Jumat, 25 Juli 2014

Silabus Seni Tari Kurikulum 2013 Kelas XII





SILABUS MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA  (SENI  TARI)

Aspek                           :  Seni Tari
Kelas                            :  XII


Kompetensi Inti  (KI)        :
KI.1
Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya

KI.2
Menghayati dan  mengamalkan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif  dan proaktif,  dan  menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI.3
Memahami,  menerapkan dan menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan meta kognitif  berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI.4
Mengolah, menalar,  menyaji dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif , dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1     Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan  serta bangga terhadap karya seni  tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan

2.1     Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian

2.2     Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya

2.3     Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya

3.1         Mengevaluasi
konsep, teknik dan prosedur yang digunakan dalam  berkarya tari

4.1         Berkreasi karya tari sesuai dengan hitungan


-    improvisasi kreasi  berdasarkan jenis dan fungsi sesuai dengan hitungan
gerak tarI
Mengamati
·      Membaca  dari berbagai sumber belajar tentang tari gaya kreasi berdasarkan konsep, teknik dan prosedur  
·      Mengamati tayangan  tari gaya kreasi berdasarkan konsep, teknik dan prosedur    melalui media
·      Melihat  guru memperagakan gerak tari gaya berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur  

Menanya
·      Menanya tentang  tari gaya kreasi berdasarkan konsep, teknik dan prosedur  

Mengeksplorasi
·      Mencari contoh gerak tari gaya kreasi berdasarkan konsep, teknik dan prosedur  
·      Merangkai berbagai gerak tari sesuai  dengan  tari gaya kreasi berdasarkan konsep, teknik dan prosedur   dengan hitungan atau ketukan
·      Mendiskusikan gerak tari gaya kreasi berdasarkan konsep, teknik dan prosedur  

Mengasosiasi
·       Membandingkan gerak tari gaya kreasi di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan ruang, waktu dan tenaga
·       Membandingkan bentuk penyajian gerak tari gaya kreasi  daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur

Mengomunikasi
·       Menampilkan gerak tari gaya kreasi berdasarkan ketukan atau hitungan
·       Membuat deskripsi tari berdasarkan konsep, teknik dan prosedur

Tugas.
•Membuat  deskripsi gerak dasar tari  hasil kreasi

Unjuk Kerja
•mempergelarkan gerak tari gaya kreasi  sesuai dengan hitungan

Produk
•merangkai gerak  tari gaya kreasi sesuai ketukan
4 JP
Buku paket seni budaya kelas XII

Humprey, Doris, 1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.
 Hawkins, Alma,1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta
Hawkins, Alma M., 2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia, Jakarta: MSPI.
vidio pertunjukan tari

eksiklopedi tari Indonesia
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1    Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan  serta bangga terhadap karya seni  tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan

2.1    Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian

2.2    Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya

2.3    Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya

3.2         Mengkreasi  karya tari  berdasarkan simbol, jenis, dan fungsi dengan beragam teknik.

4.2       Berkreasi karya tari sesuai dengan iringan

-    Improvisasi gerak tar ikreasi  berdasarkan jenis dan fungsi sesuai dengan iringan

Mengamati
·       Membaca  dari berbagai sumber belajar tentang tari gaya kreasi berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan nilai estetis
·       Mengamati tayangan  tari gaya kreasi berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan nilai estetis melalui media
·       Melihat  guru memperagakan gerak tari gaya berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan nilai estetis

Menanya
·       Menanya tentang  tari gaya kreasi berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan nilai estetis

Mengeksplorasi
·       Mencari contoh gerak tari gaya kreasi berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan nilai estetis
·       Merangkai berbagai gerak tari sesuai  dengan  tari gaya kreasi berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan nilai estetis sesuai dengan iringan
·       Mendiskusikan gerak tari gaya kreasi berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan nilai estetis
Mengasosiasi
·       Membandingkan gerak tari gaya kreasi di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan nilai estetis
·       Membandingkan bentuk penyajian gerak tari gaya kreasi  daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan nilai estetis

Mengomunikasi
·       Menampilkan gerak tari gaya kreasi berdasarkan ketukan atau hitungan
·       Membuat kritik tari berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan nilai estetis

Tugas.
•Membuat  kritik tari minimal 600 kata

Unjuk Kerja
•mempergelarkan gerak tari gaya kreasi  sesuai dengan hitungan

Produk
•Membuat rangkaian gerak  tari gaya kreasi sesuai dengan iringan
4 JP
Buku paket seni budaya kelas XII

Humprey, Doris, 1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.
 Hawkins, Alma,1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta
Hawkins, Alma M., 2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia, Jakarta: MSPI.
vidio pertunjukan tari

eksiklopedi tari Indonesia
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1  Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan  serta bangga terhadap karya seni  tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1    Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian

2.2    Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya

2.3    Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya

3.3         Mengevaluasi   hasil pergelaran tari berdasarkan konsep, teknik dan prosedur

4.3      Mempergelarkan karya seni tari  hasil kreasi sendiri/kelompok sesuai dengan tata pentas

-    Menampilkan  tari kreasi  berdasarkan jenis dan fungsi sesuai dengan pendukung pertunjukan

Mengamati
·      Membaca  dari berbagai sumber belajar tentang tari gaya kreasi berdasarkan konsep, teknik dan prosedur  
·      Mengamati tayangan  tari gaya kreasi berdasarkan konsep, teknik dan prosedur    melalui media
·      Melihat  guru memperagakan gerak tari gaya berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur  

Menanya
·      Menanya tentang  tari gaya kreasi berdasarkan konsep, teknik dan prosedur  

Mengeksplorasi
·      Mencari contoh gerak tari gaya kreasi berdasarkan konsep, teknik dan prosedur  
·      Merangkai berbagai gerak tari sesuai  dengan  tari gaya kreasi berdasarkan konsep, teknik dan prosedur   dengan hitungan atau ketukan
·      Mendiskusikan gerak tari gaya kreasi berdasarkan konsep, teknik dan prosedur  

Mengasosiasi
·       Membandingkan gerak tari gaya kreasi di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan ruang, waktu dan tenaga
·       Membandingkan bentuk penyajian gerak tari gaya kreasi  daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur

Mengomunikasi
·       Menampilkan gerak tari gaya kreasi berdasarkan ketukan atau hitungan
·       Membuat deskripsi tari berdasarkan konsep, teknik dan prosedur

Tugas.
•Membuat  deskripsi gerak dasar tari hasil kreasi

Unjuk Kerja
•mempergelarkan gerak tari gaya kreasi  sesuai dengan iringan dan tata teknik pentas

Produk
•merangkai gerak  tari gaya kreasi sesuai iringan
4  JP
Buku paket seni budaya kelas XII
Humprey, Doris, 1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.
 Hawkins, Alma,1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta
Hawkins, Alma M., 2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia, Jakarta: MSPI.
vidio pertunjukan tari

eksiklopedi tari Indonesia
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1     Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan  serta bangga terhadap karya seni  tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1     Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian

2.2     Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya

2.3     Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya

3.4     Mengevaluasi karya tari berdasarkan  simbol, jenis,  fungsi dan nilai estetis  serta tokohnya   dalam    kritik  tari

4.4  Membuat tulisan kritik tari mengenai  simbol,  jenis,  nilai estetis, fungsi dan tokohnya  berdasarkan hasil evaluasi




-    Mepergelarkan  tari kreasi 
-    Membuat kritik tari

Mengamati
·       Membaca  dari berbagai sumber belajar tentang tari gaya kreasi berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan nilai estetis
·       Mengamati tayangan  tari gaya kreasi berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan nilai estetis i melalui media
·       Melihat  guru memperagakan gerak tari gaya berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan nilai estetis


Menanya
·       Menanya tentang  tari gaya kreasi berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan nilai estetis

Mengeksplorasi
·       Mencari contoh gerak tari gaya kreasi berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan nilai estetis
·       Merangkai berbagai gerak tari sesuai  dengan  tari gaya kreasi berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan nilai estetis
dengan iringan
·       Mendiskusikan gerak tari gaya kreasi berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan nilai estetis
  

Mengasosiasi
·       Membandingkan gerak tari gaya kreasi di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan nilai estetis
·       Membandingkan bentuk penyajian gerak tari gaya kreasi  daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan nilai estetis


Mengomunikasi
·       Menampilkan gerak tari gaya kreasi berdasarkan iringan dan tata teknik pentas
·       Membuat kritik tari berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan nilai estetis

Tugas.
•Membuat  kritik tari minimal 600 kata

Unjuk Kerja
•mempergelarkan tari gaya kreasi sendiri/kelompok sesuai dengan iringan dan tata teknik pentas

Produk
•membuat tari gaya kreasi  sesuai iringan dan tata teknik pentas
5 JP

Buku  paket seni budaya kelas XII
Humprey, Doris, 1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.
 Hawkins, Alma,1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta
Hawkins, Alma M., 2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia, Jakarta: MSPI.
vidio pertunjukan tari

eksiklopedi tari Indonesia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar