganda
• Contoh Instrumen (Terlampir)
Jakarta, 14
Juli 2014
Mengetahui
Kepala SMAN 42 Jakarta
Guru Mata Pelajaran Seni Budaya
Drs.H.Luthfi,
MM Drs. Slamet Priyadi
NIP.
195904141990091001 NIP. 195712091987031006
Lampiran:
1. Instrumen
Penilaian Lembar Observasi dan kinerja presentasi
LEMBAR
PENGAMATAN OBSERVASI DAN KINERJA PRESENTASI
Mata Pelajaran :
Seni Budaya (Musik)
Kelas/Program :
XI MIA/IIS
Kompetensi :
KD 3.2 Dan 4.2
Keterangan
pengisian skor
4. Sangat tinggi
3. Tinggi
2. Cukup tinggi
1. Kurang
2. Tanda ceklist
pada kolom Benar atau Salah
3. Contoh Tes
Uraian
Jawablah
petanyaan berikut ini!
1.
Jelaskan pengertian musik menurut Matius Ali dan
Hadi Sunarko
2.
Jelaskan berikut
contoh-contohnyanya!
a.
Simbol-simbol musik
yang berkait dengan nada
b.
Simbol-simbol
musik yang berkait dengan irama
c.
Simbol-simbol
khusus
3.
Sebutkan
langkah-langkah mencipta lagu/musik!
4.
Tulislah melodi
lagu sebanyak 8 bar (birama) 4/4 buatanmu sendiri!
5.
Bacalah melodi
lagu tersebut secara solmisasi
4. Lembar
Instrumen Penilaian Praktik
5. Lembar
Instrumen Penilaian Pribadi
PENILAIAN
PRIBADI
Nama : fransisca
Kelas : XI MIA
Semester : Ganjil
Waktu
Penilaian :
6. Lembar Instrumen Penilaian Antar Teman
PENILAIAN
ANTAR TEMAN
Nama :
Kelas :
Semester :
Waktu
Penilaian :
|
terima kasih rpp nya
BalasHapusoia untuk seni tari seni teater seni tari dimana rppnya??
http://masterwinkom.blogspot.com