Sabtu, 26 Juli 2014

Silabus Seni Teater Kurikulum 2013 Kelas XI



SILABUS MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA  (SENI  TEATER)

Aspek                           :  Seni Teater
Kelas                            :  XI

Kompetensi Inti  (KI)        :
KI.1
Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya

KI.2
Menghayati dan  mengamalkan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif  dan proaktif,  dan  menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI.3
Memahami,  menerapkan dan menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan meta kognitif  berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI.4
Mengolah, menalar,  menyaji dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif , dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1.Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap  karya seni teater sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan.

2.1.Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian.

2.2.Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya.

2.3.Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya

3.1.    Menganalisis konsep, teknik dan prosedur berkarya   teater

4.1    Memodifikasi naskah drama

Modifikasi naskah drama
Mengamati
·      Membaca  dari berbagai sumber belajar tentang jenis dan fungsi teater
·      Membaca dari berbagai sumber belajar tentang konsep, teknik dan prosedur berkarya   teater
·      Mengamati konsep, teknik dan prosedur berkarya   teater
·      Mengamati konsep, teknik dan prosedur berkarya   teater

Menanya
·      Menanya tentang  konsep, teknik dan prosedur dalam memodifikasi   teater

Mengeksplorasi
·   Mencari informasi mengenai  konsep, teknik dan prosedur dalam memodifikasi   teater
·   Melakukan eksplorasi konsep, teknik dan prosedur dalam memodifikasi  teater

Mengasosiasi
·   Mengidentifikasi  konsep, teknik dan prosedur memodifikasi   teater
·   Membandingkan konsep, teknik dan prosedur dalam memodifikasi   teater dengan budaya setempat

Mengkomunikasi
·   Memodifikasi  naskah drama
·   Mendeskripsikan tokoh teater

Tugas.
•Membuat  deskripsi tokoh teater daerah setempat minimal 500 kata

Unjuk Kerja
•Menampilkan teater hasil modifikasi

Produk
•Modifikasi naskah drama

4 jp
•Buku Paket Seni
Budaya Kelas XI

•Buku-buku lain yang   relevan

•Informasi melalui
Internet

•VCD pertunjukan Pergelaran teater
•Kumpulan naskah drama

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1.  Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap  karya seni teater sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1    Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian
2.2    Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
2.3    Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya

3.2    Mengevaluasi   teater berdasarkan fungsi, teknik,  simbol, jenis karya, dan  nilai estetisnya
4.2  Memodifikasi  naskah drama dan penampilan teater

Memodifikasi penampilan teater
Mengamati
·      Membaca dari berbagai sumber belajar tentang simbol, jenis dan nilai estetika teater
·      Membaca dari berbagai sumber belajar tentang bagaimana menerapkan simbol, jenis, dan nilai estetis dalam konsep teater


Menanya
·      Menanya  penerapkan simbol, jenis, dan nilai estetis dalam konsep memodifikasi teater

    Mengeksplorasi
·      Membandingkan   simbol, jenis, dan nilai estetis dalam konsep memodifikasi teater
·      Melakukan teknik akting teater berdasarkan  simbol, jenis, dan nilai estetis dalam konsep memodifikasi teater


Mengasosiasi
·   Mengidentifikasi  keunikan teater berdasarkan penerapkan simbol, jenis, dan nilai estetis dalam konsep memodifikasi teater
·   Membandingkan keunikan  teater berdasarkan penerapkan simbol, jenis, dan nilai estetis dalam konsep teater dengan budaya setempat

Mengkomunikasi
·      Penampilan teater berdasarkan   naskah
·      Membuat kritik teater


Tugas.
•Membuat  kritik teater minimal 500 kata

Unjuk Kerja
•Memodifikasi  naskah drama dan penampilan teater

Produk
•teater hasil modifikasi dengan tata pentas
4 jp
•Buku Paket Seni
Budaya Kelas XI

•Buku-buku lain yang   relevan

•Informasi melalui
Internet

•VCD pertunjukan Pergelaran teater
•kumpulan naskah drama

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1.Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap  karya seni teater sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1.Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian

2.2.Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya

2.3.Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya

3.3    Menganalisis hasil pergelaran teater berdasarkan konsep, teknik dan prosedur.

4.3  Mempergelarkan teater hasil memodifikasi sesuai tata pentas

Menampil-kan teater hasil modifikasi
Mengamati
·      Membaca  dari berbagai sumber belajar tentang jenis dan fungsi teater
·      Membaca dari berbagai sumber belajar tentang konsep, teknik dan prosedur berkarya   teater
·      Mengamati konsep, teknik dan prosedur berkarya   teater
·      Mengamati konsep, teknik dan prosedur berkarya   teater

Menanya
·      Menanya tentang  konsep, teknik dan prosedur dalam memodifikasi   teater

Mengeksplorasi
·   Mencari informasi mengenai  konsep, teknik dan prosedur dalam memodifikasi   teater
·   Melakukan eksplorasi konsep, teknik dan prosedur dalam memodifikasi  teater

Mengasosiasi
·   Mengidentifikasi  konsep, teknik dan prosedur memodifikasi   teater
·   Membandingkan konsep, teknik dan prosedur dalam memodifikasi   teater dengan budaya setempat

Mengkomunikasi
·   Memodifikasi  naskah drama
·   Mendeskripsikan tokoh teater

Tugas.
•Membuat  sinopsis biografi tokoh teater daerah setempat

Unjuk Kerja
•Mempergelar kan teater hasil memodifikasi sesuai tata pentas

Produk
•pergelaran teater hasil memodifikasi sesuai tata pentas

5 jp
•Buku Paket Seni
Budaya Kelas XI

•Buku-buku lain yang   relevan
•Informasi melalui
Internet

•VCD pertunjukan Pergelaran teater
•kumpulan naskah drama


Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar






1.1    Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap  karya seni teater sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1    Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian
2.2       Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
2.3       Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya

3.4 Menganalisis simbol,  jenis,  nilai estetis, fungsi dan tokohnya  dalam  kritik   teater
4.4. Membuat tulisan kritik teater mengenai  simbol,  jenis,  nilai estetis, fungsi dan tokohnya  berdasarkan hasil analisis
Membuat tulisan kritik teater
Mengamati
·      Membaca dari berbagai sumber belajar tentang simbol, jenis dan nilai estetika teater
·      Membaca dari berbagai sumber belajar tentang bagaimana menerapkan simbol, jenis, dan nilai estetis dalam konsep teater

Menanya
·      Menanya  penerapkan simbol, jenis, dan nilai estetis dalam konsep memodifikasi teater

    Mengeksplorasi
·      Membandingkan   simbol, jenis, dan nilai estetis dalam konsep memodifikasi teater
·      Melakukan teknik akting teater berdasarkan  simbol, jenis, dan nilai estetis dalam konsep memodifikasi teater

Mengasosiasi
·   Mengidentifikasi  keunikan teater berdasarkan penerapkan simbol, jenis, dan nilai estetis dalam konsep memodifikasi teater
·   Membandingkan keunikan  teater berdasarkan penerapkan simbol, jenis, dan nilai estetis dalam konsep teater dengan budaya setempat

Mengkomunikasi
·      Penampilan teater berdasarkan   naskah
·      Membuat kritik teater berdasarkan hasil analisis

Tugas.
•Membuat  kritik teater minimal 500 kata

Observasi
•format  pengamatan skala sikap

Proyek
•Membuat sinopsis teater hasil modifikasi

Unjuk Kerja
•Membuat tulisan kritik teater berdasarkan hasil analisis

Produk
•tulisan kritik teater hasil analisis
5 jp
•Buku Paket Seni
Budaya Kelas XI

•Buku-buku lain yang   relevan

•Informasi melalui
Internet

•VCD pertunjukan Pergelaran teater
•Kumpulan naskah drama



Tidak ada komentar:

Posting Komentar