Rabu, 23 Juli 2014

Silabus Seni Rupa Kelas X Kurikulum 2013



SILABUS MATA PELAJARAN SENI BUDAYA (SENI  RUPA) 
 
Satuan Pelajaran       :    SMA
Kelas                            :    X

K o m p e t e n s i  I n t i  (KI)    :
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghayati dan  mengamalkan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif  dan proaktif,  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami,  menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa keingintahuannya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
:
Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1. Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap karya
seni rupa sebagai
bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan.

 2.1. Menunjukkan sikap kerjasama,
Bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas
Berkesenian.

 2.2. Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam
mengapresiai seni dan pembuatnya.

  2.3.  Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap
lingkungan dan sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya.

3.1. Memahami bahan, media  dan teknik dalam proses berkarya
seni rupa.
3.2.  Menerapkan jenis, simbol dan nilai estetis dalam konsep seni rupa.

4.1. Membuat karya seni rupa dua dimensi berdasarkan melihat model.

Bahan, media, jenis, simbol, nilai estetika
dan teknik dalam
proses berkarya
seni rupa dua dimensi
Mengamati :
       Melihat karya seni rupa dua dimensi melalui media  cetak  (buku, majalah, brosur, dsb.),  internet dan kegiatan pameran
       Mengamati proses    pembuatan karya seni rupa dua dimensi
Menanyakan
       Menanyakan tentang konsep seni rupa dua dimensi  yang ada dan berkembang
       Menanyakan langkah-langkah membuat  karya seni rupa dua dimensi
Mengeksplorasi:
·      Mengumpulkan informasi  tentang jenis, simbol dan nilai estetis dalam konsep seni rupa.
       Bereksperimen dengan beragam media dan teknik dalam membuat  karya seni rupa dua dimensi.
Mengasosiasi:
       Membandingkan   karya sendiri dengan karya orang lain , mengenai : bahan,     media, jenis,  simbol, teknik dan estetika  yang terkandung di dalamnya
       menghubungkan data-data yang diperoleh dengan kegiatan berkarya
Mengkomunikasi
       membuat karya seni rupa dua dimensi.
       Menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
       mempertanggung jawabkan secara lisan atau  tulisan  mengenai  karya seni rupa dua dimensi

Tugas.
Membuat karya tulis tentang
jenis-jenis karya seni rupa dua  dimensi.

Observasi
• format  pengamatan skala sikap

Portofolio
membuat sketsa dari obyek mahluk hidup dan benda mati.

Produk
• gambar atau lukisan dengan obyek-obyek yang berbeda.

4 JP
• Buku Paket Seni
  Budaya Kelas X
• Buku-buku lain yang
  relevan
• Informasi melalui
  internet
• Pameran karya seni
  Rupa
• Sumber lain yang
  relevan dan disesuaikan
  dengan kondisi
  setempat

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1.  Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan
        serta bangga terhadap  karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan.
 2.1. Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas
Berkesenian.
 2.2. Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam
mengapresiai seni dan pembuatnya.
  2.3.  Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap
lingkungan dan sesama,menghargai karya seni  dan pembuatnya.
 3.1. Memahami bahan, media  dan
teknik dalam proses berkarya seni rupa.
3.2.  Menerapkan jenis, simbol dan nilai estetis dalam konsep seni rupa.
 4.2. Membuat karya seni rupa tiga dimensi berdasarkan melihat model


Bahan, media, jenis, simbol, nilai estetika
dan teknik dalam
proses berkarya
seni rupa tiga dimensi
Mengamati :
       Melihat karya seni rupa tiga dimensi melalui media  cetak  (buku, majalah, brosur, dsb.),  internet dan kegiatan pameran
       Mengamati proses    pembuatan karya seni rupa tiga dimensi

Menanyakan
       Menanyakan tentang konsep seni rupa tiga dimensi  yang ada dan berkembang
       Menanyakan langkah-langkah membuat  karya seni rupa tiga dimensi

Mengeksplorasi:
       Mengumpulkan informasi  tentang unsur- unsur dan jenis-jenis karya seni rupa tiga dimensi
       Bereksperimen dengan beragam teknik dan media dalam membuat karya seni rupa tiga dimensi

Mengasosiasi:
·      Membandingkan   karya sendiri dengan karya orang lain , mengenai: bahan,
     media, jenis,  simbol, teknik dan estetika  yang terkandung di dalamnya
       menghubungkan data-data yang diperoleh dengan kegiatan berkarya

Mengkomunikasi
       membuat karya seni rupa tiga dimensi
       menyampaikan hasilpengumpulan dan
simpulan informasi yang diperoleh
       mempertanggung jawabkan secara lisan
atau  tulisan  mengenai  karya seni rupa tiga dimensi.



Tugas.
Membuat  proposal kegiatan
  pameran
Observasi
• format  pengamatan skala
  sikap 
Produk
• pameran seni rupa hasil
  karya siswa

4 JP
Buku Paket Seni
  Budaya Kelas X
• Buku-buku lain yang
  relevan
• Informasi melalui
  internet
• Pameran karya seni
  Rupa
• Sumber lain yang
  relevan dan disesuaikan
  dengan kondisi
  setempat


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1.  Menunjukkan sikap
        penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap  karya
seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan.

 2.1. Menunjukkan sikap kerjasama,
bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas  berkesenian.

 2.2. Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam
mengapresiai seni dan
pembuatnya.

  2.3.  Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya.

3.3.  Memahami pamera karya seni rupa.

4.3.  Memamerkan hasil karya seni rupa.


Prosedur dan tata cara menyeleng-garakan kegiatan pameran karya seni rupa.
Mengamati :
·      Melihat penyelenggaraan kegiatan pameran seni rupa yang diselenggarakan oleh seniman atau lembaga kesenian profesional
Menanyakan
·      Menanyakan prosedur dan tata cara menyelenggarakan kegiatan pameran karya seni rupa 
Mengeksplorasi:
• mengumpulkan informasi tentang unsur-unsur  dan tata cara penyelenggaraan pameran
• menentukan konsep pameran yang akan diselenggarakan
Mengasosiasi :
  Membandingkan   penyelenggaraan pameran di sekolah dan di tempat lain mengenai  unsur-unsur, prosedur dan tata cara
• menghubungkan data-data yang diperoleh dengan persiapan penyelenggaraan pameran
Mengkomunikasi
·      melaksanakan kegiatan pameran
menyampaikan hasil pengumpulan dan  simpulan informasi yang diperoleh
  menyampaikan konsep
     penyelenggaraan pameran yang telah disusun

Tugas.
Membuat  proposal kegiatan
  Pameran.

Observasi
• format  pengamatan skala sikap.
 
Produk
• pameran seni rupa hasil karya siswa
5 JP
Buku Paket Seni
  Budaya Kelas X
• Buku-buku lain yang
  relevan
• Informasi melalui
  internet
• Pameran karya seni
  Rupa
• Sumber lain yang
  relevan dan disesuaikan
  dengan kondisi
  setempat

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1.  Menunjukkan sikap
        penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap  karya seni rupa sebagai
bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan.

 2.1. Menunjukkan sikap kerjasama,
bertanggung jawab, toleran, dan
disiplin melalui aktivitas berkesenian

 2.2. Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya

 3.4. Memahami  jenis, simbol, fungsi dan nilai estetis dalam  kritik  karya seni rupa.

4.4.  Membuat tulisan kritik karya seni rupa mengenai jenis, fungsi, simbol dan nilai estetis berdasarkan hasil pengamatan

Jenis, simbol, fungsi dan nilai estetis dalam   kritik  karya seni rupa.


Mengamati :
·      membaca ulasan tentang karya seni rupa di media cetak.

Menanyakan
• menanyakan istilah-istilah dalam penulisan karya seni rupa
• menanyakan tentang penulisan karya seni rupa di media cetak.

Mengeksplorasi:
• mengumpulkan informasi tentang prosedur dan tata cara penulisan karya seni rupa.

Mengasosiasi :
• Membandingkan   karya sendiri dan karya orang lain, mengenai   prosedur penulisan karya  seni rupa
• menghubungkan data-data dalam proses penulisan yang dilakukan
Mengkomunikasi
·      menulis ulasan tentang karya seni rupa yang dibuat teman sekelas
·      menyampaikan hasil pengumpulan dan  simpulan informasi yang diperoleh

Tugas.
Membuat ulasan tentang
  karya seni rupa yang  dibuat teman sekelas
Observasi
• format  pengamatan skala sikap 
Produk
• tulisan yang mengulas
  karya seni rupa hasil karya teman sekelas   


5 JP
Buku Paket Seni
  Budaya Kelas X
• Buku-buku lain yang
  relevan
• Informasi melalui
  internet
• Pameran karya seni
  Rupa
• Sumber lain yang
  relevan dan disesuaikan
  dengan kondisi
  setempat




Tidak ada komentar:

Posting Komentar