Jumat, 25 Juli 2014

Silabus Seni Tari Kurikulum 2013 Kelas XI



SILABUS MATA PELAJARAN SENI BUDAYA (SENI  TARI)
 
Satuan Pelajaran      :    SMA
Kelas                                       :    XI

K o m p e t e n s i  I n t i  (KI)    :
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.

KI 2
:
Menghayati dan  mengamalkan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif  dan proaktif,  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3
:
Memahami,  menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa keingintahuannya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4
:
Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1    Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan  serta bangga terhadap karya seni  tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan

2.1    Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian

2.2    Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya

2.3    Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya

3.1      Menganalisis konsep, teknik dan prosedur dalam proses berkarya   tari

4.1      Berkarya  seni tari  melalui modifikasi sesuai dengan hitungan


-    eksplorasi gerak tari berdasarkan konsep, teknik dan prosedur dalam proses berkarya   tari

Mengamati

·       Membaca dari berbagai sumber belajar tentang tari berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur
·       Mendengarkan berbagai musik iringan tari 
·       Mengamati tari berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur sesuai iringan

Menanya
·       menanyakan tari berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur
·      menanyakan berbagai macam musik iringan tari


Mengeksplorasi
·       Mencari contoh tari berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur sesuai iringan
·       Merangkai berbagai gerak tari sesuai dengan  konsep, teknik, dan prosedur sesuai iringan
·       Mendiskusikan gerak  tari berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur sesuai iringan
·      Mendiskusikan berbagai macam musik iringan tari


Mengasosiasi
·       Membandingkan gerak  tari di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur
·        Membandingkan bentuk penyajian gerak  tari daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain
·        Membandingkan musik iringan tari di lingkungan tinggal siswa dengan daerah lain

Mengomunikasi
·       Menampilkan rangkaian gerak  tari berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur sesuai iringan hasil eksplorasi
·        Membuat tulisan deskripsi tari berdasarkan hasil evaluasi konsep, teknik, dan prosedur dalam proses berkarya tari
Tugas.
• Membuat  deskripsi gerak dasar tari  hasil eksplorasi

Unjuk Kerja
•mempergelarkan gerak tari sesuai dengan hitungan hasil eksplorasi

Produk
•membuat rangkain gerak tari hasil eksplorasi
4 JP
Buku paket Seni Budaya kelas XI
Humprey, Doris, 1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.
 Hawkins, Alma,1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta
Hawkins, Alma M., 2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia, Jakarta: MSPI.
vidio pertunjukan tari

eksiklopedi tari Indonesia
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1    Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan  serta bangga terhadap karya seni  tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan

2.1    Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian

2.2    Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya

2.3    Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya

3.2    Mengevaluasi   karya tari  berdasarkan fungsi, teknik,  simbol, jenis dan  nilai estetisnya

4.2      Berkarya  seni tari  melaui modifikasi sesui dengan iringan

4.1      





-    eksplorasi gerak tari berdasarkan 
mengevaluasi   karya tari  berdasarkan fungsi, teknik,  simbol, jenis dan  nilai estetisnya melalui modifikasi

Mengamati

·       Membaca dari berbagai sumber belajar tentang tari berdasarkan fungsi, simbol, jenis, dan nilai estetis
·       Mendengarkan berbagai musik iringan tari 
Mengamati tari berdasarkan fungsi, simbol, jenis, dan nilai estetis sesuai iringan

Menanya
·      menanyakan tari berdasarkan fungsi, simbol, jenis, dan nilai estetis
·      menanyakan berbagai macam musik iringan tari


Mengeksplorasi
·       Mencari contoh tari berdasarkan fungsi, simbol, jenis, dan nilai estetis sesuai iringan
·       Merangkai berbagai gerak tari sesuai dengan  fungsi, simbol, jenis, dan nilai estetis sesuai iringan
·       Mendiskusikan gerak dasar  tari berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur sesuai iringan
·      Mendiskusikan berbagai macam musik iringan tari



Mengasosiasi
·       Membandingkan gerak dasar  tari di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan fungsi, simbol, jenis, dan nilai estetis
·        Membandingkan bentuk penyajian gerak dasar tari daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain
·        Membandingkan musik iringan tari di lingkungan tinggal siswa dengan daerah lain

Mengomunikasi
·       Menampilkan rangkaian gerak dasar  tari berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur sesuai iringan hasil eksplorasi
·        Membuat kritik  tari
Tugas.
•Membuat  kritik tari minimal 500 kata

Unjuk Kerja
•mempergelarkan tari bentuk sesuai dengan hitungan

Produk
membuat tari bentuk sesuai iringan
4 JP

Buku paket seni budaya kelas XI

Humprey, Doris, 1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.
 Hawkins, Alma,1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta
Hawkins, Alma M., 2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia, Jakarta: MSPI.
vidio pertunjukan tari

eksiklopedi tari Indonesia
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1  Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan  serta bangga terhadap karya seni  tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1    Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian

2.2    Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya

2.3    Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya

3.3    Menganalisis hasil pergelaran tari berdasarkan konsep, teknik dan prosedur

4.3.     Mempergelarkan karya seni tari  hasil modifikasi  sendiri/kelompok sesuai dengan tata pentas

-    eksplorasi gerak tari berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur
Mengamati

·       Membaca dari berbagai sumber belajar tentang tari berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur
·       Mendengarkan berbagai musik iringan tari 
·       Mengamati tari berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur sesuai iringan

Menanya
·       menanyakan tari berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur
·      menanyakan berbagai macam musik iringan tari

Mengeksplorasi
·       Mencari contoh tari berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur sesuai iringan
·       Merangkai berbagai gerak tari sesuai dengan  konsep, teknik, dan prosedur sesuai iringan
·       Mendiskusikan gerak tari berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur sesuai iringan
·      Mendiskusikan berbagai macam musik iringan tari


Mengasosiasi
·       Membandingkan gerak  tari di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur
·        Membandingkan bentuk penyajian gerak dasar tari daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain
·        Membandingkan musik iringan tari di lingkungan tinggal siswa dengan daerah lain

Mengomunikasi
·       Menampilkan rangkaian gerak  tari berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur sesuai iringan hasil modifikasi 
·        Membuat tulisan deskripsi tari berdasarkan hasil evaluasi konsep, teknik, dan prosedur dalam proses berkarya tari
Tugas.
•Membuat  deskripsi tari sesaui dengan hasil modifikasi

Unjuk Kerja
•mempergelarkan tari bentuk sesuai dengan hitungan

Produk
•membuat tari bentuk sesuai iringan
5 JP
Buku  paket seni budaya kelas XI
Humprey, Doris, 1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.
 Hawkins, Alma,1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta
Hawkins, Alma M., 2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia, Jakarta: MSPI.
vidio pertunjukan tari

eksiklopedi tari Indonesia
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1    Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan  serta bangga terhadap karya seni  tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1    Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian

2.2    Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya

2.3    Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya

3.4  Menganalisis simbol,  jenis,  nilai estetis, fungsi dan tokohnya  dalam  kritik   tari
4.4  Membuat tulisan kritik tari mengenai  simbol,  jenis,  nilai estetis, fungsi dan tokohnya  berdasarkan hasil analisis




-       eksplorasi gerak tari berdasarkan simbol,  jenis,  nilai estetis, fungsi dan tokohnya 
-       membuat kritik tari
Mengamati

·       Membaca dari berbagai sumber belajar tentang tari berdasarkan fungsi, simbol, jenis, dan nilai estetis
·       Mendengarkan berbagai musik iringan tari 
Mengamati tari berdasarkan fungsi, simbol, jenis, dan nilai estetis sesuai iringan

Menanya
·      menanyakan tari berdasarkan fungsi, simbol, jenis, dan nilai estetis
·      menanyakan berbagai macam musik iringan tari


Mengeksplorasi
·       Mencari contoh tari berdasarkan fungsi, simbol, jenis, dan nilai estetis sesuai iringan
·       Merangkai berbagai gerak tari sesuai dengan  fungsi, simbol, jenis, dan nilai estetis sesuai iringan
·       Mendiskusikan gerak  tari berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur sesuai iringan
·      Mendiskusikan berbagai macam musik iringan tari

Mengasosiasi
·       Membandingkan gerak tari di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan fungsi, simbol, jenis, dan nilai estetis
·        Membandingkan bentuk penyajian gerak tari daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain
·        Membandingkan musik iringan tari di lingkungan tinggal siswa dengan daerah lain

Mengomunikasi
·       Menampilkan rangkaian gerak  tari berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur sesuai iringan hasil modifikasi
·       Membuat kritik  tari
Tugas.
•Membuat  kritik tari minimal 500 kata

Unjuk Kerja
•mempergelarkan tari sesuai dengan iringan hasil modifikasi  

Produk
•membuat tari sesuai iringan
5 jp

Ellfedt, Lois, 1988. A Primer for Choreografers, Waveland Press, Illinois
Gilbert, Ann Green,
1992.Creative Dance for All Ages, American Dance Association, Virginia.

Humprey, Doris, 1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.
 Hawkins, Alma,1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta
Hawkins, Alma M., 2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia, Jakarta: MSPI.
vidio pertunjukan tari

eksiklopedi tari Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar