Sabtu, 26 Juli 2014

Silabus Seni Teater Kurikulum 2013 Kelas XII



SILABUS MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA  (SENI  TEATER)

Aspek                           :  Seni Teater
Kelas                            :  XII

Kompetensi Inti  (KI)        :
KI.1
Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya

KI.2
Menghayati dan  mengamalkan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif  dan proaktif,  dan  menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI.3
Memahami,  menerapkan dan menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan meta kognitif  berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI.4
Mengolah, menalar,  menyaji dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif , dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1         Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap  karya seni teater sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1    Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian
2.2    Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
2.3    Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya
3.1          Mengevaluasi konsep, teknik dan prosedur berkarya teater
4.1.     Mengkreasi naskah drama

Mengkreasi naskah drama
Mengamati
·      Membaca  dari berbagai sumber belajar tentang jenis dan fungsi  teater gaya kreasi
·      Membaca dari berbagai sumber belajara tentang konsep, teknik dan prosedur berkarya teater
·      Mengamati keunikan  konsep, teknik dan prosedur berkarya teater

Menanya
·      Menanya  keunikan konsep, teknik dan prosedur berkarya teater

Mengeksplorasi
·   Mengumpulkan informasi mengenai  konsep, teknik dan prosedur berkarya teater
·   Melakukan eksplorasi  konsep, teknik dan prosedur berkarya teater

Mengasosiasi
·   Mengidenfikasi  keunikan    konsep, teknik dan prosedur berkarya teater
·   menunjukkan keunikan konsep, teknik dan prosedur berkarya teater
·   Membandingkan keunikan   konsep, teknik dan prosedur berkarya teater dengan teater lainnya

Mengkomunikasi
·       Cara mengkreasi naskah drama

Tugas.
•Membuat  kritik teater minimal 200 sampai 250 kata

Observasi
•format  pengamatan skala sikap

Proyek
•Membuat sinopsis teater hasil eksplorasi

Unjuk Kerja
•Mengkreasi naskah drama

Produk
•kreasi naskah drama

4 jp
•Buku Paket Seni
Budaya Kelas XII

•Buku-buku lain yang   relevan

•Informasi melalui
Internet

•VCD pertunjukan Pergelaran teater
•Kumpulan naskah drama

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1    Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap  karya seni teater sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1  Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian
2.2    Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
2.3    Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya
3.2    Mengkreasi  teater berdasarkan simbol, jenis, dan fungsi dengan beragam teknik.
4.2.     Mengkreasi naskah drama dan penampilan teater

-    Mengkreasi penampilan teater
Mengamati
·      Membaca  dari berbagai sumber belajar tentang jenis dan fungsi   teater gaya kreasi
·      Mengamati  berbagai sumber belajara tentang mengkreasi  teater berdasarkan simbol, jenis, dan fungsi dengan beragam teknik.

Menanya
·      Menanya  keunikan teater gaya kreasi   berdasarkan jenis dan fungsinya
·      Menanya  teater kreasi berdasarkan simbol, jenis, dan fungsi dengan beragam teknik.

Mengeksplorasi
·   Mengumpulkan informasi mengenai   teater kreasi   berdasarkan simbol, jenis, dan fungsi dengan beragam teknik.
·   Melakukan improvisasi   teater gaya kreasi    berdasarkan simbol, jenis, dan fungsi dengan beragam teknik.

Mengasosiasi
·   Mengidentifikasi keunikan     teater  kreasi  berdasarkan simbol, jenis, dan fungsi dengan beragam teknik.
·   menunjukkan keunikan   teater kreasi  berdasarkan simbol, jenis, dan fungsi dengan beragam teknik.
·   Membandingkan keunikan   teater kreasi   berdasarkan simbol, jenis, dan fungsi dengan beragam teknik dengan budaya setempat.

Mengkomunikasi
·      Cara mengkreasi naskah drama dan penampilan teater

Tugas.
•Membuat  kritik teater minimal 200 sampai 250 kata

Observasi
•Format  pengamatan skala sikap

Proyek
•Membuat sinopsis teater sesuai dengan tata pentas

Unjuk Kerja
•Mengkreasi naskah drama dan penampilan teater

Produk
•Naskah drama dan penampilan teater

4 jp
•Buku Paket Seni
Budaya Kelas XII

•Buku-buku lain yang   relevan

•Informasi melalui
Internet

•VCD pertunjukan Pergelaran teater
•Kumpulan naskah drama

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1    Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap  karya seni teater sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1    Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian
2.2    Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
2.3    Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya
3.3    Mengevaluasi   hasil pergelaran teater berdasarkan konsep, teknik dan prosedur.
4.3.        Mempergelarkan teater hasil kreasi sesuai tata pentas

Pergelaran teater hasil kreasi
Mengamati
·      Membaca  dari berbagai sumber belajar tentang jenis dan fungsi   teatergaya kreasi
·      Membaca dari berbagai sumber belajar tentang hasil pergelaran teater berdasarkan konsep, teknik dan prosedur
·      Mengamati keunikan  teater gaya kreasi   berdasarkan berdasarkan konsep, teknik dan prosedur
·      Mengamati keunikan teater gaya kreasi  berdasarkan jenis dan fungsinya

Menanya
·      Menanya  keunikan teater gaya kreasi   berdasarkan konsep, teknik dan prosedur

Mengeksplorasi
·   Mengumpulkan informasi mengenai  hasil pergelaran teater berdasarkan konsep, teknik dan prosedur
·   Melakukan eksplorasichasil pergelaran teater berdasarkan konsep, teknik dan prosedur


Mengasosiasi
·   Mengidentifikasi  keunikan     teater  kreasi   hasil pergelaran teater berdasarkan konsep, teknik dan prosedur
·   menunjukkan keunikan   hasil pergelaran teater berdasarkan konsep, teknik dan prosedur
·   Membandingkan keunikan    teater  kreasi   hasil pergelaran teater berdasarkan konsep, teknik dan prosedur dengan pergelaran lainnya

Komunikasi
·      pergelaran teater hasil kreasi sesuai tata pentas

Tugas.
•Membuat  kritik teater minimal 200 sampai 250 kata

Observasi
•Format  pengamatan skala ikap

Proyek
•Membuat  sinopsis biografi tokoh teater gaya kreasi  di Indonesia

Unjuk Kerja
•Mempergelarkan teater hasil kreasi sesuai tata pentas

Produk
•teater gaya kreasi  sesuai dengan tata pentas
5 jp
•Buku Paket Seni
Budaya Kelas XII

•Buku-buku lain yang   relevan

•Informasi melalui
Internet

•VCD pertunjukan Pergelaran teater
•Kumpulan naskah drama

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1    Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap  karya seni teater sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1    Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian
2.2    Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
2.3    Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya
3.4    Mengevaluasi naskah drama dan pergelaran teater berdasarkan  simbol, jenis,  fungsi dan nilai estetis  serta tokohnya   dalam    kritik  teater.
4.4.  Membuat tulisan kritik teater mengenai  simbol,  jenis,  nilai estetis, fungsi dan tokohnya  berdasarkan hasil evaluasi
-    membuat kritik teater
Mengamati
·      Membaca  dari berbagai sumber belajar tentang jenis dan fungsi   teater gaya kreasi
·      Membaca dari berbagai sumber belajara tentang naskah drama dan pergelaran teater berdasarkan  simbol, jenis,  fungsi dan nilai estetis  serta tokohnya   dalam    kritik  teater
·      Mengamati keunikan teater  kreasi  berdasarkan simbol, jenis,  fungsi dan nilai estetis  serta tokohnya   dalam    kritik  teater

Menanya
·      Menanya  mengenai keunikan teater  kreasi   berdasarkan simbol, jenis,  fungsi dan nilai estetis  serta tokohnya   dalam    kritik  teater
·      Menanya  mengenai simbol, jenis,  fungsi dan nilai estetis  serta tokohnya   dalam    kritik  teater
·      Menanya mengenai   naskah drama dan pergelaran teater berdasarkan  simbol, jenis,  fungsi dan nilai estetis  serta tokohnya   dalam    kritik  teater

 Mengeksplorasi
·   Mengumpulkan informasi tentang   naskah drama dan pergelaran teater berdasarkan  simbol, jenis,  fungsi dan nilai estetis  serta tokohnya   dalam    kritik  teater
·   Melakukan improvisasi naskah drama dan pergelaran teater berdasarkan  simbol, jenis,  fungsi dan nilai estetis  serta tokohnya   dalam    kritik  teater

Mengasosiasi
·   Mengidentifikasi  keunikan   naskah drama dan pergelaran teater berdasarkan  simbol, jenis,  fungsi dan nilai estetis  serta tokohnya   dalam    kritik  teater
·   menunjukkan keunikan naskah drama dan pergelaran teater berdasarkan  simbol, jenis,  fungsi dan nilai estetis  serta tokohnya   dalam    kritik  teater
·   Membandingkan keunikan  naskah drama dan pergelaran teater berdasarkan  simbol, jenis,  fungsi dan nilai estetis  serta tokohnya   dalam    kritik  teater

Mengkomunikasi
·   tulisan kritik teater mengenai  simbol,  jenis,  nilai estetis, fungsi dan tokohnya  berdasarkan hasil evaluasi
Tugas.
•Membuat  analisis terhadap pertunjukan teater gaya kreasi 

Observasi
•format  pengamatan skala sikap

Proyek
•membuat sinopsis hasil pergelaran

Unjuk Kerja
•Membuat tulisan kritik teater berdasarkan hasil evaluasi

Produk
•Tulisan kritik teater berdasarkan hasil evaluasi
5 jp
•Buku Paket Seni
Budaya Kelas XII

•Buku-buku lain yang   relevan

•Informasi melalui
internet
•VCD pertunjukan Pergelaran teater
•Kumpulan naskah drama








1 komentar:

  1. terima kasih - naskah ini diperlukan oleh temanku ' Jatmiko, S>Pd.I.
    SMK MITRA BAKTI HUSADA

    BalasHapus