Rabu, 23 Juli 2014

Silabus Seni Rupa Kelas XI Kurikulum 2013



SILABUS MATA PELAJARAN SENI BUDAYA (SENI  RUPA) 
 
Satuan Pelajaran       :    SMA
Kelas                         :    XI

K o m p e t e n s I  I n t i :
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghayati dan  mengamalkan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif  dan proaktif,  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami,  menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa keingintahuannya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
:
Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1. Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap karya
seni rupa sebagai
bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan.

 2.1. Menunjukkan sikap kerjasama,
Bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas
Berkesenian.

 2.2. Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam
mengapresiai seni dan pembuatnya.

  2.3.  Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap
lingkungan dan sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya.

3.1. Menganalisis bahan, media,
teknik dan proses berkarya dalam seni rupa.

 3.2. Mengevaluasi  karya seni rupa
berdasarkan jenis, simbol, fungsi, teknik  dan  nilai estetisnya.

4.1.Membuat karya  seni rupa dua dimensi hasil modifikasi.

Bahan,media,jenis,simbol, fungsi, nilai
estetika dan teknik dalam proses berkarya
seni rupa dua dimensi
Mengamati :
       meihat karya seni rupa dua dimensi melalui media  cetak  (buku, majalah, brosur, dsb.),  internet dan kegiatan pameran
    mengamati proses modifikasi karya seni rupa dua dimensi

Menanyakan
       menanya perkembangan penciptaan karya seni rupa dua dimensi 
    menanya langkah-langkah
     memodifikasi  karya seni rupa dua dimensi

Mengeksplorasi :
   mengumpulkan informasi tentang  perkembangan penciptaan karya seni rupa dua dimensi
   mengumpulkan informasi tentang
     langkah-langkah memodifikasi  karya seni  rupa dua  dimensi
    memodifikasi karya seni rupa dua dimensi dengan beragam media
    memodifikasi karya seni rupa dua dimensi dengan beragam teknik

Mengasosiasi :
   Membandingkan   karya sendiri dengan karya orang lain , mengenai: media, jenis,  simbol, fungsi, nilai estetika dan teknik  dalam proses berkarya
   menghubungkan data-data yang diperoleh dengan kegiatan berkarya

Mengkomunikasi
membuat karya seni rupa dua dimensi
•menyampaikan hasil pengumpulan dan
simpulan informasi yang diperoleh
•mempertanggung jawabkan secara lisan atau  tulisan  mengenai  modifikasi karya seni rupa dua dimensi

Tugas.
Membuat karya tulis tentang
Konsep dalam karya sen rupa dua dimensi

Observasi
• format  pengamatan skala sikap 

Portofolio
membuat motif-motif ragam hias dengan obyek benda
Alamiah

Produk
desain batik hasil modifikasi
• gambar atau lukisan hasilmodifi-kasi

4 JP
- Buku Paket Seni
  Budaya Kelas XI
- Buku-buku lain yang
  relevan
- Informasi melalui
  internet
- Pameran karya seni
  Rupa
- Seniman profesional

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
2.1. Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap  karya seni rupa  sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan.

 2.2. Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dandisiplin melalui aktivitas
Berkesenian.

 2.3. Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam  mengapresiai seni dan pembuatnya.

  2.3.  Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dansesama,menghargai karya seni dan pembuatnya.

 3.1. Menganalisis bahan, media,
teknik dan proses berkarya dalam seni rupa.

 3.2. Mengevaluasi  karya seni rupa
berdasarkan jenis, simbol, fungsi, teknik  dan  nilai
estetisnya.

4.1.Membuat karya seni rupa tiga dimensi hasil modifikasi.

Bahan, media, jenis,
simbol, fungsi, nilai
estetika dan teknik dalam proses berkarya seni rupa tiga dimensi
Mengamati :
       Melihat penciptaan karya seni rupa tiga dimensi melalui media  cetak  (buku, majalah, brosur, dsb.),  internet dan kegiatan pameran
    mengamati proses modifikasi karya seni rupa tiga dimensi

Menanyakan
       Menanya perkembangan penciptaan karya seni rupa tiga dimensi 
    menanya langkah-langkah
     memodifikasi  karya seni rupa tig dimensi

Mengeksplorasi:
   mengumpulkan informasi tentang perkembangan penciptaan karya seni  rupa tiga dimensi
  mengumpulkan informasi tentang langkah-langkah memodifikasi  karya seni  rupa tiga  dimensi
    memodifikasi karya seni rupa tiga dimensi dengan beragam media
    memodifikasi karya seni rupa tiga dimensi dengan beragam teknik

Mengasosiasi:
   Membandingkan   karya sendiri dengan karya orang lain , mengenai: media, jenis,      simbol, fungsi, nilai estetika dan teknik      dalam proses berkarya
   menghubungkan data-data yang
     diperoleh dengan kegiatan berkarya

Mengkomunikasi
       membuat karya seni rupa tiga dimensi
       menyampaikan hasil pengumpulan dan
simpulan informasi yang diperoleh
       mempertanggung jawabkan secara lisan atau  tulisan  mengenai  modifikasi karya seni rupa tiga dimensi

Tugas.
Membuat karya tulis tentang
   jenis-jenis karya seni rupa tiga dimensi

Observasi
• format  pengamatan skala sikap 

Portofolio
membuat sketsa-sketsa
rancangan  benda fungsional
  sederhana  hasil modifikasi

Produk
• patung abstrak hasil
  modifikasi
  benda fungsional sederhana hasil modifikasi
 


4 JP
- Buku Paket Seni
  Budaya Kelas XI
- Buku-buku lain yang
  relevan
- Informasi melalui
  internet
- Pameran karya seni
  Rupa
- Seniman profesional
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1.  Menunjukkan sikap
penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap  karya seni rupa  sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan

 2.1. Menunjukkan sikap kerjasama,
bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian

 2.2. Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya.

  2.3.  Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dansesama,menghargai karya seni dan pembuatnya.

3.3.  Menganalisis hasil pameran karya seni rupa.

4.1      Memamerkan karya seni rupa hasil modifikasi

Prosedur dan tata cara menyeleng garakan kegiatan pameran karya seni rupa
Mengamati :
·      Melihat  penyelenggaraan kegiatan pameran seni rupa yang diselenggarakan oleh seniman atau lembaga kesenian professional.

Menanyakan
·      Menanyakan prosedur dan tatacara  penyelenggaraan kegiatan pameran karya seni rupa.

Mengeksplorasi:
    mengumpulkan informasi tentang unsur-unsur  dan tata cara penyelenggaraan pameran
    menentukan konsep pameran yang akan  diselenggarakan.

Mengasosiasi :
    Membandingkan   penyelenggaraan pameran di sekolah dengan pameran  di tempat lain mengenai:      unsur-unsur, prosedur dan tata cara
    menghubungkan data-data yang diperoleh   dengan persiapan penyelenggaraan    pameran.

Mengkomunikasi
·      melaksanakan kegiatan pameran
·      menyampaikan hasil pengumpulan dan  simpulan informasi yang diperoleh
  menyampaikan konsep
     penyelenggaraan pameran yang telah  disusun

Tugas.
Membuat  proposal kegiatan
  Pameran

Observasi
• format  pengamatan skala sikap                 
Produk
• pameran seni rupa hasil  karya siswa

5 JP
- Buku Paket Seni
  Budaya Kelas XI
- Buku-buku lain yang
  relevan
- Informasi melalui
  internet
- Pameran karya seni
  Rupa
- Seniman profesional
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1.Menunjukkan sikap  penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap  karya
seni rupa  sebagai
bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan.

 2.1. Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan
disiplin melalui aktivitas berkesenian.

 2.2. Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam  mengapresiai seni dan pembuatnya.

  2.3.  Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkung-an dan sesama, menghargai karya seni dan pembuatnya.

 3.4. Menganalisis jenis, simbol,
fungsi, tokoh dan nilai estetis,
dalam  kritik   karya seni rupa sesuai dengan konteks budaya.

4.4. Membuat tulisan kritik  karya seni rupa mengenai  jenis, fungsi, simbol,  nilai estetis dan tokoh  berdasarkan hasil analisa.
Jenis, simbol, fungsi, tokoh dan nilai estetis dalam   kritik  karya seni rupa.


Mengamati :
 membaca ulasan tentang karya seni rupa di media cetak.

Menanyakan
• menanyakan istilah-istilah dalam penulisan karya seni rupa
• mendiskusikan tentang penulisan kary  seni rupa di media cetak.

Mengeksplorasi:
• mengumpulkan informasi tentang prosedur dan tata cara penulisan kary seni rupa

Mengasosiasi :
• Membandingkan   karya sendiri dengan  karya orang lain , mengenai     prosedur penulisan karya  seni rupa
• menghubungkan data-data dalam proses
  penulisan yang dilakukan
Mengkomunikasi
·      menulis analisa tentang karya seni rupa yang dibuat teman sekelas
·      menyampaikan hasil pengumpulan dan  simpulan informasi yang diperoleh

Tugas.
Membuat analisa tentang
karya seni rupa yang  dibuat teman sekelas

Observasi
• format  pengamatan skala sikap 
Produk
• tulisan yang menganalisa karya seni rupa hasil karya
teman sekelas  


5 JP
- Buku Paket Seni
Budaya Kelas XI
- Buku-buku lain yang
relevan
- Informasi melalui  internet
- Pameran karya seni  Rupa
- Seniman profesional


Tidak ada komentar:

Posting Komentar