SILABUS MATA PELAJARAN SENI BUDAYA (SENI RUPA)
Satuan Pelajaran : SMA
Kelas :
XI
K o m p e t e n s I I n t i :
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif, dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan
rasa keingintahuannya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1. Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga
terhadap karya
seni rupa sebagai
bentuk rasa syukur terhadap anugerah
Tuhan.
2.1. Menunjukkan
sikap kerjasama,
Bertanggung jawab, toleran, dan disiplin
melalui aktivitas
Berkesenian.
2.2. Menunjukkan
sikap santun, jujur,
cinta damai dalam
mengapresiai seni dan pembuatnya.
2.3. Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap
lingkungan
dan sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya.
3.1.
Menganalisis bahan, media,
teknik dan
proses berkarya dalam seni rupa.
3.2. Mengevaluasi karya seni rupa
berdasarkan
jenis, simbol, fungsi, teknik dan nilai estetisnya.
4.1.Membuat karya seni rupa dua dimensi hasil modifikasi.
|
Bahan,media,jenis,simbol,
fungsi, nilai
estetika
dan teknik dalam proses berkarya
seni rupa dua dimensi
|
Mengamati :
•
meihat karya
seni rupa
dua dimensi melalui media cetak (buku, majalah, brosur, dsb.),
internet dan kegiatan pameran
• mengamati proses modifikasi karya seni rupa
dua dimensi
Menanyakan
•
menanya perkembangan penciptaan karya seni rupa dua dimensi
• menanya langkah-langkah
memodifikasi karya seni rupa dua dimensi
Mengeksplorasi :
• mengumpulkan
informasi tentang perkembangan
penciptaan karya seni rupa dua dimensi
• mengumpulkan informasi tentang
langkah-langkah memodifikasi karya seni
rupa dua dimensi
• memodifikasi karya seni rupa dua dimensi dengan
beragam media
•
memodifikasi karya seni
rupa dua dimensi dengan beragam teknik
Mengasosiasi :
• Membandingkan karya sendiri dengan karya orang lain , mengenai: media,
jenis, simbol, fungsi, nilai estetika
dan teknik dalam proses berkarya
• menghubungkan
data-data yang diperoleh dengan kegiatan berkarya
Mengkomunikasi
•membuat karya seni rupa dua dimensi
•menyampaikan hasil pengumpulan dan
simpulan informasi yang diperoleh
•mempertanggung jawabkan secara lisan atau tulisan mengenai
modifikasi
karya seni rupa dua dimensi
|
Tugas.
• Membuat karya tulis tentang
Konsep
dalam karya sen rupa dua dimensi
Observasi
• format pengamatan
skala sikap
Portofolio
• membuat motif-motif ragam hias dengan obyek benda
Alamiah
Produk
• desain batik
hasil modifikasi
•
gambar atau lukisan hasilmodifi-kasi
|
4
JP
|
- Buku Paket Seni
Budaya Kelas XI
-
Buku-buku lain yang
relevan
-
Informasi melalui
internet
- Pameran karya seni
Rupa
-
Seniman profesional
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
2.1. Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga
terhadap karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah
Tuhan.
2.2. Menunjukkan
sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dandisiplin
melalui aktivitas
Berkesenian.
2.3. Menunjukkan
sikap santun, jujur,
cinta damai dalam mengapresiai
seni dan pembuatnya.
2.3. Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap
lingkungan dansesama,menghargai karya seni dan pembuatnya.
3.1. Menganalisis bahan, media,
teknik dan
proses berkarya dalam seni rupa.
3.2. Mengevaluasi karya seni rupa
berdasarkan
jenis, simbol, fungsi, teknik dan nilai
estetisnya.
4.1.Membuat karya seni rupa tiga dimensi hasil modifikasi.
|
Bahan,
media, jenis,
simbol,
fungsi, nilai
estetika
dan teknik dalam proses berkarya seni
rupa tiga
dimensi
|
Mengamati :
•
Melihat penciptaan karya
seni rupa
tiga dimensi melalui media cetak (buku, majalah, brosur, dsb.),
internet dan kegiatan pameran
• mengamati proses modifikasi karya seni rupa
tiga dimensi
Menanyakan
•
Menanya perkembangan penciptaan karya seni rupa tiga dimensi
• menanya langkah-langkah
memodifikasi karya seni rupa tig dimensi
Mengeksplorasi:
• mengumpulkan informasi tentang perkembangan
penciptaan karya seni rupa tiga dimensi
• mengumpulkan informasi tentang langkah-langkah
memodifikasi karya seni rupa tiga
dimensi
• memodifikasi karya seni rupa tiga dimensi dengan
beragam media
•
memodifikasi karya seni
rupa tiga dimensi dengan beragam teknik
Mengasosiasi:
• Membandingkan karya sendiri dengan karya orang lain , mengenai: media,
jenis, simbol, fungsi, nilai
estetika dan teknik dalam proses
berkarya
• menghubungkan
data-data yang
diperoleh
dengan kegiatan berkarya
Mengkomunikasi
•
membuat karya seni rupa
tiga dimensi
• menyampaikan hasil pengumpulan dan
simpulan informasi yang diperoleh
•
mempertanggung jawabkan secara
lisan atau tulisan mengenai
modifikasi
karya seni rupa tiga dimensi
|
Tugas.
• Membuat karya tulis tentang
jenis-jenis karya seni rupa tiga dimensi
Observasi
• format pengamatan
skala sikap
Portofolio
• membuat sketsa-sketsa
rancangan benda fungsional
sederhana
hasil modifikasi
Produk
•
patung abstrak hasil
modifikasi
• benda fungsional sederhana hasil modifikasi
|
4
JP
|
- Buku Paket Seni
Budaya Kelas XI
-
Buku-buku lain yang
relevan
-
Informasi melalui
internet
- Pameran karya seni
Rupa
-
Seniman profesional
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1. Menunjukkan sikap
penghayatan dan pengamalan serta
bangga terhadap karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
2.1. Menunjukkan
sikap kerjasama,
bertanggung jawab, toleran, dan disiplin
melalui aktivitas berkesenian
2.2. Menunjukkan
sikap santun, jujur,
cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya.
2.3. Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap
lingkungan dansesama,menghargai karya seni dan pembuatnya.
3.3. Menganalisis
hasil pameran karya seni rupa.
4.1
Memamerkan karya
seni rupa
hasil modifikasi
|
Prosedur
dan tata cara menyeleng garakan
kegiatan pameran karya seni rupa
|
Mengamati :
·
Melihat penyelenggaraan kegiatan pameran seni rupa
yang diselenggarakan oleh seniman atau lembaga kesenian professional.
Menanyakan
·
Menanyakan prosedur dan tatacara penyelenggaraan kegiatan pameran karya seni
rupa.
Mengeksplorasi:
• mengumpulkan
informasi tentang unsur-unsur dan tata
cara penyelenggaraan pameran
• menentukan konsep pameran yang akan diselenggarakan.
Mengasosiasi :
• Membandingkan penyelenggaraan pameran di sekolah dengan
pameran di tempat lain mengenai: unsur-unsur, prosedur dan tata cara
• menghubungkan
data-data yang diperoleh dengan persiapan
penyelenggaraan pameran.
Mengkomunikasi
·
melaksanakan kegiatan
pameran
·
menyampaikan hasil pengumpulan
dan simpulan informasi
yang diperoleh
● menyampaikan konsep
penyelenggaraan pameran yang telah disusun
|
Tugas.
• Membuat proposal
kegiatan
Pameran
Observasi
• format pengamatan
skala sikap
Produk
•
pameran seni rupa hasil karya siswa
|
5
JP
|
- Buku Paket Seni
Budaya Kelas XI
-
Buku-buku lain yang
relevan
-
Informasi melalui
internet
- Pameran karya seni
Rupa
-
Seniman profesional
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1.Menunjukkan sikap penghayatan
dan pengamalan serta bangga terhadap
karya
seni rupa sebagai
bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan.
2.1. Menunjukkan
sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan
disiplin melalui aktivitas berkesenian.
2.2. Menunjukkan
sikap santun, jujur,
cinta damai dalam mengapresiai
seni dan pembuatnya.
2.3. Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap
lingkung-an dan sesama, menghargai karya seni dan pembuatnya.
3.4. Menganalisis jenis, simbol,
fungsi,
tokoh dan nilai estetis,
dalam kritik
karya seni rupa sesuai dengan konteks budaya.
4.4. Membuat tulisan kritik
karya seni rupa mengenai jenis,
fungsi, simbol, nilai
estetis dan
tokoh berdasarkan hasil analisa.
|
Jenis, simbol, fungsi, tokoh dan nilai estetis dalam
kritik karya seni rupa.
|
Mengamati :
membaca ulasan tentang karya seni
rupa di media cetak.
Menanyakan
•
menanyakan istilah-istilah dalam
penulisan
karya seni rupa
•
mendiskusikan tentang penulisan kary seni rupa di media cetak.
Mengeksplorasi:
•
mengumpulkan informasi tentang prosedur dan tata cara penulisan kary seni
rupa
Mengasosiasi :
• Membandingkan
karya sendiri dengan karya
orang lain , mengenai prosedur penulisan karya seni rupa
• menghubungkan data-data dalam proses
penulisan yang dilakukan
Mengkomunikasi
·
menulis analisa tentang karya seni rupa yang dibuat
teman sekelas
·
menyampaikan hasil pengumpulan
dan simpulan informasi
yang diperoleh
|
Tugas.
• Membuat analisa tentang
karya
seni rupa yang dibuat teman sekelas
Observasi
• format pengamatan
skala sikap
Produk
•
tulisan yang menganalisa karya seni rupa hasil karya
teman
sekelas
|
5
JP
|
- Buku Paket Seni
Budaya
Kelas XI
-
Buku-buku lain yang
relevan
-
Informasi melalui internet
- Pameran karya seni Rupa
-
Seniman profesional
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar