SILABUS
MATA PELAJARAN: SENI
BUDAYA (SENI TARI)
Aspek :
Seni Tari
Kelas :
XII
Kompetensi
Inti (KI) :
KI.1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
|
KI.2
|
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
|
KI.3
|
Memahami, menerapkan dan menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dan meta kognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI.4
|
Mengolah,
menalar, menyaji dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif , dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menunjukkan sikap
penghayatan dan pengamalan serta
bangga terhadap karya seni tari
sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1
Menunjukkan sikap
kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian
2.2
Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
2.3
Menunjukkan sikap responsif
dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama,menghargai karya seni
dan pembuatnya
3.1
Mengevaluasi
konsep, teknik dan prosedur
yang digunakan dalam berkarya tari
4.1
Berkreasi karya
tari sesuai dengan hitungan
|
- improvisasi kreasi berdasarkan jenis dan fungsi sesuai dengan
hitungan
gerak tarI
|
Mengamati
· Membaca dari berbagai sumber belajar tentang tari gaya kreasi berdasarkan konsep, teknik dan
prosedur
· Mengamati tayangan tari gaya kreasi berdasarkan konsep, teknik
dan prosedur melalui media
· Melihat
guru memperagakan gerak tari gaya berdasarkan konsep, teknik, dan
prosedur
Menanya
· Menanya tentang tari gaya kreasi berdasarkan konsep, teknik dan
prosedur
Mengeksplorasi
· Mencari contoh gerak tari gaya kreasi berdasarkan konsep, teknik dan
prosedur
· Merangkai berbagai gerak tari sesuai dengan
tari gaya kreasi berdasarkan konsep, teknik dan
prosedur dengan hitungan atau ketukan
· Mendiskusikan gerak tari gaya kreasi berdasarkan konsep, teknik dan
prosedur
Mengasosiasi
·
Membandingkan gerak tari gaya kreasi di lingkungan tempat tinggal siswa
dengan daerah lain berdasarkan ruang, waktu dan tenaga
·
Membandingkan bentuk penyajian gerak tari gaya kreasi daerah tempat tinggal siswa dengan daerah
lain berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur
Mengomunikasi
·
Menampilkan gerak tari gaya kreasi berdasarkan ketukan atau hitungan
·
Membuat deskripsi tari berdasarkan konsep, teknik dan prosedur
|
Tugas.
•Membuat deskripsi gerak dasar tari hasil kreasi
Unjuk Kerja
•mempergelarkan
gerak tari gaya kreasi sesuai dengan
hitungan
Produk
•merangkai
gerak tari gaya kreasi sesuai ketukan
|
4 JP
|
Buku
paket seni budaya kelas XII
Humprey, Doris, 1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.
Hawkins, Alma,1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta
Hawkins, Alma M., 2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I
Wayan Dibia, Jakarta: MSPI.
vidio pertunjukan tari
eksiklopedi tari Indonesia
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menunjukkan sikap
penghayatan dan pengamalan serta
bangga terhadap karya seni tari
sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
2.1
Menunjukkan sikap
kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian
2.2
Menunjukkan sikap
santun, jujur, cinta
damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
2.3
Menunjukkan
sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan
sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya
3.2
Mengkreasi karya tari berdasarkan simbol, jenis, dan fungsi dengan beragam teknik.
4.2 Berkreasi
karya tari sesuai
dengan iringan
|
- Improvisasi gerak tar
ikreasi berdasarkan jenis dan fungsi sesuai
dengan iringan
|
Mengamati
·
Membaca dari berbagai sumber belajar tentang tari gaya kreasi berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan nilai estetis
·
Mengamati
tayangan tari gaya kreasi berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan nilai estetis melalui
media
·
Melihat guru memperagakan gerak tari gaya
berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan nilai
estetis
Menanya
·
Menanya
tentang tari gaya kreasi berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan nilai estetis
Mengeksplorasi
·
Mencari contoh gerak tari gaya kreasi berdasarkan simbol, jenis,
fungsi, dan nilai estetis
·
Merangkai berbagai gerak tari sesuai dengan
tari gaya kreasi
berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan nilai
estetis sesuai dengan iringan
·
Mendiskusikan gerak tari gaya kreasi berdasarkan simbol, jenis,
fungsi, dan nilai estetis
Mengasosiasi
·
Membandingkan gerak tari gaya kreasi di lingkungan tempat tinggal siswa
dengan daerah lain berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan nilai estetis
·
Membandingkan bentuk penyajian gerak tari gaya kreasi daerah tempat tinggal siswa dengan daerah
lain berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan nilai estetis
Mengomunikasi
·
Menampilkan gerak tari gaya kreasi berdasarkan ketukan atau hitungan
·
Membuat kritik tari berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan nilai
estetis
|
Tugas.
•Membuat kritik tari minimal 600 kata
Unjuk
Kerja
•mempergelarkan gerak tari gaya kreasi
sesuai dengan hitungan
Produk
•Membuat rangkaian gerak tari gaya kreasi sesuai dengan iringan
|
4 JP
|
Buku paket seni budaya kelas XII
Humprey,
Doris, 1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan
Kesenian Jakarta, Jakarta.
Hawkins, Alma,1990.
Mencipta
Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta
Hawkins,
Alma M., 2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan
Dibia, Jakarta: MSPI.
vidio
pertunjukan tari
eksiklopedi
tari Indonesia
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menunjukkan sikap penghayatan dan
pengamalan serta bangga terhadap karya
seni tari
sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
2.1
Menunjukkan sikap
kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian
2.2
Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan
pembuatnya
2.3
Menunjukkan
sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan
sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya
3.3
Mengevaluasi
hasil
pergelaran tari berdasarkan konsep, teknik dan prosedur
4.3
Mempergelarkan karya seni tari hasil kreasi sendiri/kelompok sesuai dengan tata pentas
|
- Menampilkan tari kreasi berdasarkan jenis dan fungsi sesuai dengan pendukung pertunjukan
|
Mengamati
· Membaca dari berbagai sumber belajar
tentang tari gaya kreasi
berdasarkan konsep, teknik dan prosedur
· Mengamati tayangan tari gaya kreasi berdasarkan konsep, teknik
dan prosedur melalui media
· Melihat
guru memperagakan gerak tari gaya berdasarkan konsep, teknik, dan
prosedur
Menanya
· Menanya tentang tari gaya kreasi berdasarkan konsep, teknik dan prosedur
Mengeksplorasi
· Mencari contoh gerak tari gaya kreasi berdasarkan konsep, teknik dan
prosedur
· Merangkai berbagai gerak tari
sesuai dengan tari gaya kreasi berdasarkan konsep, teknik dan prosedur dengan hitungan atau ketukan
· Mendiskusikan gerak tari gaya kreasi berdasarkan konsep, teknik dan
prosedur
Mengasosiasi
·
Membandingkan gerak tari gaya kreasi di lingkungan tempat tinggal siswa
dengan daerah lain berdasarkan ruang, waktu dan tenaga
·
Membandingkan bentuk penyajian gerak tari gaya kreasi daerah tempat tinggal siswa dengan daerah
lain berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur
Mengomunikasi
·
Menampilkan gerak tari gaya kreasi berdasarkan ketukan atau hitungan
·
Membuat deskripsi tari berdasarkan konsep, teknik dan prosedur
|
Tugas.
•Membuat deskripsi gerak dasar tari hasil kreasi
Unjuk
Kerja
•mempergelarkan gerak tari gaya kreasi
sesuai dengan iringan dan tata teknik
pentas
Produk
•merangkai gerak tari gaya kreasi sesuai iringan
|
4 JP
|
Buku paket seni budaya kelas XII
Humprey,
Doris, 1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan
Kesenian Jakarta, Jakarta.
Hawkins, Alma,1990.
Mencipta
Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta
Hawkins,
Alma M., 2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan
Dibia, Jakarta: MSPI.
vidio
pertunjukan tari
eksiklopedi
tari Indonesia
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menunjukkan sikap
penghayatan dan pengamalan serta
bangga terhadap karya seni tari
sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1
Menunjukkan sikap
kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian
2.2
Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan
sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan
sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya
3.4
Mengevaluasi karya tari
berdasarkan simbol, jenis, fungsi dan nilai estetis serta
tokohnya dalam kritik
tari
4.4 Membuat tulisan kritik tari mengenai simbol, jenis, nilai estetis, fungsi dan tokohnya berdasarkan hasil evaluasi
|
- Mepergelarkan tari kreasi
- Membuat kritik tari
|
Mengamati
·
Membaca dari berbagai sumber belajar tentang tari gaya kreasi berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan nilai estetis
·
Mengamati
tayangan tari gaya kreasi berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan nilai estetis i melalui
media
·
Melihat guru memperagakan gerak tari gaya
berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan nilai
estetis
Menanya
·
Menanya
tentang tari
gaya kreasi berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan
nilai estetis
Mengeksplorasi
·
Mencari contoh gerak tari
gaya kreasi berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan
nilai estetis
·
Merangkai berbagai gerak tari sesuai dengan
tari gaya kreasi berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan nilai estetis
dengan iringan
·
Mendiskusikan gerak tari
gaya kreasi berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan
nilai estetis
Mengasosiasi
·
Membandingkan gerak tari gaya kreasi di lingkungan tempat tinggal siswa
dengan daerah lain berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan nilai estetis
·
Membandingkan bentuk penyajian gerak tari gaya kreasi daerah tempat tinggal siswa dengan daerah
lain berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan nilai estetis
Mengomunikasi
·
Menampilkan gerak tari gaya kreasi berdasarkan iringan dan tata teknik
pentas
·
Membuat kritik tari berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan nilai
estetis
|
Tugas.
•Membuat kritik tari minimal 600 kata
Unjuk Kerja
•mempergelarkan
tari gaya kreasi sendiri/kelompok sesuai dengan iringan dan tata teknik
pentas
Produk
•membuat
tari gaya kreasi sesuai iringan dan
tata teknik pentas
|
5 JP
|
Buku paket seni budaya kelas XII
Humprey, Doris, 1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.
Hawkins, Alma,1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta
Hawkins, Alma M., 2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I
Wayan Dibia, Jakarta: MSPI.
vidio pertunjukan tari
eksiklopedi
tari Indonesia
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar