Sabtu, 12 Juli 2014

RPP Seni Musik Kls. XI MIA / IIS KD.3.2 / KD.4.2 TP 2014-2015



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                              :               SMA Negeri 42 Jakarta
Mata Pelajaran                 :               SENI BUDAYA (Musik)
Kelas/Semester                 :               XI MIA/IIS/Satu(Ganjil)               
Materi Pokok                    :               Berkarya Seni Musik
Alokasi Waktu                  :               4 Jam Pelajaran (180 menit)

A.    K o m p e t e n s i  I n t i  ( KI )
1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
  1. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  2. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  3. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.     K o m p e t e n s i  D a s a r
1.1. Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap karya seni  musik sebagai bentuk rasa syukur terhadap Anugerah Tuhan.
2.1. Menunjukkan sikap kerja sama,  bertanggung  jawab,  toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian.
2.2. Menunjukkan  sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiasi seni dan pembuatnya.
2.3.  Menunjukkan sikap responsi dan pro aktif,  peduli  terhadap  lingkungan dan sesama, serta menghargai karya seni dan pembuatnya.
3.2. Mengevaluasi karya seni musik berdasarkan bentuk, teknik, jenis karya, dan nilai estetetisnya.
4.2. Menulis karya musik sederhana  
 
C.     I n d i k a t o r 
Pertemuan 3 (KD 3.2. Aspek kognitif) :
     Menjelaskan evaluasi musik berdasar bentuk musik
     Menjelaskan bentuk dan teknik berkarya seni musik
     Menjelaskan jenis-jenis karya seni musik
     menjelaskan nilai estetika musik
Pertemuan 4  (KD 4.2. Aspek psikomotorik/keterampilan) :
    Membuat karya musik vokal dan instrumental
    Menampilkan lagu hasil buatan sendiri

D.   T u j u a n  P e m b e l a j a r a n

Melalui proses mencari informasi, menanya, dan berdiskusi siswa dapat:
    Memahami tentang evaluasi dan bentuk musik
    Memahami teknik berkarya seni musik
    Mengidentifikasi jenis-jenis musik
    Menilai karya seni musik

Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan si
    Mampu membuat lagu karya sendiri
    Mendemonstrasikan lagu ciptaan sendiri
              
E.    M a t e r i  P e m b e l a j a r a n

      Fakta
         Mengapresiasi karya seni musik
    Berkarya musik secara sederhana

Konsep
          Gagasan dalam berkarya musik
 a.   Pengertian musik
Musik adalah ungkapan gagasan, ide atau ungkapan perasaan jiwa manusia yang estetis dan bermakna yang diwujudkan melalui media “nada” (suara) baik musik vocal maupun musik instrumental yang ditata dengan prinsip-prinsip tertentu. Matius Ali ( 2006 : 5 ).  Musik adalah pernyataan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan melodi dan ritme serta mempunyai unsur harmoni atau keselarasan yang indah. Hadi Sunarko (1987: 7)

b.    penulisan notasi musik
Sistem penulisan musik dikenal ada penulisan notasi angka  yang satuannya berupa angka, sistem  penulisan notasi balok yang satuannya berupa gambar, dan notasi huruf yang satuannya berupa huruf. Melalui notasi inilah kita bisa mengenal,lebih jauh sebuah karya musik dengan membaca, menulis dan menyanyikan sebuah lagu. Bahkan lebih dari itu kita bisa menuliskan kembali lagu-lagu ciptaan orang lain maupun lagu ciptaan kita sendiri. Jelasnya, “notasi” merupakan perwujudan dari sebuah  lagu”,  sedangkan “not”  merupakan  perwujudan  dari “nada”.  M. Soeharto ( 2000 : 11 )

c.     Simbol-simbol musik
1)    Simbol-simbol yang berkait dengan lambang nada
a)  Angka
b)  Titik
c)  Garis miring silang nada

2)  Simbol-simbol yang berkait dengan lambang irama
a)   Garis mendatar di atas not
b)   Garis tegak penentu birama
             c)   Garis lengkung
3)    Simbol-simbol khusus
a)    Tanda birama
b)   Tanda ulang
c)    Tanda penutup (coda)
d)   Tanda dinamika
e)   Tanda fermata
f)     Tempo

      Prinsip
         Siswa memonstrasikan lagu karya sendiri yang telah diaransir
         siswa memperhatikan teknik vokal dalam sajian karya musiknya

      Prosedural
 •   Siswa membentuk kelompok musik (setiap kelompok terdiri dari 8 orang, boleh kelompok  sejenis, laki-laki saja atau perempuan saja. Bisa juga kelompok campuran yang terdiri dari laki-laki dan perempuan)
          Mendemonstrasikan gubahan lagu berdasarkan teknik vokal dan tekstur harmoni
 •   siswa membuat laporan tertulis tentang tampilan musik yang telah digelar. 

F.   M e t o d e  P e m b e l a j a r a n
         Diskusi kelompok
         Pembelajaran saintifik
         Demonstrasi dan penugasan

G.   Media, Alat dan Sumber Pembelajaran

         Instrumen musik (gitar, piano)
         Tape Recorder, CD, Hand Phone
         Contoh gubahan lagu/aransemen musik
         Buku Seni Budaya Kemedikbud RI 2014

H.  Langkah-Langkah Kegiatan/Skenario Pembelajaran
R i n c i a n  K e g i a t a n :

Pertemuan ke :  3, 4

1.   Awal/Pendahuluan ( 15 menit )
a.   Apersepsi
Mengucap salam, berdoa, absensi kehadiran siswa.
Menginformasikan kepada siswa visi dan misi sekolah, “Unggul dalam prestasi IPTEK dan IMTAQ yang berwawasan lingkungan serta menjunjung tinggi nilai-nilai budaya bangsa.”
Menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” sebagai bentuk rasa syukur ke hadirat Tuhan atas rahmat kemerdekaan bangsa Indonesia.
Menanyakan kepada siswa tentang pokok bahasan yang akan diberikan, apakah mereka sudah mendengar dan mengenal dan mengetahui sebelumnya.
Menyampaikan pokok bahasan dan materi pembelajaran sebagaimana yang tertera pada KD  dan Indikator  RPP yang dibuat.

b.  Orientasi
Menunjukkan contoh-contoh berupa video dari internet, koleksi rekaman pembelajaran seni musik.
   Memberikan pemahaman tentang fungsi dan manfaat berkarya musik.

c.       Motivasi
- Memberikan contoh-contoh komposisi musik dengan partiturnya baik musik  instrumental, maupun musik vokal.
-   Menginformasikan tentang fungsi musik dan manfaat berkarya musik.

d.      Pemberian Acuan :
    -    pembentukan kelompok diskusi
  -    garis besar materi tentang berkarya musik
  -    Tampilan karya musik hasil buatan sendiri

e.       Menyampaikan tujuan pembelajaran
     Melalui proses mencari informasi, menanya, dan berdiskusi siswa dapat:
        Memahami tentang konsep musik
        Memahami teknik berkarya seni musik
        Memahami prosedur dalam proses berkarya seni musik

f.        Mengkomunikasikan
 Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan siswa :
  Mampu membuat lagu karya sendiri dengan partiturnya/notasi
  Menampilkan lagu ciptaan sendiri yang dengan iringan musik

      2.    Kegiatan Inti ( 60 menit )
 a.  Mengamati   
    Siswa menyimak pendapat dari beberapa sumber tentang pengertian
          berkarya musik
   Siswa menyimak tentang konsep, teknik, fungsi musik dan prosedur berkarya seni musik
   Guru menilai keterampilan siswa dalam berkarya dan bermain musik
  Siswa mengamati contoh-contoh yang disampaikan guru terkait materi yang     disampaikan.

b.  Menanya
   Siswa mendikusikan dengan teman kelompoknya mengenai contoh karya
     aransemen dan lagu hasil ciptaannya.
Siswa mendiskusikan dengan teman kelompoknya mengenai konsep, teknik, fungsi musik.
Guru bertanya dan memin tanggapan siswa tentang video/rekaman lagu yang ditampilkan
Guru bertanya tentang pendapat dari berbagai sumber tentang pengertian “Aransemen dan berkarya seni musik”
Guru bertanya tentang fungsi aransemen dan berkarya seni musik

c.   Mencoba
Siswa membaca notasi aransemen lagu yang dibuatnya
Siswa menyimak syair atau lirik lagu yang diciptakannya

d. Mengasosiasi
Siswa dibagi dalam kelompok 5 kelompok, masing-masing terdiri atas 8 orang
Siswa dalam kelompok diminta mendiskusikan pendapat para ahli pengertian aransemen dalam berkarya seni musik
Setiap kelompok masing-masing menampilkan karyanya di depan kelas
Setiap kelompok diminta mendiskusikan tampilannya dan membuat laporannya secara tertulis

Mengomunikasikan
Guru menilai sikap siswa dalam kerja kelompok dan membimbing/menilai keterampilan berkarya, menganalisis berdasar kaidah teori secara referensional.
Menyimpulkan data, serta menilai kemampuan siswa memahami pengertian  evaluasi,  aransemen, konsep, teknik, fungsi, dan manfaat berkarya seni musik.

3.    Penutup (15 menit)

-   Menstimulus siswa untuk bersama menyimpulkan konsep, teknik membuat gubahan lagu/ciptaan lagu, fungsi dan manfaat mempelajari musik.
-    Memberikan tugas untuk berlatih dengan rajin dan semangat karena dengan memiliki keterampilan  yang  memadai  dalam  bermusik bisa  mendatangkan  keuntungan secara Financial
-    Melaksanakan postes sesuai indikator yang telah ditentukan.

I.    Penilaian
   Mekanisme dan prosedur
Penilaian dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja  kelompok, kinerja presentasi, dan laporan tertulis. Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes tertulis.
   Aspek dan Instrumen penilaian
-  Instrumen observasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas dalam kelompok, tanggungjawab, dan kerjasama.
-   Instrumen kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas peran serta, kualitas visual presentasi, dan isi presentasi.
-    Instrumen laporan praktik menggunakan rubrik penilaian dengan fokus utama pada kualitas visual, sistematika sajian data, kejujuran, dan jawaban pertanyaan.
-       instrumen tes menggunakan tes tertulis uraian dan/atau pilihan ganda

  Contoh Instrumen (Terlampir)

Jakarta, 14 Juli 2014
Mengetahui Kepala SMAN 42 Jakarta                        Guru Mata Pelajaran Seni Budaya




Drs.H.Luthfi, MM                                                       Drs. Slamet Priyadi
NIP. 195904141990091001                                      NIP. 195712091987031006

Catatan Kepala Sekolah







Lampiran:
1.    Instrumen Penilaian Lembar Observasi dan kinerja presentasi

LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI DAN KINERJA PRESENTASI

Mata Pelajaran                         : Seni Budaya (Musik)
Kelas/Program                          : XI MIA/IIS
Kompetensi                               : KD 3.2 Dan 4.2


No
Nama Siswa
Observasi
Kinerja Presentasi
Jumlah
Skor
NilaI
Aktif
Tanggung jawab
Kerja sama
Peran serta
Visual
Isi
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1.        
Muhammad Iqbal
4
4
3
4
3
3
21

2.        









3.        









4.        









5.        










Keterangan pengisian skor
4.  Sangat tinggi
3.  Tinggi
2.  Cukup tinggi
1.  Kurang

2.     Tanda ceklist pada kolom Benar atau Salah

No
Pernyataan
Benar
Salah
1.        
Musik adalah karya imajinatif yang menggunakan media nada, irama, melodi dan harmoni.


2.        
Musik yang dimainkan dengan dengan vokal saja disebut acapela.


3.        
Aransemen berarti membuat karya baru berdasarkan imajinasinya


4.        
Aransemen yang baik adalah aransemen yang tidak memiliki harmoni.




3.     Contoh Tes Uraian
Jawablah petanyaan berikut ini!
1.         Jelaskan  pengertian musik menurut Matius Ali dan Hadi Sunarko
2.         Jelaskan berikut contoh-contohnyanya!
a.    Simbol-simbol musik yang berkait dengan nada
b.    Simbol-simbol musik yang berkait dengan irama
c.     Simbol-simbol khusus
3.         Sebutkan langkah-langkah mencipta lagu/musik!
4.         Tulislah melodi lagu sebanyak 8 bar (birama) 4/4 buatanmu sendiri!
5.         Bacalah melodi lagu tersebut secara solmisasi

4.    Lembar Instrumen Penilaian Praktik

No.
Nama siswa
Skor nilai ( 1 – 4 )
Nilai
1.
Diana
Penguasaan alat
Ketepatan bunyi
Ekspresi
Harmoni

2.






3.






4.






5.







5.       Lembar Instrumen Penilaian Pribadi
PENILAIAN PRIBADI
Nama                           :   fransisca
Kelas                            :   XI MIA
Semester                     :  Ganjil
Waktu Penilaian        :
No.
Pernyataan Siswa
Ya
Tidak
1
Saya belajar dengan sungguh-sungguh


2
Saya aktif dan selalu bertanya jika ada penjelasan materi yang belum saya mengerti.


3
Saya Sering menunda-nunda tugas yang diberikan guru



6.      Lembar Instrumen Penilaian Antar Teman

PENILAIAN ANTAR TEMAN

Nama                           :
Kelas                            :
Semester                     :
Waktu Penilaian        :

No.
Pernyataan Siswa
Ya
Tidak
1
Belajar dengan sungguh-sungguh


2
Aktif dan selalu bertanya jika ada penjelasan materi yang belum saya mengerti.


3
Sering menunda-nunda tugas yang diberikan guru




1 komentar:

  1. terima kasih rpp nya
    oia untuk seni tari seni teater seni tari dimana rppnya??
    http://masterwinkom.blogspot.com

    BalasHapus